Volvo C40 Recharge Harus Melewati 150 Kali Crash Test Sebelum Diproduksi

Volvo C40


Bicara keselamatan, tidak ada toleransi bagi Volvo Cars. Dari dulu hingga sekarang, diakui sebagai pabrikan yang paling mengutamakan keamanan dan keselamatan. Hal itu dipertegas kembali oleh President and CEO Volvo Cars Jim Rowan kepada media Asia Pasifik dalam kunjungan ke pabrik Volvo Cars di Torslanda, Gothenburg Swedia.

KEY TAKEAWAYS

  • Volvo tak main-main dalam mengembangkan mobil listrik

    Seperti C40 Recharge yang harus melewati rangkaian uji tabrak sangat banyak
  • Rowan menyatakan, performa sebuah kendaraan memang dibutuhkan untuk menunjang kapabilitas kendaraan sehari-hari. Namun, bukan performa untuk diperlihatkan di dalam balapan dan sirkuit yang menjadi concern Torslanda.

    Dalam wawancara selama sekitar 40 menit, Rowan menyampaikan bahwa yang menjadi titik fokus Volvo Cars sejak lama di dalam pengembangan kendaraan adalah faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpang. Namun, ketiga faktor itu tidak boleh mengorbankan performa mobil dan harus tetap menyenangkan untuk dikendarai.

    Volvo crash test

    Bjorn Annwall selaku Chief Commercial Officer and Deputy CEO mempertegas dan mengamini hal tersebut. Menjawab pertanyaan dari wartawan apakah pabrikan bakal menghadirkan mobil sport yang lebih menitikberatkan pada performa, Annwall dengan tegas menjelaskan bahwa pabrikannya akan tetap mempertahankan nilai-nilai yang mereka anut.

    “Kami akan tetap mempertahankan dan berkomitmen pada value-value kami yakni menghadirkan kendaraan yang sustainable dan aman, tanpa melupakan nilai fun-to-drive dan tidak membosankan,” ujar Annwall.

    Berkenaan dengan itu, makanya Volvo Cars tak mau main-main dengan C40 Recharge yang mereka kembangkan dan produksi. SUV/crossover tersebut telah menjalani 150 kali pengujian test crash di fasilitasnya di Torslanda sebelum diproduksi massal.

    Volvo C40

    Menurut pihak manufaktur, untuk satu kali test crash, memakan biaya sekitar 35.000 euro (sekitar Rp580 juta). Kalau 150 kali, biaya test crash yang dikeluarkan kisaran Rp87 miliar untuk satu model C40 Recharge.

    Fasilitas crash test yang terletak di pabrik utama Volvo Cars di Torslanda tersebut merupakan salah satu fasilitas uji benturan tercanggih dan terlengkap di dunia. Laboratorium ini bisa mereplikakan hampir semua skenario kecelakaan yang terjadi di dunia nyata di jalan raya.

    Lab memiliki kapasitas untuk menjalankan lebih dari 400 uji benturan full-scale (skala penuh) dalam setahun. Dilengkapi dengan test track fix sepanjang 154 meter dan movable test track sepanjang 108 meter. Hebatnya lagi, movable test track itu bisa dipindah-pindahkan dari sudut 0 sampai 90 derajat untuk pengujian benturan depan, tabrakan belakang, benturan samping bahkan tabrakan antara dua mobil bergerak dengan kecepatan dan sudut yang berbeda-beda.

    Volvo C40

    Mobil-mobil yang sudah menjalani test crash akan dikaji dan diteliti agar tim bisa mendapatkan data-data yang dibutuhkan. Hasil pengujian akan menjadi pedoman tim pabrikan di dalam mengembangkan dan memproduksi mobil dengan level keselamatan dan keamanan terbaik. Volvo Cars meyakini bahwa kedua faktor itu sangat vital bagi pengguna mobil mereka.

    Jika sudah diteliti, setiap kendaraan yang dalam kondisi berantakan itu bakal discrap. Material-material yang bisa digunakan kembali bakal didaur ulang untuk kebutuhan yang lain. (Eka/Odi)

     

    Baca Juga: Keunikan Volvo EX90, SUV Listrik yang Pakai Material Daur Ulang

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Volvo Unggulan

    Artikel Mobil Volvo dari Carvaganza

    • Volvo Berikan Cita Rasa Skandinavia Pada Diler Soeroso Service Center
      Volvo Berikan Cita Rasa Skandinavia Pada Diler Soeroso Service Center
      Eka Zulkarnain H . 02 Des, 2023
    • Volvo Kenalkan MPV Premium Full Listrik Pesaing Lexus LM
      Volvo Kenalkan MPV Premium Full Listrik Pesaing Lexus LM
      Muhammad Hafid . 13 Nov, 2023
    • Comeback di GIIAS 2023, Volvo Sukses Tawarkan Line Up SUV Elektrifikasi
      Comeback di GIIAS 2023, Volvo Sukses Tawarkan Line Up SUV Elektrifikasi
      Muhammad Hafid . 22 Agu, 2023
    • GIIAS 2023: Fokus Elektrifikasi, Volvo Tegaskan Komitmen ke Pasar Indonesia
      GIIAS 2023: Fokus Elektrifikasi, Volvo Tegaskan Komitmen ke Pasar Indonesia
      Muhammad Hafid . 19 Agu, 2023
    • GIIAS 2023: Volvo C40 Tandai Comeback, Lengkapi Line Up Elektrifikasi
      GIIAS 2023: Volvo C40 Tandai Comeback, Lengkapi Line Up Elektrifikasi
      Muhammad Hafid . 14 Agu, 2023

    Artikel Mobil Volvo dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Volvo Memperkenalkan EM90, MPV Pertama yang Bertenaga Listrik
      Volvo Memperkenalkan EM90, MPV Pertama yang Bertenaga Listrik
      Muhammad Hafid . 14 Nov, 2023
    • Kembali ke GIIAS, Volvo Memperkenalkan C40
      Kembali ke GIIAS, Volvo Memperkenalkan C40
      Muhammad Hafid . 11 Agu, 2023
    • Mengenal Nordico, Material Daur Ulang di Kabin Volvo EX90
      Mengenal Nordico, Material Daur Ulang di Kabin Volvo EX90
      Eka Zulkarnain . 21 Des, 2022
    • Mengenal Volvo C40 Recharge, SUV Listrik yang Cocok Melawan Kia EV6 GT-Line
      Mengenal Volvo C40 Recharge, SUV Listrik yang Cocok Melawan Kia EV6 GT-Line
      Muhammad Hafid . 13 Des, 2022
    • Unik dan Canggihnya Mobil Listrik Volvo EX90 yang Terbuat dari Logam dan Plastik Bekas
      Unik dan Canggihnya Mobil Listrik Volvo EX90 yang Terbuat dari Logam dan Plastik Bekas
      Anjar Leksana . 10 Des, 2022
    • Perjalanan ke Markas Volvo di Swedia, Banyak Ilmu Soal Keselamatan Didapat
      Perjalanan ke Markas Volvo di Swedia, Banyak Ilmu Soal Keselamatan Didapat
      Eka Zulkarnain . 26 Des, 2022
    • Terdepan dalam Keselamatan, Ini Deretan Fitur Inovasi Volvo
      Terdepan dalam Keselamatan, Ini Deretan Fitur Inovasi Volvo
      Anindiyo Pradhono . 11 Sep, 2020