Maxus G50: MPV Boxy yang Siap Bersaing dengan Toyota Zenix dan Nissan Serena

Maxus G50 1,5T

Maxus G50 bisa jadi kejutan besar dalam dunia MPV jika benar-benar masuk ke Indonesia lewat MG Motor. Dalam kunjungan ke Shanghai, Oto.com berkesempatan melihat langsung mobil ini, yang sedang dipertimbangkan untuk bergabung dengan lini produk MG Motor Indonesia. Meski belum ada keputusan pasti, peluangnya tetap terbuka, seperti halnya MG S5 EV dan All-New MG ZS yang masih dalam tahap studi.

MPV ini merupakan versi Internal Combustion Engine (ICE) dari Mifa 5, berada di bawah Mifa 7 dan G70 dalam hierarki produk. Walaupun sudah hadir sejak 2019 dan menjadi model ekspor dengan nama MG G50 atau G50 Plus, model terbaru ini hadir dengan berbagai pembaruan. Mengikuti jejak Mifa 5 yang sudah eksis sejak 2023, Maxus G50 menawarkan dua pilihan mesin: 1,5-liter turbo dan plug-in hybrid (PHEV).

Dimensi Gambot yang Siap Bersaing

Maxus G50 PHEV

Dari segi ukuran, Maxus G50 cukup besar, dengan panjang 4.825 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.800 mm. Angka ini lebih besar dibandingkan Nissan Serena e-Power (4.765 x 1.715 x 1.885 mm) dan Toyota Kijang Innova Zenix (4.760 x 1.850 x 1.790 mm). Namun, ada satu hal yang cukup mengejutkan—MPV ini tidak memiliki pintu geser, melainkan tetap menggunakan pintu model konvensional. Ini bisa menjadi faktor minus dalam hal kepraktisan akses keluar-masuk bagi penumpang belakang, terutama bagi yang terbiasa dengan sliding door di MPV keluarga.

Kabinnya Luas dan Akomodatif

Maxus G50 PHEV

Tapi jangan salah, meski tanpa pintu geser, ruang kabin Maxus G50 sangat lega. Konfigurasi tempat duduk bisa disesuaikan antara 7-seater atau 8-seater, memberikan fleksibilitas bagi pengguna. Kapasitas bagasi mencapai 406 liter tanpa melipat kursi baris ketiga—cukup untuk membawa koper besar 28 inci dan dua koper 20 inci sekaligus. Jika masih butuh ruang tambahan, kursi belakang bisa dilipat rata untuk memperluas area penyimpanan.

Fitur Keluarga yang Berlimpah

Maxus G50 1,5T

Sebagai mobil keluarga, Maxus G50 menawarkan berbagai kenyamanan dan teknologi modern. Di antaranya:

  • Dua layar monitor 12,3 inci yang terintegrasi untuk hiburan dan informasi kendaraan.
  • Kamera 360 derajat untuk pandangan menyeluruh saat parkir dan berkendara di ruang sempit.
  • AC dengan air purifier, memastikan kualitas udara tetap bersih dan nyaman di dalam kabin.
  • Sistem keselamatan modern seperti Adaptive Cruise Control, Autonomous Emergency Brake, Lane Keep Assist, Lane Departure Warning, 7 airbag, TPMS, dan ISOFIX di baris kedua serta ketiga.

Dua Opsi Mesin, Mana yang Cocok untuk Indonesia?

Maxus G50 1,5T

Maxus G50 hadir dalam dua pilihan mesin yang menawarkan pengalaman berkendara berbeda:

  • Varian Gasoline menggunakan mesin 1,5-liter turbo dengan tenaga 178 hp dan torsi 285 Nm, dipadukan dengan transmisi DCT 7-percepatan.
  • Varian PHEV lebih menarik dalam hal efisiensi bahan bakar. Mesin bensin 1,5-liter menghasilkan 96 hp dan 130 Nm, dikombinasikan dengan baterai 18,6 kWh serta motor listrik 214 hp dan 280 Nm. Mode listriknya mampu menempuh jarak 85 km sebelum beralih ke mesin konvensional. Konsumsi bahan bakarnya cukup impresif, sekitar 18,5 km/liter.

Harga Menarik untuk Plug-in Hybrid

Maxus G50 PHEV

Saat pertama kali meluncur di China, Maxus G50 PHEV ditawarkan dengan harga hanya 152.800 yuan atau sekitar Rp345 jutaan. Ini adalah angka yang sangat kompetitif untuk sebuah MPV hybrid dengan fitur lengkap. Jika harga ini bisa dipertahankan di Indonesia, MPV ini berpotensi menjadi ancaman serius bagi Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Nissan Serena e-Power.

MG Motor Indonesia masih dalam tahap kajian apakah Maxus G50 akan masuk ke pasar Tanah Air. Namun, melihat harga yang kompetitif, fitur berlimpah, serta efisiensi tinggi dari varian PHEV, Maxus G50 bisa menjadi pilihan menarik bagi konsumen Indonesia yang mencari MPV keluarga modern dengan teknologi canggih dan ruang kabin luas. (Odi)

Baca Juga: Menanti All-New MG ZS HEV, SUV Hybrid yang Siap Mengaspal di Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil MG Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil MG dari Carvaganza

  • FIRST DRIVE: Jajal Teknologi Hybrid+ Milik MG ZS HEV 2025, Tahun Ini Meluncur di Indonesia
    FIRST DRIVE: Jajal Teknologi Hybrid+ Milik MG ZS HEV 2025, Tahun Ini Meluncur di Indonesia
    Anindiyo Pradhono . 02 Mei, 2025
  • PEVS 2025: MG Gelar Program 123, Ada Promo Cicilan dan Garansi Panjang
    PEVS 2025: MG Gelar Program 123, Ada Promo Cicilan dan Garansi Panjang
    Muhammad Hafid . 02 Mei, 2025
  • PEVS 2025: MG Pajang Line Up EV Lengkap Rayakan Hari Bumi
    PEVS 2025: MG Pajang Line Up EV Lengkap Rayakan Hari Bumi
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • LAPORAN EKSKLUSIF: MG S5 EV Siap Dibawa ke Indonesia, Begini Spesifikasi, Fitur, dan Harganya
    LAPORAN EKSKLUSIF: MG S5 EV Siap Dibawa ke Indonesia, Begini Spesifikasi, Fitur, dan Harganya
    Anindiyo Pradhono . 28 Apr, 2025
  • MG Motor Siap Ekspansi Global Dengan 17 Model Baru
    MG Motor Siap Ekspansi Global Dengan 17 Model Baru
    Anindiyo Pradhono . 24 Apr, 2025

Artikel Mobil MG dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Maxus G50, Senjata MG Melawan Toyota Zenix dan Nissan Serena
    Maxus G50, Senjata MG Melawan Toyota Zenix dan Nissan Serena
    Anindiyo Pradhono . 05 Mei, 2025
  • MG Motor Indonesia Tawarkan Program Promo MG123 di PEVS 2025
    MG Motor Indonesia Tawarkan Program Promo MG123 di PEVS 2025
    Muhammad Hafid . 01 Mei, 2025
  • MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    Muhammad Hafid . 30 Apr, 2025
  • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Alvando Noya . Hari ini
  • Opsi SUV Hybrid Bujet Tak Sampai Rp400 Juta!
    Opsi SUV Hybrid Bujet Tak Sampai Rp400 Juta!
    Alvando Noya . 05 Mei, 2025
  • MG ZS EV, SUV Listrik dengan Teknologi Canggih dan Harga Kompetitif
    MG ZS EV, SUV Listrik dengan Teknologi Canggih dan Harga Kompetitif
    Alvando Noya . 05 Mei, 2025
  • Pertimbangan Sebelum Beli MG 4 EV, Cek Biaya Servis dan Penggunaan Listriknya
    Pertimbangan Sebelum Beli MG 4 EV, Cek Biaya Servis dan Penggunaan Listriknya
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • Pilihan Mobil Listrik Murah dengan Kemampuan Jarak Tempuh 300 Km
    Pilihan Mobil Listrik Murah dengan Kemampuan Jarak Tempuh 300 Km
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2025
  • First Drive MG4 EV: Punya Potensi Kalau Jadi Masuk Indonesia
    First Drive MG4 EV: Punya Potensi Kalau Jadi Masuk Indonesia
    Muhammad Hafid . 06 Des, 2022
  • First Drive MG ZS EV Facelift: Perjalanan Jakarta - Surabaya Cuma Modal Rp300 Ribuan!
    First Drive MG ZS EV Facelift: Perjalanan Jakarta - Surabaya Cuma Modal Rp300 Ribuan!
    Alvando Noya . 15 Sep, 2022
  • First Drive MG 5 GT Magnify: Mencoba Gairahkan Kembali Pasar Sedan Kecil
    First Drive MG 5 GT Magnify: Mencoba Gairahkan Kembali Pasar Sedan Kecil
    Setyo Adi Nugroho . 27 Jun, 2022
  • First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern
    First Drive MG HS Magnify i-Smart: Semakin Memikat dengan Susuk Teknologi dan Konektivitas Modern
    Ahmad Karim . 27 Mei, 2021
  • First Drive MG ZS EV: Rasa Asing di Balik Lenggokan yang Familiar
    First Drive MG ZS EV: Rasa Asing di Balik Lenggokan yang Familiar
    Ahmad Karim . 24 Apr, 2021