Bedah Fungsi Suspensi Cerdas DiSus-C di BYD Seal 2025

DiSus-C di New BYD Seal 2025

Di balik desain aerodinamis BYD Seal 2025. Tersisip sistem cerdas bernama DiSus-C—singkatan dari Intelligent Damping Body Control System. Perangkat ini ibarat sistem saraf bagi kendaraan. Dirancang untuk membaca, mencerna, dan merespons kontur jalan secara langsung. Hasilnya bukan cuma mobil yang tetap stabil di tikungan atau lembut di jalanan tak rata. Tapi juga menambah rasa percaya diri di balik genggaman tangan pengemudi.

KEY TAKEAWAYS

  • BYD Seal 2025 memiliki sistem peredam suspensi cerdas bernama DiSus-C

    BYD meramu tiga tahapan utama dalam kerja sistem ini: Perception Layer, Decision Layer dan Execution Layer. Pada tahap awal, sensor-sensor seperti pendeteksi percepatan dan tinggi bodi bekerja nonstop. Mereka memetakan kondisi aktual, dari karakter permukaan aspal hingga gaya berkendara pengemudi.
  • BYD meramu tiga tahapan utama dalam kerja sistem ini: Perception Layer, Decision Layer dan Execution Layer. Pada tahap awal, sensor-sensor seperti pendeteksi percepatan dan tinggi bodi bekerja nonstop. Mereka memetakan kondisi aktual, dari karakter permukaan aspal hingga gaya berkendara pengemudi. Masuk ke tahap “Decision”, semua data diproses oleh pusat komputasi bernama DiSus Intelligent Computing Center. Di sinilah kehebatannya berlangsung. Sistem belajar gaya berkendara, lalu mengatur strategi redaman untuk menaklukkan guncangan atau kemiringan yang datang tiba-tiba.

    Kemudian, Execution Layer jadi bagian aksi. Damper dikendalikan elektronik, merespons perintah komputer dengan cepat. Redaman bisa berubah dalam sekejap, seolah setiap roda punya otak sendiri. Tak hanya bikin mobil terasa lebih halus, tapi juga menjaga kontak optimal antara ban dan aspal. Lebih stabil, lebih aman, dan menjanjikan kesenangan berkendara. 

    Fungsi DiSus-C BYD Seal 2025

    Menariknya lagi, BYD membedakan dua versi: DiSus-C Active dan Inactive. Versi Active adalah gabungan antara otak elektronik dan otot mekanis. Saat jalanan Indonesia yang terkenal bertekstur penuh gelombang mengadang. DiSus-C Active mengatur suspensi secepat kilat. Getaran dipotong sebelum sempat menjalar ke kabin. Penumpang pun bisa duduk tenang, tak peduli seberapa keras roda bekerja.

    Apabila mobil hanya menggunakan DiSus-C Inactive (Purely Mechanical), getaran dan guncangan dari permukaan jalan lebih mudah diteruskan ke bodi kendaraan. Body amplitude meningkat mengikuti wheel amplitude yang tajam. Membuat setiap ketidaksempurnaan permukaan jalan langsung terasa hingga ke dalam kabin. Hal ini tentu bisa menurunkan tingkat kenyamanan dan dapat menyebabkan kelelahan. Atau stres bagi pengemudi maupun penumpang selama perjalanan.

    Lewat keunggulan DiSus-C Active, BYD menegaskan tekad dalam menyodorkan teknologi suspensi cerdas. Menawarkan perjalanan lebih smooth, stabil dan menyenangkan tanpa kompromi. Tak peduli seberapa berat medan jalan ditemui.Melalui teknologi ini, BYD tak hanya menawarkan kecanggihan. Namun mereka sedang mendefinisikan ulang apa arti kenyamanan dan kendali dalam mobil listrik modern. Bagi perusahaan, Seal 2025 bukan sekadar kendaraan listrik semata. Tapi cerminan masa depan berkendara tenang, adaptif dan asyik. (Alx)

    Baca Juga: 

    Jetour Dashing & X70 Plus Kian Terjangkau di GIIAS 2025 dan Tampilkan Versi Modifikasi

    MG4 EV MAX: Jarak Tempuh Makin Tinggi, Harganya Tetap Bersahabat

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil BYD Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil BYD dari Carvaganza

    • GIIAS 2025: Bedah Manfaat Suspensi DiSus-C Milik BYD Untuk Handling dan Kenyamanan
      GIIAS 2025: Bedah Manfaat Suspensi DiSus-C Milik BYD Untuk Handling dan Kenyamanan
      Anjar Leksana . 31 Jul, 2025
    • BYD Atto 1 Unjuk Gaya di GIIAS 2025, City EV Dinamis untuk Konsumen Urban
      BYD Atto 1 Unjuk Gaya di GIIAS 2025, City EV Dinamis untuk Konsumen Urban
      Setyo Adi . 30 Jul, 2025
    • GIIAS 2025: BYD Ungkap Alasan Harga Atto 1 Bisa di Bawah Rp250 Juta
      GIIAS 2025: BYD Ungkap Alasan Harga Atto 1 Bisa di Bawah Rp250 Juta
      Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
    • GIIAS 2025: Debut Denza Tegaskan Dominasi BYD di Segmen EV Nasional
      GIIAS 2025: Debut Denza Tegaskan Dominasi BYD di Segmen EV Nasional
      Anjar Leksana . 28 Jul, 2025
    • GIIAS 2025: BYD Atto 1 Ramaikan Segmen Hatchback EV, Harga Senggol LCGC
      GIIAS 2025: BYD Atto 1 Ramaikan Segmen Hatchback EV, Harga Senggol LCGC
      Anjar Leksana . 23 Jul, 2025

    Artikel Mobil BYD dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • BYD Atto 1 Menggebrak GIIAS 2025, Ini Rahasianya
      BYD Atto 1 Menggebrak GIIAS 2025, Ini Rahasianya
      Setyo Adi Nugroho . 01 Agu, 2025
    • Debut Denza di GIIAS 2025, Perusahaan Ingin Perluas Pasar EV Nasional
      Debut Denza di GIIAS 2025, Perusahaan Ingin Perluas Pasar EV Nasional
      Anjar Leksana . 24 Jul, 2025
    • BYD Atto 1 Resmi Mengaspal, Harganya Semurah LCGC
      BYD Atto 1 Resmi Mengaspal, Harganya Semurah LCGC
      Anjar Leksana . 23 Jul, 2025
    • BYD Indonesia Sebar Teaser Seagull, Lihat Spesifikasi dan Nilai Jualnya
      BYD Indonesia Sebar Teaser Seagull, Lihat Spesifikasi dan Nilai Jualnya
      Anjar Leksana . 09 Jul, 2025
    • Setahun M6, BYD Ajak Konsumen Merayakannya di Alam Terbuka
      Setahun M6, BYD Ajak Konsumen Merayakannya di Alam Terbuka
      Muhammad Hafid . 16 Jun, 2025
    • Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
      Bedah Lebih dalam Sofistikasi Teknologi DiSus C Buatan BYD di Seal 2025
      Anjar Leksana . 29 Jul, 2025
    • Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
      Membandingkan Xpeng X9 Lawan Denza D9, MPV Listrik Premium Modern
      Setyo Adi Nugroho . 14 Jul, 2025
    • Simak Spesifikasi BYD Seal Facelift yang Pakai Suspensi DiSus-C Terbaru
      Simak Spesifikasi BYD Seal Facelift yang Pakai Suspensi DiSus-C Terbaru
      Alvando Noya . 22 Mei, 2025
    • SUV Premium Fang Cheng Bao B5 dan B8 Cocok Dibawa ke Indonesia
      SUV Premium Fang Cheng Bao B5 dan B8 Cocok Dibawa ke Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 05 Mei, 2025
    • Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
      Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
      Anjar Leksana . 30 Apr, 2025
    • Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Test Drive BYD Seal Performance di Mandalika: Sedan Listrik 522 HP dengan Teknologi DiSus-C
      Alvando Noya . 26 Mei, 2025
    • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
    • Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
      Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
      Muhammad Hafid . 21 Okt, 2024
    • Test Drive BYD M6: Sanggup PP Jakarta - Bandung Tanpa Isi Daya
      Test Drive BYD M6: Sanggup PP Jakarta - Bandung Tanpa Isi Daya
      Setyo Adi Nugroho . 08 Agu, 2024
    • First Drive BYD M6: Impresi MPV Listrik Pertama di Indonesia
      First Drive BYD M6: Impresi MPV Listrik Pertama di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 23 Jul, 2024