Pindad Luncurkan MV2 4x4, Kendaraan Taktis untuk Operasi Militer Modern

Pindad MV2

PT Pindad (persero) membuat terobosan baru dalam kendaraan tempur. Mereka mengenalkan model paling anyar, MV2 4x4 pada 2 Agustus 2021 di lapangan Gd. 100 Divisi Kendaraan Khusus. Sementara ini, masih sebatas pengembangan dengan prototype awal berwarna biru muda. Jadi belum banyak hal teknis yang bisa disingkap. Tapi, dari desain dan interior dikatakan lebih modern. Baris belakang semakin lega, atap hardtop bersama kanopi belakang dapat di lepas pasang menjadi kendaraan double cabin. Tak ketinggalan tersisip foot step samping.

MV2 4x4 dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern. Juga, dimungkinkan untuk memenuhi pasar, selain kebutuhan militer. Kemampuan manuver diklaim gesit nan handal. Sebab mobil dilengkapi suspensi kokoh, baik pakai di medan on road maupun off road. VP Inovasi PT Pindad (Persero), Windu Paramartha menyampaikan. Kendaraan ini diharapkan dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Mampu bersaing dengan menghasilkan inovasi produk yang berkualitas.

“Produk ini adalah hasil kerja keras dari teman-teman dan para staf yang sudah membantu. Harapannya, tidak hanya produk ini saja yang bisa kita berikan. Tetapi juga produk-produk lain yang nantinya bisa mendukung Pindad. Untuk menjadi sebuah industri ternama, terdepan dan mampu bersaing di kancah pasar global,” sebut Windu.

Baca Juga: Great Wall Tank 600 Berani Menantang Keperkasaan Toyota Land Cruiser

Pindad MV2

Direktur Utama Pindad, Abraham Mose didampingi jajaran direksi. Kemudian mencoba mengemudikan secara langsung MV2 di lintasan uji Divisi Kendaraan Khusus. Menurut perseroan, kendaraan ini sudah mengantisipasi apa yang menjadi koreksi, saran produksi sebelumnya. Serta disesuaikan dengan kebutuhan para pegiat hobi, offroader ataupun para pelaku maupun pecinta kendaraan tipe seperti ini. Kedepan, lanjut mereka, bakal dikembangkan varian lain sesuai kebutuhan.

"Ini adalah momen, kesempatan kita untuk membuktikan kemampuan inovasi yang ada di Pindad. Dijaga, jangan sampai hilang. Jangan sampai padam semangat para inovator, kreator dan engineer Pindad harus selalu tumbuhkan produk inovatif. Kita tidak akan terkalahkan apabila menguasai teknologi, kuncinya di situ. Kita semua bangga atas hasil yang tidak pernah padam untuk terus dan terus menghasilkan produk inovatif. Terus berkembang dan terus berinovasi,” ucap Abraham Mose (2/8).

Berkaca dari Maung, Kendaraan Taktis Ringan (rantis) 4x4 produksi Pindad. Ia ditujukan untuk mendukung operasi dan mobilisasi pertempuran jarak dekat, serta jelajah segala medan. Dengan kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed. Maung mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Kemudian kendaraan dapat dilengkapi braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lain. Boleh jadi, sebagai penyempurnaan, MV2 punya kapabilitas lebih dari ini. (Alx/Odi)

Sumber: Pindad

Baca Juga: Kemenperin, NMAA dan PowerAce Adakan Kontes Modifikasi Digital Kendaraan Listrik Roda Tiga

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang