Pilih Honda Scoopy Bekas dan BeAT Baru? Simak Ulasannya

Honda Scoopy vs BeAT

JAKARTA – Kalau sama-sama kondisi baru, Honda BeAT atau Scoopy, dipastikan akan banyak memilih yang pertama. Selisih nilai jual keduanya lumayan banyak buat ukuran entry level. Bukan perkara sulit membuat keputusan itu. Akan tetapi harga bekas Scoopy kini cenderung setara, bahkan selisih tipis di bawah BeAT. Lantas siapa lebih menarik untuk dibeli?

Scoopy yang dimaksud bukan generasi awal atau pra facelift. Model itu sudah terlalu tua untuk dijadikan opsi. Melainkan Scoopy keluaran 2017 sampai 2019. Tak sulit menemukan unit yang didagangkan mulai Rp 13 juta sampai Rp 17 jutaan. Tergantung tahun produksi dan kondisi.

Tak jauh berbeda dengan yang ada di diler sekarang. Satu-satunya yang berubah hanyalah tema kelir. Bukan sesuatu yang signifikan. Karena itu, saat disandingkan dengan BeAT, ada beberapa unsur yang membuat ia lebih menarik. Dari kemasannya saja, Scoopy tampak lebih premium dan stylish. Desain modern retro menjadi nilai jual tersendiri.

Ban berdiameter kecil. Komposisi roda 12 inci 100/90 di depan dan 110/90 di belakang berhasil mengubah kesan motor jadi lebih lucu. Ditambah dengan banyaknya opsi kelir, bahkan sampai pilihan warna jok dan panel plastik. Ya, beberapa varian dikombinasikan pelapis sadel coklat, serta kelir dek dan dashboard non-hitam. Ekspresif.

Baca juga: Honda CT125 Resmi Dijual, Harga Mulai Rp 38 jutaan

Honda Scoopy

Beda Desain

Bagaimana dengan BeAT. Meski di generasi baru desainnya makin manis dan modern, identitasnya tak sekuat Scoopy. Secara garis besar gurat bodi senada dengan kompetitor lain. Alias konservatif. Didominasi tarikan garis tegas dan mengotak. Ala skutik biasa.

Katakanlah diadu dengan BeAT termahal, kelengkapan Scoopy masih unggul. Salah satunya fitur anti-theft alarm dan answer back system yang bisa dioperasikan dari remote. Fasilitas ini sederhana, tapi tentu sangat berfungsi. Paling tidak suara nyaring alarm menghindari risiko kemalingan. Saat mencari lokasi parkir motor pun dipermudah, berkat adanya kedipan lampu.

Pencahayaannya juga setingkat lebih canggih. Scoopy menggunakan dari LED Projector. Titik fokus cahaya lebih baik ketimbang model reflektor di BeAT. Sekeliling headlight juga dihias positioning lamp bercahaya dioda. BeAT sebetulnya sudah mengadopsi LED, namun sebatas lampu utama. Selebihnya masih halogen kuning. Dan area mika depan tak diberi hiasan cahaya apapun.

Honda BeAT

Kelengkapan Fitur

Untuk daya angkut, Scoopy dapat lebih banyak memuat bawaan. Volume bagasi mencapai 15,4 liter, selisih 3,4 liter dari BeAT. Walaupun keduanya tak sanggup menelan helm, paling tidak pengakomodiran barang jadi mudah dan leuasa.

Melihat kubikasi silinder yang tak beda jauh, wajar jika berprasangka mereka sama saja. Namun perlu diketahui, ukuran bore dan stroke Scoopy berbeda. Begitu pula rasio kompresi mesin. Yang lantas membuat output sedikit lebih besar, meski dalam hitungan desimal. Dalam hitungan angka, tenaga si retro sebesar 8,97 Hp dan torsi 9,4 Nm. Lantas si raja jalanan mencatat 8,87 Hp dan torsi 9,3 Nm.

Soal kelengkapan sisanya sebenarnya sama saja. Mengandalkan panel instrumen campuran analog digital, hanya beda model. Lantas sajian informasi juga tak terlalu banyak. Selain itu ada Idling Stop System (ISS), soket listrik 12 V tertutup laci, serta mekanisme Combi-Brake System (CBS).

Baca juga: Antara Honda Scoopy Bekas dan Beat Baru, Siapa Lebih Menarik?

Honda Scoopy

Yang Tak Dimiliki Scoopy

Kasta lebih tinggi bukan berarti unggul di semua sektor. Rancangan Scoopy sudah lama. Konstruksi utama belum diganti ke model eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), yang menjadi kebanggan Honda dan tertanam di BeAT generasi anyar. Boleh jadi, baru di generasi berikutnya struktur berubah.

Alhasil, BeAT bisa mencatat berat total 89 kg – 90 kg. Sedangkan Scoopy memiliki bobot 99 kg. Sementara dimensi keseluruhan tak begitu signifikan bedanya. Tapi tetap saja, dari sudut pandang kepraktisan berkendara, akan lebih mudah mengendalikan Beat di jalanan padat.

Kapasitas tangki ternyata tak lebih baik juga. Tampungan bensin maksimal hanya 4-liter, kalah dari BeAT yang dapat diisi penuh hingga 4,2-liter. Tampak sepele memang. Namun hal ini berkaitan juga dengan konsumsi bahan bakar klaim. Pada metode pengetesan ECE R40 Euro 3, Scoopy mencatat 59 kpl, sementara adiknya berhasil menoreh 60,6 kpl.

Honda BeAT

Kesimpulan

Hal yang tak dimiliki Scoopy sebetulnya masih bisa ditolerir. Toh klaim konsumsi bahan bakar 59 kpl dengan kapasitas tangki segitu tak begitu buruk. Bobot 99 kg juga bukan angka berlebihan.

Ditambah dengan ragam keunggulan yang ia miliki, Scoopy bekas lebih menarik untuk dipilih. Tapi kembali lagi, keputusan ada di tangan Anda. Kadar toleransi orang bakal berbeda, apalagi soal preferensi selera.

Satu hal perlu dicatat. Jika pada akhirnya memutuskan mengambil Scoopy bekas, bukan tak mungkin keluar uang tambahan. Asumsikan mendapat unit 2017 seharga Rp 14 juta, biasanya perlu peremajaan. Terutama area CVT dan pengereman. Paling tidak sediakan Rp 1 juta - Rp 2 juta dalam budget untuk antisipasi. Lebih menguntungkan dibandingkan Honda BeAT baru yang dibanderol Rp 16,450 sampai Rp 17,150 juta. (Hlm/Raju)

Jelajahi Honda Scoopy

  • Samping Kiri Honda Scoopy
  • Lampu depan Honda Scoopy
  • Rem belakang Honda Scoopy
  • Speedometer Honda Scoopy
Honda Scoopy
Rp 21,98 - 22,78 Juta Cicilan : Rp 501.390

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Scooter

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Honda Beat dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Kedatangan Honda Beat Facelift 2024 Semakin Dekat, Apa yang Berubah?
    Anjar Leksana . 25 Mar, 2024
  • Honda Rilis Beat dan Click 125 50th Anniversary Limited Edition di Filipina
    Honda Rilis Beat dan Click 125 50th Anniversary Limited Edition di Filipina
    Anjar Leksana . 03 Okt, 2023
  • Pilihan Skutik Harga Murah Selain Honda Beat eSAF yang Bermasalah
    Pilihan Skutik Harga Murah Selain Honda Beat eSAF yang Bermasalah
    Anjar Leksana . 08 Sep, 2023
  • AHM Rilis Warna Baru New Honda Beat Series 2023, Harga Naik Rp100 ribu
    AHM Rilis Warna Baru New Honda Beat Series 2023, Harga Naik Rp100 ribu
    Zenuar Yoga . 01 Feb, 2023
  • Modifikasi Honda Beat Jadi Hybrid Siapkan Modal Minimal Rp15 Juta
    Modifikasi Honda Beat Jadi Hybrid Siapkan Modal Minimal Rp15 Juta
    Zenuar Yoga . 03 Okt, 2022
  • All New Honda Beat, 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya
    All New Honda Beat, 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya
    Zenuar Yoga . 07 Sep, 2021
  • Harga Beda Tipis, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Suzuki Nex II Elegant
    Harga Beda Tipis, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Suzuki Nex II Elegant
    Zenuar Yoga . 02 Agu, 2021
  • Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Yamaha Gear 125 S Version
    Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Beat Deluxe atau Yamaha Gear 125 S Version
    Zenuar Yoga . 27 Jul, 2021
  • Pilih Honda Scoopy atau BeAT? Segini Harga dan Selisih Nilai Angsurannya
    Pilih Honda Scoopy atau BeAT? Segini Harga dan Selisih Nilai Angsurannya
    Helmi Alfriandi . 29 Apr, 2021
  • Seleksi Dua Skutik Kelas Pemula, Pilih Honda Beat atau Suzuki Nex II?
    Seleksi Dua Skutik Kelas Pemula, Pilih Honda Beat atau Suzuki Nex II?
    Helmi Alfriandi . 21 Mei, 2020