Mitsubishi Indonesia (MMKSI) meluncurkan Destinator di Indonesia dan menjadi debut global. Tes jalan pun sudah dilakukan lama di sini. Model tiga baris terbaru ini dirancang guna memenuhi kebutuhan keluarga modern untuk bertualang bersama. Mengusung konfigurasi 7-seater, desain tangguh khas Dynamic Shield dan sederet fitur menjadi daya tawar. Untuk harga belum tersedia, rencana diumumkan di GIIAS 2025 mendatang.
“Kami menciptakan Mitsubishi Destinator sebagai kendaraan keluarga 7-seater. Mobil ini menggunakan Mesin MIVEC yang bertenaga. Ia memiliki banyak mode berkendara yang menjadikannya memiliki kemampuan off-road seperti SUV sejati. Kami membagikan semangat di balik desain ini. Di dalamnya juga modern. Kami turut membawa Yamaha Dynamic Sound, ambient light, panoramic sunroof,” terang Masahiro Ito, Chief Product Specialist Mitsubishi Motors.
Performa Enjin 1.5L Turbo
Enjin Mitsubishi Destinator menggunakan MIVEC berkode 4B40 dan berkapasitas 1,5 liter turbo bensin. Ya, mesin sebuah mesin yang juga digunakan oleh Eclipse Cross (sudah diskontinu). Berdasar spesifikasi pabrikan. Lontaran daya maksimal yang dihasilkan 150 kW (163 PS) pada 5.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm sejak 1.800 rpm hingga 4.500 rpm. Sebagai penyaluran tenaga, pakai transmisi CVT delapan percepatan.
Dimensi Destinator
Untuk dimensi, Destinator memiliki panjang 4.680 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.780 mm dan jarak sumbu roda 2.815 mm guna memberikan kabin ekstra lapang. Ia cocok dipakai sebagai mobilitas keluarga karena format tempat duduk. Kemudian kegiatan bertualang bareng pun ditunjang ground clearance 244 mm (tanpa penutup bawah). Sehingga pengemudi semakin percaya diri dengan berbagai kondisi jalan di Indonesia yang dikenal memiliki berbagai macam jenis relief. Untuk roda menggunakan pelek 18 inci dual tone berikut profil ban 225/55 mm.
Destinator datang sebagai jawaban Mitsubishi atas permintaan pasar terhadap SUV berkapasitas besar namun tetap praktis digunakan harian. Karakter desainnya mengusung DNA robust & sporty khas pabrikan berlogo tiga berlian. Kemudian berpadu dengan sentuhan modern melalui penerapan DRL tajam, lampu LED, gril besar, garis fender, bumper berotot. Semua memberikan kesan gagah sebagai SUV 7-seater.
Rancangan Eksterior
Jujur kalau dipandang agak mirip dengan visual X-force. Namun punya format lebih panjang. Kendaraan mengusung gaya desain kuat. Gravitas digambarkan dalam proporsi yang menggabungkan kelapangan kabin hingga baris ketiga. Serta perawakan SUV kokoh berbadan besar. Area depan tampak tegas dengan seluruh pilar berwarna hitam, layaknya melindungi dengan desain kaca melengkung. Bagian belakang pun berdesain sama.
Format itu, kata Mitsubishi, mewakilkan tarikan garis-garis penuh energi dan gerak. Penggunaan pelek berdiameter besar dan jarak pijak ke tanah yang tinggi. Turut memberikan kesan kemampuan manuver baik sebagai sebuah SUV. Fender depan dan belakang menonjol, menghadirkan garis bodi atletis nan kuat.
Bahasa desain khas Dynamic Shield masih melekat, digunakan untuk mengekspresikan performa dan perlindungan. Kisi-kisi depan berbentuk tiga dimensi dengan honeycomb menutup bagian depan kendaraan. Bemper berukuran besar, dari sisi kiri ke kanan, layaknya melindungi dan memberikan kesan premium. Headlamp dan stoplamp sudah menggunakan teknologi LED, dengan bentuk T ikonik di bagian belakang.
Tatanan Kabin
Ketika Anda menengok interior, Mitsubishi pun sudah menampilkan ruang kabin lapang Destinator dengan sentuhan berkelas. Panel instrumen menggunakan material lembut, door trim berdesain dinamis, menghasilkan kesan ruang terbuka. Ada sunroof guna menghadirkan kesan interior jembar, sesuatu yang selalu diperhatikan oleh Mitsubishi. Meter clusternya canggih, menggunakan LCD digital 8 inci. Termasuk kehadiran layar utama di tengah dasbor sebesar 12,3 inci. Tertanam beragam kemampuan termasuk navigasi dan informasi lain untuk membantu sepanjang perjalanan. Sudah tersedia Android Auto dan Apple CarPlay.
Terkait mode berkendara, Mitsubishi Destinator menawarkan lima pilihan gaya. Ada Normal, Sand dan Mud. Kemudian mode Wet guna meluncur di jalan yang tergenang air hujan. Terpasang pula mode Tarmac untuk bermanuver di jalan aspal berkelok. Walau ditawarkan dengan penggerak roda depan. MMKSI mengklaim ia mampu melewati berbagai kondisi cuaca.
Mitsubishi Diamond Sense (ADAS)
Destinator trim tertinggi dipasang perangkat ADAS atau Diamond Sense. Jadi bakal ditemani mono camera, sensor radar di depan maupun belakang. Kemudian ultrasonic parking sensor, memungkinkan beragam fitur teknologi itu bekerja secara baik. Kalau dibedah lebih perinci, gabungan fitur itu terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC) with low speed follow.
Lalu terpasang Automatic High Beam (AHB), Forward Collision Mitigation (FCM), Lead Car Departure Notification System (LCDN). Kemudian Blind Spot Assist (BSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Auto Headlight, Auto Rain Sensor, juga rear camera. Selain itu, ia dibekali 6 airbag guna memberi perlindungan lebih. (ALX)
Baca Juga:
Kemenperin Desak Toyota, Suzuki dan Daihatsu Tahan Harga Mobil serta Tak Lakukan PHK
Indomobil Bawa Hongqi ke Indonesia, Mobil Dinas Pejabat Cina Siap Masuki Segmen Premium
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.