Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Beli Yamaha All New NMax Termurah, Apa Untungnya?




    JAKARTA, Motovaganza.com – Bicara soal skutik, rasanya sekarang tak lagi heran melihat Yamaha NMax di jalanan. Padahal aslinya, motor ini baru diperkenalkan pada 2015 silam. Setelah lima tahun mengaspal, Yamaha NMax dirombak ulang. Diberi embel-ambel All New didepannya.

    Tambahan kata ini membuat motor ini berganti desain, performa mesin ditingkatkan, hingga mendapat pengayaan fitur. Dari sistem konektivitas gawai, Smart Key System, kontrol traksi, electric power socket, hingga Stop Start System (SSS). Lengkap. Tapi itu semua disajikan dalam paket varian termahal. Lantas untuk yang paling murah (Rp 29,750 juta), apa saja yang didapat?

    Satu yang pasti, di model terbawah, konsumen tak bisa merasakan perangkat baru bernama Communication Control Unit (CCU)Fitur yang dapat terkoneksi dengan gawai - merinci informasi kondisi motor - serta menerjemahkan notifikasi telepon atau sms di panel instrumen absen. Padahal ini menjadi salah satu poin utama pada All New NMax, yang tak dipunya lawan.

    Kontrol traksi dan Smart Key System pun begitu. Laju putaran roda NMax termurah masih sama seperti yang lawas. Tak ada komputasi canggih supaya sempurna. Berikut proses menyalakan mesin masih tetap menggunakan anak kunci.

    Soal peranti keselamatan. Model ini tak punya Anti-lock Braking System (ABS). Penahan laju hanya mengandalkan dua cakram dengan mekanisme konvensional. Dalam arti lain tanpa CBS (Combi-Brake System).

    Baca juga: Aksesori Resmi Yamaha NMax, Tampil Makin Keren dan Beda


    Fitur SSS


    Beruntung masih ada yang disisakan untuk varian ini. Stop Start System (SSS) misalnya, menjadi perangkat standar. Ini merupakan salah satu fitur yang tak ada pada NMax generasi lama. Perannya tentu, mengoptimalkan konsumsi bahan bakar dengan mematikan mesin saat idling. Proses menyalakan kembali pun sunyi, karena sudah menganut ACG starter.

    Selanjutnya power outlet 12V. Di laci sebelah kiri, tertera lubang listrik, namun perlu memakai adaptor lagi. Bukan soket USB. Satu yang disayangkan, tak ada penutupnya. Justru saku sebelah kanan yang tercover dengan plastik.


    Panel Instrumen


    Kalau panel instrumen, kurang lebih sama, hanya tampilannya berubah. Informasi soal kendaraan tetap lengkap, meliputi penghitung bahan bakar rata-rata, serta suhu dan pengingat usia sabuk CVT. Namun, di generasi anyar ini ada sedikit sentuhan baru, yakni handle bar switch control. Tampilan instrumen jadi lebih mudah diatur sembari berjalan.

    Lalu soal pencahayaan, headlight dan stoplamp memancarkan sinar dari LED, kecuali lampu sein. Tapi setidaknya, yang paling utama bisa memberikan kualitas penerangan lebih baik. Sekaligus tak banyak memakan daya listrik dan lebih awet. Hazard juga disediakan untuk memberi sinyal pengendara belakang, tatkala harus melakukan manuver darurat.

    Baca juga: Yamaha NMax Connected/ABS Dijual Rp 33,75 Juta, Ganggu PCX dan ADV 150


    Kelir Khusus


    Gurat sama sekali tak dibedakan. Sama seperti pembagian paket di generasi lalu. Tapi justru, varian termurah memiliki opsi kelir khusus, yakni merah. Paduan marun dan pelek hitam ini bahkan tak ada di varian tertinggi. Sementara sisanya, sama persis. Ada hitam dengan gabungan pelek bronze, biru, serta putih. Selain hal yang disebutkan, mereka sama.

    Nah, dengan dengan beda sekitar Rp 4 juta (NMax Connected ABS dijual Rp 33,750 juta) apakah model termurah ini layak Anda beli? Memang kekurangan utama adalah soal fitur Communication Control Unit. Kesannya modern dan kekinian. Tapi apakah fitur ini sudah "perlu sangat" untuk dimiliki? Jawabannya tergantung Anda.

    Berikut spesfikasi lengkap All New NMax:


    MESIN

























































    Tipe MesinLiquid cooled 4-stroke, SOHC
    Jumlah/Posisi SilinderSingle Cylinder
    Kapasitas Mesin155cc
    Diameter x Langkah58,0 mm x 58.7 mm
    Perbandingan Kompresi11.6 : 1
    Daya Maksimum11.3 kW / 8000 rpm
    Torsi Maksimum13.9Nm / 6500rpm
    Sistem StarterElectric Starter
    Sistem PelumasanBasah
    Kapasitas Oli MesinTotal – 1,00 L ; Berkala 0,90 L
    Sistem Bahan BakarFI (Fuel Injection)
    Tipe KoplingKering, Centrifugal Automatic
    Tipe TransmisiV-belt Automatic




    DIMENSI





























    P x L x T(1935 x 740 x 1160) mm
    Jarak sumbu roda1340 mm
    Jarak terendah ke tanah124 mm
    Tinggi tempat duduk765 mm
    Berat isi130 kg
    Kapasitas tangki bensin7.1 L



    RANGKA

































    Tipe RangkaUnderbone
    Suspensi DepanTeleskopik
    Suspensi BelakangUnit Swing
    Ban Depan110/70 - 13 M/C 48P
    Ban Belakang130/70 - 13 M/C 63P
    Rem DepanHydraulic Single Disc Brake
    Rem BelakangHydraulic Single Disc Brake



    KELISTRIKAN

















    Sistem pengapianTCI
    BatteryYTZ7V
    Tipe BusiNGK/CPR8EA-9

    Baca juga: Varian Yamaha All New Nmax Paling Murah, Dapat Apa Saja?

    HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN


    Artikel yang direkomendasikan untuk anda