Generasi terbaru Mitsubishi Triton debut global. Ia datang dengan beberapa pilihan tipe: double cab, club cab dan single cab. Kemudian saat Anda menengok bagian interior, tatanan dasbor mirip Xpander. Setir tiga palang, head unit mengambang, meter cluster kombinasi analog. Sekarang ia memiliki bodi semakin besar. Mesin turbo diesel 2,4 liter juga semakin diperkuat demi memberi performa optimal.
Sebagai All New, Mitsubishi meracik ulang rangka ladder frame, suspensi dan komponen utama. Bodinya lebih ringan dari model lawas berkat penggunaan material baja high-tensile 1180 MPa termutakhir. Sasis dikembangkan dan memiliki luas penampang 65 persen lebih besar, peningkatan kekakuan lentur sebesar 40 persen. Lalu kekakuan torsional melonjak 60 persen. Kemampuan juga ditingkatkan melalui fitur seperti Active Yaw Control (AYC) yang dikendalikan secara elektronik. Sistem dipadukan dengan Super Select 4WD-II. Lalu ia mengadopsi Adaptive Cruise Control (ACC) juga Forward Collision Mitigation.
Pemacu diesel berkode 4N16 memiliki tiga spesifikasi keluaran berbeda untuk memenuhi tiap kebutuhan pasar. Versi high-output dilengkapi dengan turbocharger bersama sistem pembakaran baru. Output maksimum 204 PS dan momen puntir puncak 470 Nm tersedia mulai 1.500 rpm. Performa dijanjikan amat responsif berikut torsi melimpah. Kemudian versi standar menyuguh 183,54 PS & 430 Nm. Terakhir, buncahan daya 150 PS plus torsi 330 Nm. Keduanya memiliki variable geometry turbocharger (VGT) yang dapat mengatur bukaan bilah turbin.
Untuk penyalur daya ke roda, All New Mitsubishi Triton berbekal transmisi otomatis enam kecepatan dengan mode Sport. Opsi selanjutnya ialah transmisi manual enam percepatan plus shift-by-wire, guna mengurangi getaran yang ditransfer langsung dari mesin. Sehingga turut meningkatkan kenyamanan berkendara.
Di varian tertinggi, ia menganut sistem 4WD. Pengemudi dengan mudah dapat beralih ke mode 2WD saat berkendara menggunakan dial selector. All New Triton memakai sistem Super Select 4WD-II dan Easy Select 4WD dari Mitsubishi Motors. Bahkan sudah dilengkapi oleh Limited Slip Differential (LSD) yang mendistribusikan tenaga mesin ke roda. Rasionya 40 persen ke depan dan 60 persen ke belakang. Mereka bilang, performa traksi maupun saat mobil menikung kian mantap.
Lanjut menengok kabin. Panel instrumen All New Triton dirancang dengan konsep Horizontal Axis. Hal ini dilakukan agar pengemudi dapat menjangkau visibilitas luar kendaraan saat berkendara. Dalam menata interior, Mitsubishi banyak menggunakan bentuk geometris dan elemen metalik demi menciptakan ruang modern sekaligus kontras.
Konsol tengah memiliki penampungan dua cangkir besar dan kotak konsol dapat memuat empat botol plastik 600 ml. Di tengah terdapat soket USB A dan C guna mengecas gawai, serta pengisi daya nirkabel di bagian bawah panel instrumen. Nah untuk cat. Warna bodi yang baru diluncurkan adalah yamabuki orange metallic serta blade silver metallic, tampak berkilau. Opsi lain berupa: white diamond, solid white, graphite grey metallic dan jet black mica. (Alx/Odi)
Baca Juga: Rifat Sungkar Membalap di AXCR 2023 Pakai Mitsubishi Triton Generasi Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.