Batal Menjajal Hyundai i30 Fastback N Safety Car Gara-gara Cuaca Buruk

Hyundai i30 N safety car

Hari kedua kami bertandang ke sirkuit Mandalika, Lombok, malah berujung kekecewaan. Bukan soal sirkuit yang katanya drainasenya buruk, padahal tidak juga, tapi safety car Hyundai i30 Fastback N batal kami coba. Ini karena kedua safety car yang tersedia sibuk semua karena harus meladeni padatnya jadwal hari minggu.

Otomatis, kami kembali hanya mengamati saat mobil dalam kondisi statis. Untungnya, kedua pengemudi resmi safety car Hyundai ini cukup enak diajak ngobrol soal tunggangan mereka. Mereka adalah Nicola Cursi dan Cristian Siso Paris.

Hyundai i30 N safety car

Ditemui saat rehat antarbalapan, mereka menjelaskan bahwa i30 Fastback N memiliki perbedaan cukup signifikan. Meski sepintas mirip seperti di pasaran. Seperti dijelaskan sebelumnya, versi safety car ini tidak berbeda secara tampilan eksterior maupun dalaman dengan versi jalan raya. Namun Nicola menunjukkan hal penting untuk mendukung tugasnya.

Pertama adalah rem yang lebih besar. Ini penting untuk membuat mobil lebih mudah dijinakkan. Meski tidak merinci seberapa besar beda ukurannya, tapi kami cukup takjub dengan ukuran kaliper berlogo N yang memang diatas rata-rata. Peningkatan ini diperlukan karena pengereman di sirkuit berbeda dengan jalan biasa. Gas pol dan rem maksimal selalu dilakukan setiap saat. Selain itu, perubahan tersebut juga perlu untuk mengimbangi modifikasi di jantung mekanisnya.

Baca Juga: Hyundai Elantra N 2022 Perkenalkan Diri sebagai Perwakilan Sedan Terkencang Pabrikan

 

Hyundai i30N safety car

Di balik kap mesin, artikel sebelumnya kami sebutkan bahwa mesin empat silinder mampu menghasilkan 280 PS. Namun Nicola mengoreksi angka itu. “Tenaganya naik sekitar 20 hp (20,2 PS).” Ia tidak menyebutkan dari mana perubahan itu didapat, tapi menegaskan kalau sistem saluran gas buang (knalpot) juga berbeda. Kalau dicermati, sepasang lubang di buritan yang cukup besar membenarkan hal tersebut. Kami perkirakan ECU pun ikut dioprek untuk peningkatan ini.

Bagian eksteriornya tidak berubah banyak. Sirip dan sayap yang terpasang bukan sekadar pajangan, tapi memang berfungsi mengalirkan udara supaya mobil ini bisa mencengkeram aspal dengan baik. Tambahannya hanya lampu strobo di atap untuk memberikan informasi situasi kepada para rider Superbike, saat dipandu.

Hyundai i30 N safety car

Yang menarik, bagian interior dibiarkan standar. Tanpa perubahan berarti kecuali tempat meletakkan denah sirkuit di bagian konsol tengah. Bahkan sistem multimedia standar pun masih terpasang dan jok belakang masih ada. Kedua kursi depan yang diganti model bucket. Sebuah perubahan yang rasanya wajib ada untuk mobil yang kerjanya berpacu di lintasan. Entah sebagai mobil balap atau safety car.

Selebihnya tidak berubah. Hyundai cukup percaya diri dengan i30 Fastback N ini. Dikatakan, setiap mobil Hyundai dengan logo N, pasti sudah ‘track ready’, alias siap turun di lintasan balap. Pembekalan yang dilakukan sangat menyeluruh. Mulai dari rangka sudah pasti lebih kokoh dan ringan. Lantas as roda depan mengalami peningkatan untuk mengakomodir gaya lateral dengan pintar. Axle ini juga bersinergi dengan suspensi berkendali elektronik, yang lantas memerintahkan shockbreaker untuk mengatur keras-lembutnya peredaman. Hasilnya,mengatur daya guling (roll) setiap kali bermanuver sekaligus memberikan grip berlimpah.

Performa kaki-kaki ini diamini oleh safety car driver lainnya, Cristian Siso, “Setup (bawaan pabrik) secara keseluruhan sudah cukup memuaskan. Saya suka. Terutama dengan kemampuan suspensinya.” Ditambah performa mesin mumpuni membuat pabrikan Korea Selatan yakin dengan kemampuan i30 Fastback N di lintasan. Meskipun tidak diberikan perubahan berarti.

Meski begitu, kami tidak puas hanya dengan memandang dan mengobrol. Suatu saat nanti, harus mencoba langsung. Paling tidak versi jalan rayanya. (Ddn/Odi)

 

Baca Juga: Melihat Langsung Kesibukan Hyundai i30 N Safety Car di Mandalika

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

  • GJAW 2025: Penawaran Khusus Hyundai, Bisa Instant Trade-in
    GJAW 2025: Penawaran Khusus Hyundai, Bisa Instant Trade-in
    Anjar Leksana . 28 Nov, 2025
  • Tidak Mau Ketinggalan, Hyundai Segera Rilis MPV Hybrid Saingan Veloz
    Tidak Mau Ketinggalan, Hyundai Segera Rilis MPV Hybrid Saingan Veloz
    Anindiyo Pradhono . 24 Nov, 2025
  • Hyundai Indonesia Recall Ioniq 6 Produksi 2022–2025, Ada Potensi Charging Door Macet
    Hyundai Indonesia Recall Ioniq 6 Produksi 2022–2025, Ada Potensi Charging Door Macet
    Anjar Leksana . 14 Nov, 2025
  • Hyundai Elexio Resmi Debut Eksklusif di Cina, SUV Listrik Bisa Tempuh Capai 722 Km
    Hyundai Elexio Resmi Debut Eksklusif di Cina, SUV Listrik Bisa Tempuh Capai 722 Km
    Anjar Leksana . 10 Nov, 2025
  • Hyundai Solusi Mobilitas Tawarkan Mobil Bekas Berkualitas Tersertifikasi Pabrikan
    Hyundai Solusi Mobilitas Tawarkan Mobil Bekas Berkualitas Tersertifikasi Pabrikan
    Anjar Leksana . 17 Okt, 2025

Artikel Mobil Hyundai dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Hyundai Stargazer Bekas Tahun Muda Sekarang Harganya Makin Murah
    Hyundai Stargazer Bekas Tahun Muda Sekarang Harganya Makin Murah
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Hyundai Motors Indonesia Tawarkan Instant Trade-in Approval di GJAW 2025
    Hyundai Motors Indonesia Tawarkan Instant Trade-in Approval di GJAW 2025
    Anjar Leksana . 27 Nov, 2025
  • Hyundai Siapkan MPV Hybrid B-Segment untuk Melawan Toyota Veloz Hybrid
    Hyundai Siapkan MPV Hybrid B-Segment untuk Melawan Toyota Veloz Hybrid
    Anindiyo Pradhono . 24 Nov, 2025
  • Hyundai Indonesia Recall Ioniq 6 Tahun Produksi 2022-2025
    Hyundai Indonesia Recall Ioniq 6 Tahun Produksi 2022-2025
    Anjar Leksana . 11 Nov, 2025
  • Hyundai Elexio Meluncur di Cina, Daya Tempuhnya Lebih Jauh dari Kona EV
    Hyundai Elexio Meluncur di Cina, Daya Tempuhnya Lebih Jauh dari Kona EV
    Anjar Leksana . 06 Nov, 2025
  • Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Setyo Adi Nugroho . 12 Des, 2025
  • Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Update Harga Low SUV Terbaru Akhir 2025
    Setyo Adi Nugroho . 12 Des, 2025
  • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Daftar Harga Terkini Low MPV Idaman Bulan Ini, Pilihan dengan Beragam Keunggulan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Okt, 2025
  • Perbandingan SUV Hybrid Terbaru Rp500 Juta - Rp1 Miliar
    Perbandingan SUV Hybrid Terbaru Rp500 Juta - Rp1 Miliar
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
    Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024