MEXICO CITY – Mazda mengumumkan rencana peluncuran Mazda3 hatchback turbo di Amerika Serikat. Mereka umumkan lewat sosial media bahwa tanggal pengenalan adalah hari ini, 8 Juli 2020. Namun ternyata tetangganya, Meksiko, duluan meluncurkan spesies itu. Kini terkuak sudah seperti apa detail sang hatchback turbo lewat kanal YouTube Mazda Mexico.
Bukan facelift, tapi menambah varian. Aktor utamanya adalah pemacu daya di balik bonnet. Jantung empat silinder Skyactiv-G 2,5 liter turbo, serupa Mazda6 atau CX-9, menjadi senjata baru sang hatchback. Kendati begitu, detail spesifikasi di Meksiko menunjukkan angka di bawah ekspektasi sebelumnya. Tidak sebesar CX-9 di AS yang membuncahkan tenaga 250 hp dibarengi torsi puncak 420 Nm.
Mesin yang digunakan termasuk performanya sesuai spek CX-9 di pasar Meksiko. Ekstraksi tenaga diklaim sebesar 227 hp, dibarengi momen puntir 420 Nm. Tak masalah, tetap saja menunjukkan rumus mobil menyenangkan: mesin besar di tubuh kompak. Melonjak signifikan dari figur 186 hp milik pemacu daya 2,5 liter N/A pada base model di luaran sana. Bikin ngiler karena kita harus puas dengan pilihan mesin 2,0 liter bertenaga 153 hp.
Baca Juga: Mazda3 Sukses Raih Titel World Car Design of The Year 2020
Tampilan Kalem
Secara tampilan tak ada ubahan. Desain versi ini tidak ada utak-atik demi memperlihatkan jika memiliki performa tinggi. Kalem, tidak seperti eksekusi pabrikan lain, misal VW Golf GTI atau Honda Civic Type-R. Dari komposisi drivetrain saja tidak menunjukkan hal itu. Mazda3 turbo dibekali opsi transmisi otomatis enam percepatan, menyalurkan tenaga ke empat roda. Terkesan dewasa. Pengoperasian manual dengan tiga pedal tampaknya absen dari pertimbangan final Mazda.
Juga secara tampilan, Mazdaspeed3 jelas bukan panutannya, tidak terlahir sebagai hot-hatch murni. Lenggokan anggun nan mewah sebagai aplikasi bahasa desain Kodo tidak diotak-atik jadi bernuansa balap. Kurang lebih menyerupai model standar, disudahi ragam fitur berkelas. Meliputi lampu LED otomatis, sepatu 18 inci hingga penempatan sunroof.
Baca Juga: Mazda3 Hatchback Terjun Balap Touring Car
Kelengkapan Interior
Soal interior tak perlu banyak komentar. Mazda menyematkan fitur komplet. Sarana hiburan touchscreen jangan ditanya lagi, sudah disuntik konektivitas Android Auto dan Apple Carplay. Telinga pun dimanja oleh 12 speaker dari Bose. Di sisi keselamatan, Mazda3 turbo sudah dibekali 7 airbag, kamera dan sensor mundur, blind-spot monitor, dan lainnya.
Model ini memang menawarkan jantung mekanis yang yahud. Tapi untuk mesin lebih kuat tentu ada harga yang perlu dibayarkan. Di Meksiko, Mazda3 Turbo dipasarkan dalam dua varian: Grand Touring dan Signature. Grand Touring sendiri dibanderol 489,9 ribu Peso, setara Rp 319 juta, selisih Rp 39 jutaan dari GT non turbo. Sementara itu, Signature menjadi varian termahal dengan label 529,9 ribu Peso (Rp 345 jutaan). Kalau masuk Indonesia jadi berapa ya? Secara harga dasarnya saja sudah menyentuh Rp 508,8 juta. (Krm/Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.