GIIAS 2021: Fuso Bergerak Menuju Digitalisasi dan Elektrifikasi

Fuso di GIIAS 2021

PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) juga mengambil langkah adaptif untuk menjamin tempat teratas sebagai pemimpin pasar kendaraan niaga Indonesia. Jauh sebelum pandemi, Mitsubishi Fuso telah mengaplikasikan sistem digital telematik bersama Runner pada 2017. Alat ini berguna bagi konsumen Fuso mengatur armada kendaraannya selama pandemi yang membatasi mobilitas.

Runner dilengkapi GPS dan engine starter kill yang memungkinkan untuk memantau kondisi kendaraan seperti lokasi, sisa bahan bakar dan tekanan ban dari jarak jauh.

"Semua truk Fuso yang dijual sejak 2017 menggunakan Runner dan saat ini sudah 144.000 unit truk yang menggunakan Runner ada di jalanan Indonesia. Untuk melengkapi fitur, beberapa waktu lalu kami menghadirkan aplikasi Runner Driver yang dibuat khusus untuk pengemudi truk untuk memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku mengemudi dan laporan kinerja," ucap Naoya Takai, President Director PT KTB dalam sambutannya di pembukaan booth Mitsubishi Fuso di GIIAS 2021, ICE, BSD, Kamis (11/11).

Langkah kedua dalam merangkul ekosistem digital yang dilakukan Mitsubishi Fuso adalah bekerja sama dengan marketplace Tokopedia dan Monotaro untuk menjual truk secara online. Ide yang sebenarnya cukup unik ini ternyata menghasilkan dengan angka penjualan mencapai 1.000 unit truk Fuso sejak diluncurkan pada 2020 di Tokopedia. Pada pameran GIIAS, Mitsubishi Fuso menyediakan kemudahan pembelian melalui kedua marketplace itu.

Fuso

 

Strategi Pertahankan Posisi Pemimpin Pasar

Selain digitalisasi, Fuso juga menghadirkan produk New Mining Spec. Ini menjawab kebutuhan pasar Fuso yang sebagian besar berasal dari pertambangan. Unit truk terbaru ini mendapatkan tambahan OEM Power Take Off (PTO), Radiator Guard dan Rotary lamp untuk memenuhi kebutuhan di area tambang.

Di dunia kendaraan niaga Indonesia, saat ini tengah mempersiapkan diri untuk beralih ke spesifikasi Euro 4 dari Euro 2. Mitsubishi Fuso menerima perubahan ini dengan menawarkan teknologi common rail miliknya dan yakin diterima pasar berkat dukungan 220 diler di seluruh Indonesia.

 

Elektrifikasi

Pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir serius fokus pada kendaraan listrik. Hartmut Schick, Head of DTA, President and CEO of MFTBC, dalam video sambutannya menjelaskan mengenai strategi kendaraan listrik Mitsubishi Fuso di Indonesia. Menurutnya, dunia saat ini harus berubah untuk menuju pada jalan keluar mobilitas nol emisi yakni kendaraan listrik. Fuso memiliki generasi terbaru EV dan mengikuti target global Daimler untuk target emisi pada 2039.

“Kami adalah perusahaan pertama yang serius dalam mengembangkan truk listrik dalam wujud e-Canter. Kami sudah sukses memperkenalkan produk listrik ini di Amerika, Australia, Eropa dan pada akhir tahun ini kami menargetkan 300 e-Canter akan didistribusikan ke berbagai konsumen,” ucap Schick.

Truk listrik e-Canter pertama kali hadir pada 2016 dan unit pertama dikirimkan pada 2017. Fuso telah mempercepat transportasi elektrifikasi dan nol emisi di industri kendaraan komersial.

Untuk Indonesia, karena melihat keinginan pemerintah serius menekuni kendaraan listrik Mitsubishi Fuso turut mendukung langkah yang diambil. Salah satunya dengan mempercepat studi kelayakan e-Canter di Indonesia. “Saya harap ini akan segera terealisasi di masa depan dalam waktu dekat,” ucap Schick. (Sta/Odi)

 

Baca Juga: Pengalaman Mesin Commonrail 10 Tahun, Isuzu Sangat Siap Memasuki Standar Euro 4

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Truk Mitsubishi Unggulan

Artikel Truk Mitsubishi dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam Selama Libur Lebaran
    Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam Selama Libur Lebaran
    Zenuar Yoga . 05 Apr, 2024
  • Mitsubishi Fuso Resmikan Diler ke-223 di Lampung
    Mitsubishi Fuso Resmikan Diler ke-223 di Lampung
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Masih Pelajari Segmen Big Bus, KTB Fuso Konsentrasi Jualan Mikro Bus
    Masih Pelajari Segmen Big Bus, KTB Fuso Konsentrasi Jualan Mikro Bus
    Anjar Leksana . 18 Mar, 2024
  • Meski Penjualan Menurun, KTB Fuso Tetap Jadi Market Leader di Indonesia
    Meski Penjualan Menurun, KTB Fuso Tetap Jadi Market Leader di Indonesia
    Zenuar Yoga . 15 Mar, 2024
  • KTB Mempertimbangkan Sistem Sewa untuk Truk Listrik Fuso eCanter
    KTB Mempertimbangkan Sistem Sewa untuk Truk Listrik Fuso eCanter
    Anjar Leksana . 09 Mar, 2024
  • Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
    Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
    Ivan Hermawan . 05 Des, 2020
  • First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
    First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
    Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
    Anjar Leksana . 30 Mar, 2022
  • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
    First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
    Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019
  • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
    First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
    Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019