Ini 4 Prototipe BMW M3 yang Tidak Pernah Diproduksi Massal

MUNICH -- Banyak cerita tersembunyi yang tak pernah terungkap dari BMW. Misalnya soal BMW M3. Ternyata BMW M3 tak hanya punya model coupe, convertible, dan saloon saja. Ada empat varian model lain yang tidak pernah meluncur ke pasar.


Seperti dilansir BMW Blogs dan Autoblog, BMW sebenarnya pernah melansir BMW M3 Pickup pada tahun 1986, BMW M3 Compact 1996, BMW M3 Touring lansiran 2000, dan terakhir BMW M3 Pickup generasi kedua yang diperkenalkan pada 2011.


Seandainya saja terwujud walau dalam edisi sangat terbatas, pasti jadi barang koleksi superlangka. Nah, berikut penjelasannya:


BMW M3 Prototype


BMW M3 Pickup 1986


Model ini sebenarnya dibuat tanpa sengaja. Maksud BMW M3 Pickup dibangun sebagai mobil untuk mengangkut barang-barang di kawasan pabrik saja. Memakai rangka dari BMW 3-Series Convertible E30 yang tidak terpakai, dan bodyshell dari rangka jenis convertible yang lebih kuat. Desainnya tak ubah E30 convertible tanpa tutup bagasi dan atap kanvas. Area kosong dijadikan bak terbuka untuk membawa barang.


Pada awalnya, M3 Pickup disokong mesin lebih kecil dari versi normal. Juga digunakan oleh "Italian M3" dengan memangkas kapasitas mesin terkait regulasi pajak di Italia. Mesin itu hanya menghasilkan 192 hp. Baru kemudian diputuskan untuk mengganti mesin dengan versi asli, yakni 2.3 liter 4-silinder yang menghasilkan daya 200 hp. BMW M3 Pickup bekerja dengan sangat baik dan dapat diandalkan untuk transportasi pabrik hingga akhirnya harus dipensiunkan setelah mengabdi selama 26 tahun.


BMW M3 Prototype


BMW M3 Compact 1996


BMW M3 Compact punya cerita berbeda. Model ini dibangun untuk menyediakan mobil berlabel M level pemula kepada para pemuda. Bisa dibilang, posisi BMW M3 Compact mengisi ruang yang sekarang diduduki BMW M2. Apabila BMW M3 Compact benar-benar menjadi unit produksi massal, spesifikasi jantung mekanisnya akan diturunkan. Walau pada model purwarupa dapat menghasilkan tenaga hingga 321 hp dengan bobot yang lebih ringan. Purwarupa BMW M3 Compact dihadirkan sebagai media pengujian para jurnalis dan menarik animo masyarakat.


BMW M3 Prototype


BMW M3 Touring 2000


Model prototipe BMW M3 Touring berbentuk station wagon diwujudkan sebagai konsep. Sementara versi produksinya masih menjadi pertimbangan pada saat itu. Berbeda dengan M3 Compact, M3 Touring E46 hanya dibangun untuk kepentingan penelitian dan contoh agar dapat mengaplikasikan perubahan-perubahan pada produksi BMW 3-Series Touring. Desas-desus kencang belakangan ini, M3 Touring akan jadi kenyataan di generasi terbaru G80. Beberapa sketsa terkaan pernah tersebar di jagad maya.


BMW M3 Prototype


BMW M3 Pickup New Generation 2011


Terakhir kembali model pickup dilansir BMW. Jedanya cukup lama setelah BMW M3 Pickup pertama diperkenalkan. Pihak manufaktur rupanya merasa perlu untuk merilis penerusnya. Kontruksi bangunnya masih menggunakan ide sama dengan model awal. Memanfaatkan rangka bodi convertible. Fungsinya masih sama, bukan merupakan unit untuk diproduksi massal. Melainkan sebagai angkutan barang dalam lingkup manufaktur saja. Namun seseorang sempat memberikan ide untuk memanfaatkan momen April Fool's atau April Mop dan membuat lelucon peluncuran pada tanggal 1 April.


Untuk lebih meyakinkan publik, pihak BMW pun mengadakan sesi spy shot di Nurburgring dan berhasil menjalin kepercayaan media maupun publik. Hingga tiba pada saat hari peluncurannya, pihak BMW menyebarkan siaran pers tepat pada 1 April 2011.


Isinya menjabarkan bahwa BMW M3 Pickup merupakan varian bodi keempat selain coupe, convertible, dan sedan, serta memiliki tenaga 420 hp dan daya angkut hingga 450 kg. Kenyataan sebenarnya baru dituliskan pada paragraf terakhir, mengatakan bahwa mobil itu hanya dibangun satu unit dan untuk keperluan transportasi di pabrik. Publik harus kecewa. (Odi)


Sumber: Autoblog, BMWblog, Roadandtrack

Artikel yang direkomendasikan untuk anda