JAKARTA – Pasar skutik bongsor bermesin 250 cc selama ini dikuasai Yamaha XMax dan Honda Forza. Pabrikan asal Taiwan, Kymco, sebenarnya punya andalan di segmen ini lewat Downtown 250i. Namua ia agak sulit bersaing. Namun Kymco kini menghadirkan satu andalan baru yang rasanya pantas dijadikan alternatif. Ia hadir dengan nama Kymco X-Town 250i.
Bagi yang sudah mengenal Kymco, X-Town mungkin tak begitu asing. Memang secara umum ia mirip dengan Downtown. Tapi Kymco menyebut jika X-Town bukanlah pengganti Downtown. Kedua akan dijual bersamaan. Dengan harapan alternatif, bagi konsumen akan lebih banyak. Keduanya ditempatkan di segmentasi berbeda, meski berdekatan. X-Town diposisikan sedikit di bawah, dengan bekalan jantung pacu tak sebaik kakaknya. Tapi justru dijejali fitur keamanan lebih lengkap.
"X-Town sendiri perannya bukan menggantikan Downtown. Mereka bakal tetap ada, sebab segmentasinya berbeda. Desain dan karakter mesin pun dibuat diferensiasi. Pada X-Town ada penekanan di beberapa aspek, supaya harga jualnya masuk di market Indonesia. Meski begitu, ia sudah punya ABS dua kanal. Tak seperti Downtown," kata Marwan, General Manager Marketing PT. Smart Motor Indonesia menjawab pertanyaan media.
Tampilan
Untuk membedakan, rancang bangun dan gaya X-Town dibuat sedikit berbeda dengan Downtown 250i. Desain yang dinamis, agresif dan sporty adalah beberapa hal yang sangat disukai oleh konsumen Maxi Scooter di Indonesia. Fitur kenyamanan juga menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa lepas dari sebuah Maxi Scooter.
Semua dibuat proporsional, sporty, mengotak, hal yang mudah disukai pasar Tanah Air. Dimensi besar dan bodi berotot juga menjadi nilai jual dari skutik 250cc baru ini. Posisi duduk nyantai. Secara riding position lebih mirip Forza ketimbang XMax.
Ymco X-Town pas buat mereka yang menyukai touring. Kelengkapan dasarnya memadai. Jok benar-benar lebar serta panjang, ditambah undakan pemisah antara keduanya bisa dijadikan sandaran punggung. Area lantai tentu lega, kaki pengendara dapat merebah layaknya skutik Maxi. Nyaman dibawa jalan jauh.
Area bagasi juga besar, lebih besar dari Downtown 250i. Cukup memuat satu helm full face, sekaligus satu helm half face secara bersamaan. Dalam kondisi terisi begitu, masih tersisa ruang di tengah untuk dimasukkan beberapa barang lagi.
Fitur
Fitur modern seperti ABS dua kanal melengkapi motor ini. Perangkat yang tidak dimiliki Downtown. Kemudian ada DRL, LED di lampu belakang, sampai panel instrumen digital informative turut tersedia. Kymco X-Town 250i mempunyai lampu belakang yang khas, “A’maxi Feature Taillight”. Lampu belakang LED berbentuk huruf X dengan kombinasi lampu LED menjadikan khas X-Town selain meningkatkan visibilitas selama berkendara dimalam hari.
Sayangnya belum ada opsi keyless, atau kontrol traksi. Tapi gendongan mesinnya patut diacungi jempol. Jantung 249 cc SOHC injeksi mampu melontar tenaga 20,6 hp @6.500 rpm serta torsi 21,5 Nm @6.500 rpm.
Terakhir soal harga. Kymco X-Town dijual lebih murah dari sang kakak Downtown yang berbanderol Rp 68 juta. Nah, X-Town dijual Rp 62,5 juta. Tentunya jadi menarik dibandingkan Yamaha XMax Rp 61,675 juta atau Honda Forza Rp 83,810 juta. (Hlm/Raju)
Spesifikasi Lengkap Kymco X-Town 250i:
MESIN
Tipe Mesin: 249,1, SOHC, FI
Diameter x Langkah: ø72,7 x 60mm
Maks. Tenaga Mesin: 15,4 kW @6500rpm
Maks. Torsi Mesin: 21,5 Nm @6500rpm
Sistem Pendingin: Berpendingin Cairan
DIMENSI
Panjang: 2235 x 780 x 1370 mm
Jarak ke Tanah: 135mm
Berat Kosong: 185Kg
Kapasitas Tanki Bahan Bakar: 12,5liter
RANGKA
Tipe Rangka: Underbone
Suspensi Depan: Telescopic Fork
Suspensi Belakang: Double Swing Arm
Ban Depan: Tubeless 120/80-14
Ban Belakang: Tubeless 150/70-14
Rem Depan: Disc Brake 3 piston (ABS)
Rem Belakang: Disc Brake 2 piston (ABS)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.