GIIAS 2021: Hino dan Tentrem Kolaborasi Ciptakan Bus R260 'Baru'

bus tentrem

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) ambil bagian dalam pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Di gelaran kali ini, mereka tidak meluncurkan produk baru, namun mengenalkan bus hasil kolaborasi dengan karoseri Tentrem.

Presiden Direktur PT HMSI, Masato Uchida menjelaskan bus dengan bodi terbaru ini siap berkontribusi untuk transportasi di Indonesia. Tak cuma perjalanan antar kota saja, melainkan andal digunakan sebagai akomodasi pariwisata. "Hino Bus R260 hadir di GIIAS dengan body terbaru hasil karya karoseri Tentrem menggunakan body Aluminium yang lebih ringan," katanya.

Tak cuma itu, generasi terbaru Avante H7 AB kedapatan teknologi fungsional. Berupa kamera 360 yang mempermudah pengemudi untuk bermanuver. Salah satu pertimbangan mengenalkan bus terbaru ini berdasarkan situasi dan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia yang perlahan membaik. Dengan keadaan new normal, kegiatan bepergian bisa jadi lebih mudah dan nyaman. Nah, harapan Hino di tahun depan bisnis transportasi bisa makin tumbuh dan berkembang.

Hino tentrem

 

Usung Mesin J083 Bertenaga 260 PS

Bicara spesifikasi, Hino R260 dibekali jantung pacu 7.684 cc, 4-silinder, turbocharger, dan intercooler yang sanggup memuntahkan tenaga maksimal sampai 260 PS pada 2.500 rpm. Sementara torsinya mencapai 745 Nm sejak puntiran 1.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi 6-percepatan.

Bagian sasis didesain kompak agar menghasilkan kelincahan dan stabilitas yang tinggi. Kontruksi ini juga memungkinan ruang bagasi lebih lapang. Secara total, bus ini punya berat sampai 14.200 kilogram.

Sementara untuk bagian peredam kejut, bus R260 hasil kolaborasi dengan Karoseri Tentrem ini menggunakan suspensi depan tipe Rigid Axle dengan Pegas Daun Semi Elliptic dan Rigid Axle dengan Pegas Daun Tapper di bagian belakang.

Bagi Anda yang ingin melihat fisik Bus R250 Hino x Tentrem bisa mengunjungi Hall 7E, ICE, BSD, Tangerang Selatan sampai 21 November 2021. Namun sayangnya pihak Hino belum menginformasikan harganya atau memberi keterangan bakal dilepas ke publik.

 

Absennya Perusahaan Karoseri di GIIAS 2021

Yap, gelaran GIIAS tahun ini memang sedikit berbeda jika dibandingkan saat 2019 lalu. Boleh dibilang tak sebanyak sebelum adanya pandemi COVID-19, hal tersebut dikarenakan absennya beberapa karoseri pembuat body bus.

Kendati demikian, menurut Direktur Seven Events, Romi diharapkan pada gelaran GIIAS tahun depan akan lebih banyak peserta karoseri yang ikut berpartisipasi. Jadi jangan heran jika Anda datang ke lantai GIIAS tak akan menemu booth perusahaan karoseri besar seperti Adiputro, Laksana, Tentrem, dan yang lainnya.

"Memang ada yang kondisinya belum baik untuk masing-masing perusahaan, ada yang masih belum berani untuk berpartisipasi dengan kondisi seperti sekarang ini," kata Romi, beberapa waktu lalu. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: GIIAS 2021 Resmi Dibuka Menko Perekonomian, Diharapkan Mendorong Kebangkitan Otomotif Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Truk Unggulan