Dalam Tempo 5 Bulan 2025, Chery Sanggup Jual Mobil 1 Juta Unit
Dalam laporan bulanan, Chery Group mencatat penjualan lebih dari 1 juta unit kendaraan dalam lima bulan pertama 2025. Bahkan hal itu didorong oleh inovasi New Energy Vehicle (NEV). Hingga akhir Mei, mereka telah membukukan 1.026.517 unit dan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 14 persen. Perkembangan ini lebih cepat dibandingkan torehan tahun lalu.
KEY TAKEAWAYS
Hingga akhir Mei, Chery Group telah membukukan penjualan 1.026.517 unit dan mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 14 persen
Chery berhasil mengekspor 100.737 unit kendaraan dan mencatatkan total ekspor sebesar 443.940 unit sepanjang tahun ini. Hal itu turut mengukuhkan posisinya sebagai eksportir mobil nomor satu di TiongkokPada bulan yang sama, Chery berhasil mengekspor 100.737 unit kendaraan dan mencatatkan total ekspor sebesar 443.940 unit sepanjang tahun ini. Hal itu turut mengukuhkan posisinya sebagai eksportir mobil nomor satu di Tiongkok. Pencapaian ini juga didorong oleh lonjakan permintaan terhadap kendaraan energi baru (NEV). Ada 63.169 unit NEV terjual pada Mei (naik 47,7 persen YoY) dan total 287.798 unit NEV terjual dalam lima bulan. Angkanya tumbuh lebih dari dua kali lipat (111,5 persen) dibandingkan 2024.
Penjualan Chery Indonesia
Adapun di Indonesia, kontribusi Chery terhadap pencapaian global ini juga sangat signifikan. Lini produk unggulan seperti Tiggo Series, C5/E5 Series, dan Chery J6 terus menunjukkan performa penjualan solid. Dimulai sejak Desember 2024 hingga April 2025, PT Chery Sales Indonesia (CSI) berhasil mempertahankan tren penjualan positif dengan penjualan di atas 1.000 unit per bulan.
Hasil positif masih terus berlanjut hingga Mei 2025, dengan mencatatkan angka penjualan 2.000 unit di tengah kondisi pasar otomotif Tanah Air yang mengalami kelesuan. Pencapaian ini tak terlepas dari dukungan ekspansi dealer yang terus bertambah di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, Chery telah melakukan 48 grand opening jaringan pemasaran secara resmi di berbagai penjuru Tanah Air.
“Chery Sales Indonesia tentunya sangat bangga dapat menjadi bagian dari pencapaian Chery secara global. Prestasi ini bukan sekadar mencerminkan komitmen kami dalam menghadirkan produk-produk unggulan. Perusahaan juga turut memberikan sinyal positif agar market tidak terlalu terpuruk melalui kontribusi penjualan dan dukungan yang kami terima. Ke depan, kami akan terus memperkuat komitmen kami dalam membawa inovasi produk sesuai karakteristik dan preferensi konsumen di Tanah Air,” ujar Rifkie Setiawan, Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia, dalam laporan penjualan.
Inovasi Produk
Secara Global, pencapaian ini tidak hanya mencerminkan kekuatan penjualan. Namun juga hasil dari strategi inovasi jangka panjang Chery yang berfokus di elektrifikasi, kecerdasan buatan (AI), solusi rendah karbon dan ekspansi global. Dengan semangat Technology-Driven, perusahaan terus memperkuat fondasi teknologi guna mendukung pertumbuhan berkelanjutan. Salah satu sorotan utama adalah teknologi hybrid unggulan Chery Super Hybrid (CSH). Diklaim menawarkan efisiensi termal hingga 46,5 persen dan performa tinggi dengan sistem DHT listrik tanpa gigi.
Inovasi ini dikenalkan secara luas dalam serangkaian acara eksklusif yaitu “Safety Night, Hybrid Night dan Intelligent Night” yang digelar pada 13 Mei 2025. Mereka menegaskan komitmen terhadap keselamatan berkendara dengan standar melampaui regulasi global. Hingga kini, 41 model Chery telah mengantongi sertifikasi keselamatan bintang 5 dari berbagai lembaga. Seperti C-NCAP (China), E-NCAP (Eropa), A-NCAP (Australia), serta uji keselamatan listrik enam dimensi. Hal ini mewujudkan filosofi: Chery Safety.
Ekspansi Global Chery
Mereka juga terus membangun ekosistem inovasi terbuka melalui kolaborasi global. Salah satu langkah penting diwujudkan melalui kemitraan strategis. Antara Laboratorium Kaiyang Chery dan Nanyang Technological University (NTU) Singapura. Mereka berfokus terhadap riset bersama kendaraan cerdas dan energi baru. Serta pengembangan inovasi teknologi terbuka di tingkat global.
Dalam lini produk Chery Super Hybrid (CSH). Mereka menawarkan Tiggo 9 CSH, Tiggo 8 CSH, Tiggo 7 CSH dan Tiggo 4 CSH. Itu dilakukan demi menjawab tuntutan green mobility kelas dunia. Di saat bersamaan, perusahaan turut meramaikan segmen komersial lewat Chery All New-HIMLA. Dirancang untuk kebutuhan keluarga, komersial dan off-road, dengan teknologi cerdas. Ada pilihan bahan bakar bensin, diesel, hingga new energy. Potensi pertumbuhan juga disasar melalui segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) untuk peluncuran berikutnya.
Lantas Chery turut menunjukkan komitmen terhadap praktik keberlanjutan melalui prinsip ESG (Environmental, Social & Governance). Mulai dari donasi kepada UNICEF untuk pendidikan anak-anak global, kerja sama dengan IUCN dalam pelestarian lingkungan. Hingga implementasi manajemen pengurangan karbon di seluruh rantai nilai.
Ekspansi global Chery juga menunjukkan langkah nyata, mulai dari menjalin kerja sama dengan diler Eropa hingga debut mengesankan teknologi CSH dalam ajang Barcelona Auto Show pada Mei lalu. Ini menandai dimulainya ekspansi di Benua Biru dalam strategi globalisasi perusahaan. Mereka telah melayani lebih dari 16,7 juta pelanggan di seluruh dunia, termasuk lebih dari 4,94 juta pengguna secara global. Mereka menatap masa depan dan bertekad menjadi pemimpin ekosistem mobilitas cerdas secara global. (Alx)
Baca Juga:
Konten Dinilai Menyudutkan, BYD Laporkan 37 Influencer ke Ranah Hukum
Fenomena Mobil Bekas 0 Km di China, Strategi Curang yang Merusak Pasar
Toyota Fortuner Hybrid 2025 Resmi Meluncur di India, Harga Tembus Rp850 Juta
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil CHERY Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil CHERY dari Carvaganza
Artikel Mobil CHERY dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test