Buatan Indonesia dan Lebih Mahal dari XSR155, Yamaha Luncurkan XSR125

Buatan Indonesia dan Lebih Mahal dari XSR155, Yamaha Luncurkan XSR125

Yamaha Motor Co., Ltd. turut menjajakan sepeda motor jenis sport, XSR125. Sebelumnya ia sempat dipamerkan di Japan Mobility Show 2023 dan rencana mulai dijual di Negeri Matahari Terbit pada 8 Desember nanti. Mengenai harga, unit dilepas 506.000 yen atau Rp52,32 jutaan. Ya, lebih mahal dari XSR155 di Indonesia (Rp37,77 juta). Barang ini diimpor dari sini, sekaligus diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

KEY TAKEAWAYS

  • Yamaha Jepang luncurkan XSR155

    Harganya lebih mahal dari XSR155 di Indonesia
  • Yang jelas Yamaha Indonesia tidak akan menjajakan varian ini. Sebab mereka sudah memiliki XSR155. Menilik spesifikasi XSR125, sangat beda. Karena kubikasi ruang bakar lebih kecil. Konfigurasi silinder tunggal bervolume 124 cc SOHC tanpa VVA. Tenaga maksimal hanya 15 PS di 10.000 rpm dan torsi 12 Nm pada 8.000 rpm. Sedangkan versi 155 cc mampu memberi tenaga 19,27 PS di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Semua unit memiliki teknologi VVA guna memperkuat power di putaran menengah sampai atas.

    Baca Juga: Yamaha Indonesia Rilis Nmax, Aerox, Grand Filano dan Fazzio Versi Lite Lebih Murah

    Sistem penyalur daya sama, menggunakan manual (kopling) enam percepatan. Walau mesin kecil, namun Yamaha XSR125 tetap diberi assist dan slipper clutch. Fungsinya untuk mempermudah perpindahan gigi. Kemudian sistem slipper clutch mencegah roda belakang mengunci sehingga tidak akan terjadi slip.

    alau dilihat tampangnya agak mirip versi Indonesia. Namun ada sedikit perbedaan dimensi. Yamaha XSR125 punya panjang total 2.030 mm, lebar 805 mm, tinggi 1.075 mm, wheelbase 1.325 mm. Sedangkan milik XSR155 punya panjang 2.007 mm, lebar 804 mm dan tinggi 1.080 mm serta jarak sumbu roda 1.330 mm. Ground clearance keduanya sama 170 mm.

    Yamaha XSR125 Blue

    Tampilannya tidak ada perbedaan berarti antara XSR kecil dengan versi Tanah Air. Boleh dibilang guratnya sama persis. Mengenakan komposisi ala motor retro berupa: lampu bundar, sein terpisah, hingga stoplamp bulat minimalis. Bentuk dan pahatan tangki pun sama. Dibuat kekar serta proporsional hingga ke belakang. Tidak terlihat terlalu kurus meski bermesin keci 125 cc.

    XSR125 mewariskan fitur bawaan sang kakak, versi 155. Ia memiliki perangkat lumayan lengkap. Di tengah setang, sebuah layar digital menyajikan informasi seputar kendaraan. Ada putaran mesin, kecepatan, posisi gear, jarak tempuh dan fuel gauge terpampang di situ. Tentu dibingkai krom melingkar, sehingga tetap bergaya klasik nan kontemporer. Belum tuntas, sektor pencahayaan diberi teknologi LED. Baik untuk sorot depan maupun belakang. Bahkan, tertera DRL setengah lingkaran di headlight, mempermanis visual.

    Beralih ke kaki-kaki, perbekalannya sama saja seperti di Indonesia. Frame utama bermodel Delta Box. Khas Yamaha yang sekaligus membuatnya tampak kekar. Lantas fork upside down tentu jadi bawaan, dengan diameter 37 mm tanpa reflektor. Di belakang, penopangnya shock breaker tunggal berikut travel 110 mm. Peranti keamanan deselerasi pakai cakram depan belakang dan disokong ABS. Di jepang, XSR125 tersedia dalam empat pilihan warna: perak, biru muda, hitam, serta merah. (Alx)

    Baca Juga: Yamaha Kasih Jaminan Rangka 5 Tahun untuk Seluruh Skuter Matik

    Jelajahi Yamaha XSR 155

    Model Motor Yamaha

    Motor Yamaha
    • Yamaha Nmax
      Yamaha Nmax
    • Yamaha XSR 155
      Yamaha XSR 155
    • Yamaha Gear 125
      Yamaha Gear 125
    • Yamaha MX King
      Yamaha MX King
    • Yamaha WR155 R
      Yamaha WR155 R
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Yamaha Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Cafe Racer

    Artikel Motor Yamaha XSR 155 dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Yamaha Motor Luncurkan XSR Versi 125 cc Seharga Rp52 Jutaan
      Yamaha Motor Luncurkan XSR Versi 125 cc Seharga Rp52 Jutaan
      Anjar Leksana . 13 Nov, 2023
    • Yamaha XSR 155 Ramaikan Acara BBQ Ride
      Yamaha XSR 155 Ramaikan Acara BBQ Ride
      Zenuar Yoga . 14 Mar, 2023
    • Yamaha XSR 155 2023 Punya Empat Warna Baru
      Yamaha XSR 155 2023 Punya Empat Warna Baru
      Zenuar Yoga . 07 Jan, 2023
    • Bedah Lagi Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap dengan Cicilan Terbarunya
      Bedah Lagi Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap dengan Cicilan Terbarunya
      Bangkit Jaya Putra . 15 Jul, 2022
    • Builder Jawa Tengah dan Yogyakarta Pamerkan Yamaha XSR 155 Custom di Yard Build Indonesia
      Builder Jawa Tengah dan Yogyakarta Pamerkan Yamaha XSR 155 Custom di Yard Build Indonesia
      Zenuar Yoga . 29 Mar, 2022
    • Komparasi Motor Gaya Klasik, Pilih Benelli Motobi 200 Evo atau Yamaha XSR155?
      Komparasi Motor Gaya Klasik, Pilih Benelli Motobi 200 Evo atau Yamaha XSR155?
      Zenuar Yoga . 15 Jun, 2023
    • Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
      Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
      Zenuar Yoga . 08 Mei, 2023
    • Motor Buat Hobi Rp30 jutaan, Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
      Motor Buat Hobi Rp30 jutaan, Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
      Zenuar Yoga . 24 Jan, 2023
    • Mau Modifikasi Yamaha XSR155? Simak 4 Kreasi Builder Lokal Ini
      Mau Modifikasi Yamaha XSR155? Simak 4 Kreasi Builder Lokal Ini
      Helmi Alfriandi . 24 Nov, 2020
    • Pilihan Naked Bike, Yamaha XSR 155 atau Suzuki GSX150 Bandit?
      Pilihan Naked Bike, Yamaha XSR 155 atau Suzuki GSX150 Bandit?
      Zenuar Yoga . 06 Mei, 2020
    • Test Ride Yamaha XSR155: Sensasi Motor Sport Bergaya Klasik
      Test Ride Yamaha XSR155: Sensasi Motor Sport Bergaya Klasik
      Zenuar Yoga . 27 Jul, 2020