Adu Kemampuan Mobil Listrik Esemka Bima EV vs DFSK Gelora E

Bima vs Gelora

 

KEY TAKEAWAYS

  • Keduanya sama-sama menyadur dari mobil asal Tiongkok

    Namun karena Bima EV masih status CBU, harganya jauh lebih mahal dari Gelora E
  • Booth Esemka di IIMS 2023 kerap didatangi pengunjung yang penasaran dengan Bima EV. Kehadirannya di industri otomotif Tanah Air sekaligus menjadi penantang DFSK Gelora E. Keduanya merupakan barang serumpun, asal Negeri Tiongkok. Brand lokal ini mengakui hasil rebagde dari Shineray X30LEV. Menukil spesifikasi dan kelengkapan agak mirip. Mari simak kelengkapan masing-masing unit.

     

    Harga

    DFSK Gelora E BV sekarang dilepas Rp350 juta dan tipe MB Rp399 juta. Sedangkan Esemka Bima EV Cargo Van dilego Rp530 juta dan Passenger Van Rp540 juta. Selisihnya bisa ratusan juga sendiri karena produk Dongfeng sudah dirakit lokal. Kalau betul punya komitmen di sini, seharusnya Esemka bisa melakukan hal serupa agar banderol kompetitif.

    esemka bima EV

    Dimensi

    Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Sedangkan ukuran DFSK Gelora E 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT), serta wheelbase sedikit lebih panjang, 3.050 mm. Berat tota; tipe BV 2.600 kg. Dilihat dari dimensi, keduanya agak mirip. Gelora E sedikit lebih besar.

    Baca Juga: Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

     

    Posisi Motor dan Baterai

    Ini yang jadi perhatian lebih. Kalau dilihat, posisi baterai dan permanent magnet synchronous motor kedua mobil Cina ini mirip. Letak dinamo penggerak menempel di gardan belakang. Kabel-kabel juga terbuka. Demi keamanan, seharusnya Esemka bisa merapikan bagian ini agar tak menonjol di bagian bawah. Demikian pula produk DFSK. Namun, Gelora E agak naik. Pelek kaleng keduanya sama berukuran 14 inci.

    Tapi profil ban Gelora E lebih tebal yakni 185/80 mm, punya ground clearance 200 mm. Sedangkan Esemka Bima EV memiliki ban lebih tipis 175/65 mm. Jadi, posisinya lebih rendah, rentan nyangkut. Lalu tipe suspensi keduanya pakai MacPherson Strut dan Leaf Spring di belakang. Per daun milik Gelora E lima tumpuk, sedangkan Bima EV enam lapis.

    DFSK Gelora E

    Performa

    Bima EV memakai baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm.

    Gelora E menggunakan teknologi Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWH. Daya jelajah diklaim sampai 300 km (WLTP). Lewat fast charging, pengisian daya 20-80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Keluaran tenaga mencapai 60 kWh atau 80 PS. Sedangkan torsi puncak tembus 200 Nm. Dari sisi tenaga kalah, namun momen puntir lebih tinggi.

     

    Fitur & Simpulan

    Fitur keamanan kedua model hampir sama. Bagian pengereman ada Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Electric Power System. Yang membedakan, Bima EV memiliki meter cluster digital, serta Hill Start Assist Control supaya tak menggelundung. Bentuk lingkar kemudi, dasbor dan kenop transmisi sama (D,N,R). Kalau memang butuh kendaraan niaga elektrik. Ditimbang dari harga, DFSK Gelora E jauh lebih memikat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: DFSK Gelora E Sudah CKD, Jauh Lebih Murah dari Esemka Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Brio Jadi Penyumbang Penjualan Terbesar di Kuartal Pertama
      Brio Jadi Penyumbang Penjualan Terbesar di Kuartal Pertama
      Anjar Leksana . Hari ini
    • TDA Hadirkan Vrost ke Indonesia, Kaca Film dan PPF Buatan Lokal Kualitas Premium
      TDA Hadirkan Vrost ke Indonesia, Kaca Film dan PPF Buatan Lokal Kualitas Premium
      Muhammad Hafid . 19 Mei, 2024
    • The Elite Showcase 2024 Bukan Sekadar Pameran Modifkasi, Kini Dimeriahkan Lifestyle dan Motorsport
      The Elite Showcase 2024 Bukan Sekadar Pameran Modifkasi, Kini Dimeriahkan Lifestyle dan Motorsport
      Muhammad Hafid . 19 Mei, 2024
    • Eurokars Gelar Pre-Owned Car Expo, Tawarkan Banyak Mobil Mewah Bersertifikasi Pabrikan
      Eurokars Gelar Pre-Owned Car Expo, Tawarkan Banyak Mobil Mewah Bersertifikasi Pabrikan
      Wahyu Hariantono . 19 Mei, 2024
    • Bercengkerama Dengan Ioniq 5 N dan Mobil Kencang Lainnya di Hyundai Pan-ASEAN N Day
      Bercengkerama Dengan Ioniq 5 N dan Mobil Kencang Lainnya di Hyundai Pan-ASEAN N Day
      Anindiyo Pradhono . 18 Mei, 2024

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Vinfast Tegaskan Kembali Rencana Bangun Pabrik di Indonesia
      Vinfast Tegaskan Kembali Rencana Bangun Pabrik di Indonesia
      Eka Zulkarnain . Hari ini
    • Indonesia Masih Raja Otomotif ASEAN, Thailand Turun ke Peringkat Tiga Q1 2024
      Indonesia Masih Raja Otomotif ASEAN, Thailand Turun ke Peringkat Tiga Q1 2024
      Anjar Leksana . Hari ini
    • DFSK dan Seres Gapai Hasil Positif di PEVS 2024 Lalu
      DFSK dan Seres Gapai Hasil Positif di PEVS 2024 Lalu
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Skema Kredit Mitsubishi Xpander Ultimate Transmisi Manual
      Skema Kredit Mitsubishi Xpander Ultimate Transmisi Manual
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Brio Terus Topang Penjualan Honda
      Brio Terus Topang Penjualan Honda
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
      Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
    • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
      Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
      Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
    • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
      Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
      Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
    • Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
      Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
      Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
    • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
      Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
      Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
    • Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
      Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
      Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
    • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
      Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
      Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
    • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
      Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
      Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
    • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
      Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
      Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
    • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
      Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
      Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
    • First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
      First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
      Anjar Leksana . 13 Mei, 2024
    • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
    • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
      Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
      Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
    • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
      Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
      Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
    • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
      First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024