Aprilia RS660 Trofeo, Edisi Terbatas Khusus Balap Sirkuit

Aprilia RS660

Aprilia kembali melanjutkan misi melengkapi generasi baru dalam dunia balap. Kalau pada 2019 mereka meluncurkan RS250 SP, sekarang giliran RS660 Trofeo. Diproduksi terbatas dan hanya boleh digunakan untuk balap. Ia ditawarkan melalui program Aprilia Factory Works.

Sesuai dengan namanya, RS660 Trofeo fokus balapan di trek. Dilengkapi body kit berbahan fiberglass dari depan hingga belakang. Tarikan garis tajam serta lekukan aerodinamisnya tetap sama dengan versi standar. Bedanya tentu saja tidak dilengkapi standar keselamatan jalan raya. Tanpa spion, headlight dan stoplamp serta sepatbor belakang. Dengan menanggalkan komponen itu tentu membuat ia menjadi lebih ringan.

Spesifikasinya lebih gahar ketimbang RS660 biasa. Bila dilihat dari data teknis versi reguler, ia menggendong enjin 659 cc, DOHC, 2 silinder segaris berpendingin cairan dan telah memenuhi standar Euro 5. Diklaim bisa mengeluarkan tenaga hingga 100 hp. Sedang bobot keringnya cuma 169 kg.

Aprilia RS 660 Trofeo

Bedanya RS660 Trofeo telah dituning oleh para insinyur Aprilia yang terlibat langsung dalam proyek MotoGP dan WorldSBK. Utamanya bagian ECU dan sedikit ubahan di filter udara. Direktur Balap Aprilia, Romano Albesiano mengklaim motornya mampu menghasilkan waktu putaran tak terlalu jauh dari catatan pembalap SuperSport saat ini. Sebuah ide yang pasti menarik bagi pembalap pemula.

Efek dari penyesuaian buat kebutuhan balap, mesin Trofeo bisa mengembuskan tenaga sebesar 105 Hp. Bobot kering terpangkas menjadi 337 pon (153 kg). Bila disesuaikan dalam kondisi bahan bakar penuh dan terisi pelumas, maka totalnya menjadi 370 pon (167 kg).

Baca Juga: Aprilia Rilis SXR 160, Skutik Sporty Cocok Melawan Yamaha Aerox

Aprilia RS 660 Trofeo

Di sisi elektronik tentu saja sangat berbeda dengan versi jalan raya. Pertama, tidak ada kunci kontak dan fungsi ABS. Khusus untuk model Trofeo, ECU utama diprogram ulang dan strategi elektronik dikembangkan oleh Aprilia Racing. Ini berarti item seperti wheelie control, engine braking control, dan traction control khusus untuk penggunaan balap dan dapat disesuaikan oleh pengendara ke level yang berbeda. Ada quickshifter, tapi hanya upshift. Untuk memantau kinerja serta penggunaannya, panel instrumen TFT masih dipertahankan.

Aprilia mempertahankan rangka aluminium ringan, membuatnya menjadi pesaing terberat di superbike kelas menengah. Ia bebas dari peraturan emisi dan kebisingan, Trofeo juga sudah mengenakan suku cadang yang memiliki homologasi balap.

Aprilia RS 660 Trofeo

Supaya sesuai dengan kebutuhan di lintasan balap, dirinya dibekali dengan komponen premium. Termasuk knalpot full system dari SC Project, shock belakang Ohlins dan fork cartridge kit dari Andreani. Area kemudi mengandalkan setang clip-on serta rearset yang dapat disesuaikan. Pengeraman masih mengandalkan kaliper rem lansiran Brambo.

Tetap kenakan pelek aluminium tempa yang ringan dibalut ban radial Pirelli Supercorsa SC1 V3. D dengan ukuran depan 120/70-17 dan belakang 180/60-17. Penggunaan kulit bundar itu agar memiliki daya cengkeram yang baik saat dipakai balap. Biaya untuk memboyong satu unit RS660 Trofeo yakni sebesar €14.700 MSRP atau berkisar Rp254 jutaan. Tentu harga ini lebih terjangkau ketimbang membangun RS660 biasa untuk dijadikan balap. (Bgx/Odi)

Sumber: Aspalt and Rubber, Cycleworld

Baca Juga: Aprilia Tuono 660, Naked Bike Paling Ringan di Kelasnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Alva Owners Club Mengampanyekan Motor Listrik dengan Touring Jakarta-Bali
    Alva Owners Club Mengampanyekan Motor Listrik dengan Touring Jakarta-Bali
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • CustoMaxi Yamaha 2025: Gelar Perdana di Semarang Sekaligus Sambut Perayaan Satu Dekade
    CustoMaxi Yamaha 2025: Gelar Perdana di Semarang Sekaligus Sambut Perayaan Satu Dekade
    Zenuar Yoga . 15 Sep, 2025
  • Federal Oil Kembali Raih Penghargaan di Segmen Pelumas Motor
    Federal Oil Kembali Raih Penghargaan di Segmen Pelumas Motor
    Zenuar Yoga . 15 Sep, 2025
  • Givi Indonesia Hadir di IMOS 2025, Siap Luncurkan Produk Terbaru dan Program Spesial
    Givi Indonesia Hadir di IMOS 2025, Siap Luncurkan Produk Terbaru dan Program Spesial
    Zenuar Yoga . 15 Sep, 2025
  • Zontes Mengaspal di Indonesia, Skutik Bongsor yang Dijual Ratusan Juta
    Zontes Mengaspal di Indonesia, Skutik Bongsor yang Dijual Ratusan Juta
    Anjar Leksana . 15 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Profil QJMotor SRK 800 RR, Sportbike 4-Silinder Seharga Rp249,9 Juta
    Anjar Leksana . 21 Agu, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . 16 Jul, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025