Maxus G50: MPV Boxy yang Siap Bersaing dengan Toyota Zenix dan Nissan Serena
Maxus G50 bisa jadi kejutan besar dalam dunia MPV jika benar-benar masuk ke Indonesia lewat MG Motor. Dalam kunjungan ke Shanghai, Oto.com berkesempatan melihat langsung mobil ini, yang sedang dipertimbangkan untuk bergabung dengan lini produk MG Motor Indonesia. Meski belum ada keputusan pasti, peluangnya tetap terbuka, seperti halnya MG S5 EV dan All-New MG ZS yang masih dalam tahap studi.
MPV ini merupakan versi Internal Combustion Engine (ICE) dari Mifa 5, berada di bawah Mifa 7 dan G70 dalam hierarki produk. Walaupun sudah hadir sejak 2019 dan menjadi model ekspor dengan nama MG G50 atau G50 Plus, model terbaru ini hadir dengan berbagai pembaruan. Mengikuti jejak Mifa 5 yang sudah eksis sejak 2023, Maxus G50 menawarkan dua pilihan mesin: 1,5-liter turbo dan plug-in hybrid (PHEV).
Dimensi Gambot yang Siap Bersaing
Dari segi ukuran, Maxus G50 cukup besar, dengan panjang 4.825 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.800 mm. Angka ini lebih besar dibandingkan Nissan Serena e-Power (4.765 x 1.715 x 1.885 mm) dan Toyota Kijang Innova Zenix (4.760 x 1.850 x 1.790 mm). Namun, ada satu hal yang cukup mengejutkan—MPV ini tidak memiliki pintu geser, melainkan tetap menggunakan pintu model konvensional. Ini bisa menjadi faktor minus dalam hal kepraktisan akses keluar-masuk bagi penumpang belakang, terutama bagi yang terbiasa dengan sliding door di MPV keluarga.
Kabinnya Luas dan Akomodatif
Tapi jangan salah, meski tanpa pintu geser, ruang kabin Maxus G50 sangat lega. Konfigurasi tempat duduk bisa disesuaikan antara 7-seater atau 8-seater, memberikan fleksibilitas bagi pengguna. Kapasitas bagasi mencapai 406 liter tanpa melipat kursi baris ketiga—cukup untuk membawa koper besar 28 inci dan dua koper 20 inci sekaligus. Jika masih butuh ruang tambahan, kursi belakang bisa dilipat rata untuk memperluas area penyimpanan.
Fitur Keluarga yang Berlimpah
Sebagai mobil keluarga, Maxus G50 menawarkan berbagai kenyamanan dan teknologi modern. Di antaranya:
- Dua layar monitor 12,3 inci yang terintegrasi untuk hiburan dan informasi kendaraan.
- Kamera 360 derajat untuk pandangan menyeluruh saat parkir dan berkendara di ruang sempit.
- AC dengan air purifier, memastikan kualitas udara tetap bersih dan nyaman di dalam kabin.
- Sistem keselamatan modern seperti Adaptive Cruise Control, Autonomous Emergency Brake, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, 7 airbag, TPMS, dan ISOFIX di baris kedua serta ketiga.
Dua Opsi Mesin, Mana yang Cocok untuk Indonesia?
Maxus G50 hadir dalam dua pilihan mesin yang menawarkan pengalaman berkendara berbeda:
- Varian Gasoline menggunakan mesin 1,5-liter turbo dengan tenaga 178 hp dan torsi 285 Nm, dipadukan dengan transmisi DCT 7-percepatan.
- Varian PHEV lebih menarik dalam hal efisiensi bahan bakar. Mesin bensin 1,5-liter menghasilkan 96 hp dan 130 Nm, dikombinasikan dengan baterai 18,6 kWh serta motor listrik 214 hp dan 280 Nm. Mode listriknya mampu menempuh jarak 85 km sebelum beralih ke mesin konvensional. Konsumsi bahan bakarnya cukup impresif, sekitar 18,5 km/liter.
Harga Menarik untuk Plug-in Hybrid
Saat pertama kali meluncur di China, Maxus G50 PHEV ditawarkan dengan harga hanya 152.800 yuan atau sekitar Rp345 jutaan. Ini adalah angka yang sangat kompetitif untuk sebuah MPV hybrid dengan fitur lengkap. Jika harga ini bisa dipertahankan di Indonesia, MPV ini berpotensi menjadi ancaman serius bagi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Nissan Serena e-Power.
MG Motor Indonesia masih dalam tahap kajian apakah Maxus G50 akan masuk ke pasar Tanah Air. Namun, melihat harga yang kompetitif, fitur berlimpah, serta efisiensi tinggi dari varian PHEV, Maxus G50 bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia yang mencari MPV keluarga modern dengan teknologi canggih dan ruang kabin luas. (Odi)
Baca Juga: Menanti All-New MG ZS HEV, SUV Hybrid yang Siap Mengaspal di Indonesia
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil MG Unggulan
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Mobil MG dari Carvaganza
Artikel Mobil MG dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test