Dodge: Kami Tidak Akan Bikin Mobil Listrik! Tapi…

dodge electric muscle car

Kalau ada pabrikan mobil yang paling tidak mungkin bikin mobil listrik (EV), Dodge adalah salah satunya. Ini dipastikan langsung oleh Dodge dengan menyatakan mereka memang tidak akan bikin mobil listrik biasa.

“Kami akan bikin muscle car listrik!” Kata Tim Kuniskis, CEO Dodge. Pernyataan yang dikeluarkan saat Stelantis EV Day kemarin (08/07). Perlu diketahui, merek yang tergabung dalam Stelantis Group (Dodge, Chrysler, Peugeot, Fiat, Citroen dan lainnya) diberikan kesempatan untuk menyuarakan rencana masing-masing.

Agak sulit dicerna memang. Dodge adalah penghasil mobil massal dengan performa brutal. Contoh, Dodge Challenger dengan mesin HEMI V8 bisa menghasilkan 807 hp. Yang lebih kalem, Charger dengan empat pintu menghasilkan 797 hp. Semua mobil mereka didesain untuk bisa melakukan burn out, mengasapi supercar Eropa dan menyuarakan performa melalui suara yang aduhai.

dodge electric car

Nah, soal mobil berotot tenaga setrum, Kunikis dalam rilis videonya menegaskan, “Konsumen Dodge membeli pengalaman bukan teknologi.” Tapi di sisi lain, ia juga mengakui kalau konsumen terbesar Dodge salah satunya berasal dari kalangan milenial. Generasi yang paling bisa menghasilkan dan menyalurkan uang. Galau, milenial memiliki daya beli yang cukup kuat sekaligus melek teknologi dan sangat terbuka terhadap EV.

Dari internal pabrikan Detroit ini juga mengaku mesin-mesin pembakaran dalam mereka sudah hampir mentok untuk dikembangkan. Jalan tengah untuk mengakomodir hal tersebut mereka akan melahirkan muscle car elektrik dengan performa khas Dodge. Tentunya, untuk penggerak listrik hal itu bukan susah. Seperti yang juga diungkap di video presentasi, “Kami melakukan ini atas nama performa.”

Baca Juga: Sedan Retro Opel Manta Bangkit Kembali Jadi Mobil Listrik

dodge electric car

Video teaser muscle car electric, atau eMuscle mereka menyebutnya, sudah dikeluarkan dan tidak mengungkap apa-apa selain gerak empat roda. Kemungkinan besar akan punya dua dinamo penggerak. Satu di depan lainnya di belakang. Siluet bentuknya sangat samar, tapi bisa terlihat kalau ada pengaruh Dodge Challenger di situ.

Tampak di bagian samping yang menunjukkan bagaimana garis atapnya mengalir dari depan ke belakang. Kap mesin dengan lekukan bersudut besar dan lubang hawa di kap mesin plus, lampu belakang dengan pahatan. Lampu LED yang menandai tiga perempat grille memberikan penegasan kalau bentuk mobil ini diinspirasi oleh Dodge Challenger generasi pertama.

https://youtu.be/l7Bp730y53o

Bentuk aslinya kita tunggu saja. Yang pasti, Tesla Model S versi Plaid yang diklaim sebagai mobil listrik masal paling berperforma harus waspada. (Ind/Odi)

Baca Juga: Klein Vision Berhasil Uji Coba Mobil Terbang Antarkota

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang