Motor Legendaris Honda GL Masih Eksis di Tiongkok

Wuyang Honda CG 125

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda Motor di Tiongkok masih produksi motor laki mirip GL Series

    Namanya CG125 dan tetap mempertahankan nuansa retro era 2000-an
  • Ditenagai mesin injeksi 125 cc

    Dengan daya 9,92 PS di dan torsi 9,5 Nm memang cocok untuk mengejar efisiensi
  • Wuyang Honda meluncurkan CG125 khusus pasar Tiongkok. Kalau Anda lihat dari tampilan, mengingatkan kita pada motor sport GL series yang sempat dijual di Indonesia hingga era 2000an. Dan semangat sang legenda ini masih hidup di sana. Perusahaan afiliasi pembuat sepeda Jepang - Cina ini merilis dengan banderol terjangkau, yakni 7.480 yen. Atau sekitar Rp16,8 jutaan untuk akomodasi berkendara harian.

    Wuyang Honda CG 125

    Varian edisi khusus datang dengan skema warna putih dan biru yang tampak retro. Mirip dari paduan kelir Honda H'Ness CB350 di pasar Amerika Serikat. CG 125 diberi logo sayap Honda bersama lambang Wuyang Honda 3D di samping tangki bensin. Ia mempertahankan desain klasik, struktur tubuh mengikuti elemen dasar dari British Cafe Racer. Jok retro bergaya bantal mengembang, garis-garis bodi melanjutkan gaya motor klasik. Instrumen meter cluster sepenuhnya mempertahankan bentuk asli dari model lawas. Semuanya pakai jarum analog.

    Wuyang Honda CG 125

    Lampu utama tetap mengotak, ditemani sepasang sein kuning di sampingnya. Suspensi dan roda-roda dilapis cat hitam guna meningkatkan aura klasik khas GL series. Namanya juga ingin mempertahankan gaya jadi. Motor hanya menggunakan sistem pengereman pakai tromol. Baik di depan maupun di belakang. Terus lampu ekor pun sama, berbentuk persegi panjang berikut rumah sein.

    Baca Juga: Honda Monkey x One Piece Limited Edition, Hanya 300 Unit

     

    Wuyang Honda CG 125

    Secara mekanis, CG125 Special sama dengan model standar. Motor dipersenjatai oleh mesin injeksi sebagai pengabutan bahan bakar. Kubikasinya 125 cc berikut pendingin udara. Buncahan piston tunggal menghasilkan tenaga maksimal 9,92 PS di 8.500 rpm dan torsi puncak 9,5 Nm di 7.500 rpm. Tidak berlebihan untuk sekelas motor ini. Nah, Wuyang Honda mengklaim angka efisiensi asupan bensin tembus 55,55 km/liter. Catatan yang tidak terlalu buruk buat sepeda komuter harian. Sedangkan kapasitas tangki mencapai 13,3 liter. Cukup buat berkelana jauh.

    Wuyang Honda CG 125

    Mungkin ada pertanyaan, akankah produk semacam ini masuk pasar Indonesia? Jelas segmentasi marketnya berbeda. Kemudian pendekatan marketing di tiap negara tak bisa disamakan. Namun, bagi Anda pecinta motor lawas atau pehobi restorasi, CG125 Spesial bisa dijadikan inspirasi modifikasi. Misal dengan menggunakan bahan Verza 150 cc. Tinggal sesuaikan bentuk tangki bersama corak kelirnya. Lalu jok juga dibalut material kulit sintetis coklat. Kustomisasi macam ini seharusnya bukan hal sukar bagi modifikator lokal. Part atau onderdil jika mau dibuat seperti ini di Indonesia amat melimpah. Susun bujet dan keinginan perombakan. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda Malaysia Rilis “Astrea Grand” 35th Anniversary Edition 2022 Rp17 Jutaan

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
    • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
      Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
      Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
    • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
    • AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
      AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
      Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
    • New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      Zenuar Yoga . 03 Apr, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
    • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
    • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
    • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022