Yamaha XSR 125 Meluncur di Eropa, Lengkapi Line-up Sport Heritage

Yamaha XSR 125 2021

Yamaha melengkapi jajaran Sport Heritage untuk kelas entry level di Eropa. Adalah XSR 125, adik dari XSR 155 yang beredar di Indonesia. Sesuai trahnya ia mengadopsi konsep naked bike modern dengan sentuhan lawas. Banderolnya sendiri mencapai 4.450 Pound Sterling untuk wilayah Inggris, atau jika dikonversikan sekitar Rp90 jutaan.

Secara tampilan tidak ada perbedaan berarti antara XSR kecil dan versi Tanah Air. Boleh dibilang guratnya sama persis. Mengenakan komposisi a la motor retro: Lampu bulat, sein terpisah, hingga stoplamp bulat minimalis. Bentuk dan pahatan tangki pun persis. Dibuat kekar serta proporsional hingga ke belakang. Tidak terlihat terlalu kurus meski bermesin kecil.

Hanya saja, soal pewarnaan berbeda. Tidak tersedia kelir ikonik silver dengan finishing bak aluminium brushed. Yang ada merah menyala, kuning, serta hitam. Ekspresif. Serta merta memiliki grafis tangki lebih lawas dari pada di sini. Berkat adanya double stripe kontras.

Baca Juga: Yamaha Sediakan Aksesori Resmi untuk Mengubah Gaya XSR 155

Yamaha XSR 125

Meski jika dilihat rancang bangun serupa, ada sedikit perbedaan dimensi. Agak lebih ringkas. Panjang totalnya 1.960 mm, lebar 800 mm, tinggi 1.065 mm. Sementara milik XSR 155 punya panjang 2.007 mm, lebar 804 mm dan tinggi 1.080 mm. Namun kalau sumbu roda benar-benar identik di 1.330 mm.

Bukan cuma ukuran sekeliling. Ground clearance XSR kecil juga lebih rendah. Uniknya justru jarak jok ke tanah malah agak lebih tinggi. Sepertinya ini merupakan penyesuaian dengan standar postur di daratan Ras Kaukasoid. Ada lagi, terletak perbedaan minor dalam hal daya tampung bensin. Di Eropa agak lebih besar, mungkin karena itu pula bobot totalnya memberat 2 kg (Full Loaded).

Yamaha XSR 125

Yang pasti sangat beda tentu perolehan output. Karena format mesin lebih kecil. Konfigurasi silinder tunggal bervolume 124 cc SOHC tanpa VVA. Tenaga maksimal hanya 14,7 Hp di 10.000 rpm dan torsi 11,5 Nm pada 8.000 rpm. Jauh kalau melihat milik versi 155 cc yang mampu menginjeksi tenaga 19 Hp di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Belum lagi punya VVA untuk memperkuat power di putaran menengah sampai atas.

Dan ketika melihat penyalur daya, girboksnya tidak selengkap versi sini. Keduanya memang seragam pakai transmisi manual enam percepatan. Tapi, tidak ada assist dan slipper clutch. Mungkin, dianggap entakan dari mesin sekecil itu saat engine brake tidak begitu berdampak. Sehingga kontribusi slipper clutch bisa saja dianggap sia-sia.

Baca Juga: Setelah Eksis Puluhan Tahun, Yamaha Menutup Kiprah SR400 Lewat Edisi Final

yamaha XSR 125 yellow

Untung XSR 125 mewariskan fitur elektronik bawaan sang kakak. Ia sanggup memberi perangkat canggih dan lengkap. Di tengah stang, sebuah layar digital menyajikan informasi seputar kendaraan. Putaran mesin, kecepatan, posisi gear, jarak tempuh, dan fuel gauge terpampang di situ. Tentu dibingkai krom melingkar, sehingga tetap bergaya klasik. Belum tuntas, sektor pencahayaan XSR dibekali teknologi LED baik di depan maupun belakang. Bahkan, tertera DRL setengah lingkaran cantik di headlight.

Beranjak ke kaki-kaki, perbekalannya sama saja seperti di sini. Frame utama bermodel Delta Box. Khas Yamaha yang sekaligus membuatnya tampak kekar. Lantas fork upside down tentu jadi bawaan, dengan diameter 37 mm. Bedanya disematkan reflektor alias mata kucing. Dan di belakang, penopangnya shock breaker tunggal dengan travel 110 mm. Belum ada ABS untuk peranti keamanan deselerasi di cakram depan belakang, tak beda dengan versi 155. (Hlm/Odi)

Sumber: Yamaha EU, Motosaigon

Baca Juga: Yamaha XSR 155 2021 Tambah Warna Matte Green, Makin Tonjolkan Nuansa Sport Heritage

Jelajahi Yamaha XSR 155

Model Motor Yamaha

Motor Yamaha
  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
  • Yamaha Gear 125
    Yamaha Gear 125
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Cafe Racer

Artikel Motor Yamaha XSR 155 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Yamaha Motor Luncurkan XSR Versi 125 cc Seharga Rp52 Jutaan
    Yamaha Motor Luncurkan XSR Versi 125 cc Seharga Rp52 Jutaan
    Anjar Leksana . 13 Nov, 2023
  • Yamaha XSR 155 Ramaikan Acara BBQ Ride
    Yamaha XSR 155 Ramaikan Acara BBQ Ride
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2023
  • Yamaha XSR 155 2023 Punya Empat Warna Baru
    Yamaha XSR 155 2023 Punya Empat Warna Baru
    Zenuar Yoga . 07 Jan, 2023
  • Bedah Lagi Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap dengan Cicilan Terbarunya
    Bedah Lagi Keunggulan Yamaha XSR 155 Lengkap dengan Cicilan Terbarunya
    Bangkit Jaya Putra . 15 Jul, 2022
  • Builder Jawa Tengah dan Yogyakarta Pamerkan Yamaha XSR 155 Custom di Yard Build Indonesia
    Builder Jawa Tengah dan Yogyakarta Pamerkan Yamaha XSR 155 Custom di Yard Build Indonesia
    Zenuar Yoga . 29 Mar, 2022
  • Komparasi Motor Gaya Klasik, Pilih Benelli Motobi 200 Evo atau Yamaha XSR155?
    Komparasi Motor Gaya Klasik, Pilih Benelli Motobi 200 Evo atau Yamaha XSR155?
    Zenuar Yoga . 15 Jun, 2023
  • Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
    Zenuar Yoga . 08 Mei, 2023
  • Motor Buat Hobi Rp30 jutaan, Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
    Motor Buat Hobi Rp30 jutaan, Yamaha XSR 155 atau Honda CB150X?
    Zenuar Yoga . 24 Jan, 2023
  • Mau Modifikasi Yamaha XSR155? Simak 4 Kreasi Builder Lokal Ini
    Mau Modifikasi Yamaha XSR155? Simak 4 Kreasi Builder Lokal Ini
    Helmi Alfriandi . 24 Nov, 2020
  • Pilihan Naked Bike, Yamaha XSR 155 atau Suzuki GSX150 Bandit?
    Pilihan Naked Bike, Yamaha XSR 155 atau Suzuki GSX150 Bandit?
    Zenuar Yoga . 06 Mei, 2020
  • Test Ride Yamaha XSR155: Sensasi Motor Sport Bergaya Klasik
    Test Ride Yamaha XSR155: Sensasi Motor Sport Bergaya Klasik
    Zenuar Yoga . 27 Jul, 2020