Perusahaan Ini Bisa Konversi Bus Apapun Menjadi Kendaraan Listrik Murni

Kleanbus

 

KEY TAKEAWAYS

  • Platform baru Kleanbus sangat fleksible

    Diklaim mudah untuk mengkonversi bus bermesin konvensional menjadi bertenaga listrik sepenuhnya
  • Kleanbus merupakan perusahaan Inggris di bidang industri otomotif. Khususnya mengubah bus bermesin konvensional menjadi EV. Mereka baru saja meluncurkan teknologi platform modular terbaru. Dikatakan sanggup mengubah bus apapun dari pembakaran internal (ICE) menjadi sepenuhnya bertenaga listrik. Apalagi terdapat regulasi di Eropa yang melarang penggunaan diesel pada 2025. Ini jadi peluang market baru.

    Mereka percaya bahwa mengganti powertrain diesel dan hibrida dari bus yang ada di seluruh Inggris. Merupakan metode tercepat dan paling hemat biaya untuk mentransisikan alat transportasi umum menjadi kendaraan niremisi. Mereka mengatakan sanggup menangani bus tingkat tunggal maupun double decker (dua lantai).

    Platform modular Kleanbus telah dikembangkan bersama pemasok tier 1 terkemuka di sana. Mereka memakai motor listrik yang tidak menggunakan magnet permanen. Oleh karena itu, bebas dari semua bahan tanah jarang (rare earth). Perusahaan mengatakan dapat menggunakan bus apa pun. Memindai dan membuat prototipe interior kendaraan, serta merancang platform khusus yang akan berfungsi sebagai bus listrik murni.

    Baca Juga: Honda dan LG Kerja Bareng Bikin Pabrik Baterai Kendaraan Listrik

     

    Kleanbus

    Setelah e-drivetrain khusus dirancang dan diuji. Dibutuhkan waktu kurang dari dua minggu untuk memasang kembali seluruh komponen bus dengan sistem serba-elektrik. Mengubah bus diesel atau hybrid menjadi bus listrik sepenuhnya. Menurut Kleanbus, hanya menghabiskan biaya seperlima dari total ongkos pembelian bus listrik baru. Perusahaan mengatakan operator bus dapat membiayai kendaraan mereka dalam beberapa cara berbeda. Mulai dari membayar di muka dan menyewa baterai, hingga secara kontan.

    “Jumlahnya sekitar 97 persen bus di Inggris yang ditenagai oleh mesin diesel. Kendaraan mengeluarkan karbon dalam jumlah besar, NO dan partikel di jalan. Negara ini menghadapi tantangan besar untuk secara cepat menghilangkan karbon di sektor transportasi vital ini. Dan sedang berjuang supaya bergerak cukup cepat,” ucap Joe Tighe, Co-Founder Kleanbus dalam sebuah pernyataan.

    Mengganti alat transportasi massal dengan bus listrik baru sangat mahal, lanjut Tighe. Apalagi bagi perusahaan swasta dan subsidi pemerintah akan memakan waktu bertahun-tahun. “Makanya, Kleanbus menawarkan cara cepat dan efisien menuju nol-emisi. Menjadikan bus lebih bersih, lebih tenang, lebih nyaman, dan aset yang lebih berharga bagi operator,” imbuh dia.

    Bagaimana dengan Indonesia? Di sejumlah koridor TransJakarta sudah menggunakan bus listrik. Memang belum ada perusahaan besar yang sanggup mengkonversi ke bus listrik. Tapi setidaknya ada tiga pelaku industri yang sudah siap memproduksi dengan kapasitas 1.200 unit per tahun. Mereka adalah PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang diinisiasi Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan. Lalu ada PT Inka dan PT Kendaraan Listrik Indonesia (KLI). (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Bentuknya Mirip Isuzu Elf, Truk Listrik Ini Sanggup Tempuh Jarak 300 Km Lebih!

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Truk Unggulan

    Artikel Truk dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Isuzu Gelar Program Mudik Gratis
      Isuzu Gelar Program Mudik Gratis
      Zenuar Yoga . 06 Apr, 2024
    • Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam Selama Libur Lebaran
      Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam Selama Libur Lebaran
      Zenuar Yoga . 05 Apr, 2024
    • Daimler Mengadakan Lebaran Roadshow untuk Kendaraan Komersial Mercedes-Benz
      Daimler Mengadakan Lebaran Roadshow untuk Kendaraan Komersial Mercedes-Benz
      Setyo Adi Nugroho . 02 Apr, 2024
    • Mulai 5 April 2024 Operasional Angkutan Barang Dibatasi
      Mulai 5 April 2024 Operasional Angkutan Barang Dibatasi
      Zenuar Yoga . 28 Mar, 2024
    • Posko Lebaran Hino Hadir di Jawa dan Sumatra
      Posko Lebaran Hino Hadir di Jawa dan Sumatra
      Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2024
    • Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
      Kilas Balik Perjalanan Isuzu hingga Menjadi Produsen Kendaraan Niaga Dunia
      Anjar Leksana . 14 Nov, 2023
    • Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
      Catatan Setengah Abad Mitsubishi Fuso, dari Colt Bagong sampai Truk Listrik
      Ivan Hermawan . 05 Des, 2020
    • Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
      Telisik Ragam Fitur Canggih di Berbagai Merek Truk
      Helmi Alfriandi . 03 Feb, 2020
    • Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
      Trik Berkendara Hemat Bahan Bakar ala Isuzu
      Muhammad Hafid . 08 Okt, 2022
    • Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
      Cara Menjaga Kebugaran Bagi Pengemudi Truk dan Bus di Tengah Pandemi
      Muhammad Hafid . 13 Mei, 2020
    • First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
      First Drive Mitsubishi Fuso Canter Bus: Peningkatan Kenyamanan di Segmen Microbus
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
    • Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
      Mencoba Truk Mitsubishi Canter FE 74 HD Euro 4
      Anjar Leksana . 30 Mar, 2022
    • First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
      First Drive UD Trucks Kuzer RKE 150 3850: Pekerja Pintar Bertenaga Besar
      Ahmad Karim . 08 Mar, 2020
    • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
      First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S (Part-2): Ketangguhan Melahap Medan Off-Road
      Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019
    • First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
      First Drive Mercedes-Benz Axor 3340 S AMT (Part-1): Sensasi Truk Fuso FZ Berlogo Mercy
      Helmi Alfriandi . 19 Mei, 2019