Sosok Volvo XC40 dan XC60 Sudah Terlihat, Segera Mengaspal di Indonesia

Volvo XC40


Foto Volvo XC60 dan Volvo XC40 telah beredar di dunia maya. Kami pun langsung kasak-kusuk mencari informasi keberadaan mobil. Akhirnya bertemu, malah bisa mendekat dan menjadi media pertama yang mengintip dalamnya SUV Swedia itu. Tapi perkara intip-mengintip (sneak peak) ini ada batasannya. Kami tak bisa menyentuh kabin dan keseluruhan bagian eksterior. Hanya beberapa bagian saja.

KEY TAKEAWAYS

  • Belakangan beredar foto mobil baru Volvo sedang diangkut towing

    Kami pun memergokinya dan bisa sedikit mengintip XC40 dan XC60 yang tengah dalam persiapan
  • Sayang belum diketahui varian apa ini

    Namun APM Volvo pernah menyatakan jika siap mendatangkan produk elektrik untuk pasar Indonesia
  • Kalau dilihat dari fascia depan, kami menduga Volvo XC40 itu merupakan varian Recharge T5. Menggunakan teknologi plug-in hybrid (PHEV) dengan kelir biru tua atau denim. Atau mungkin juga versi full elektrik.

    Volvo XC40

    Sedangkan Volvo XC60, kayaknya versi Recharge T8 yang juga akan dirilis di Malaysia dalam waktu dekat. Kami ambil kesimpulan, versi sana akan sama seperti yang dilepas untuk pasar domestik. Pasalnya, PT Leading Vision Otomotif (LVO) selaku APM Volvo Indonesia bulan Maret lalu pernah menyatakan siap menghadirkan sejumlah kendaraan elektrifikasi untuk konsumen di Tanah Air.

    Waktu itu, PT LVO tidak menyebutkan secara spesifik model apa yang diluncurkan dalam waktu dekat. So, bisa jadi XC60 yang bakal dirilis di sini, juga jenis full elektrik.

    Volvo XC40

    Volvo XC60 Recharged T8 merupakan SUV di segmen mid-size yang didukung mesin 4-silinder 2.0-liter turbocharged dan dipadukan dengan baterai berkapasitas 18.8 kWh. Sementara itu lampu depan dari sosok XC60 Recharge T8 tersebut sudah menggunakan gaya desain baru dan didukung oleh teknologi LED.

    Desain grille juga sudah menggunakan sentuhan krom lengkap dengan logo Volvo di tengahnya. Sayangnya kami tidak dapat melihat bagian lain seperti interior dan mesin yang digendong oleh Volvo XC60 Recharge T8. Dugaan kami, spesifikasinya serupa dengan yang beredar di Malaysia dan India.

    Volvo XC40

    Di Malaysia, Volvo XC60 Recharged T8 akan meluncur Juli 2022 mendatang. Kabarnya akan berbanderol RM 311.000 atau setara Rp1,1 miliar. Sementara Volvo XC40 Recharge T5 disebut juga akan dirilis di sejumlah negara. Salah satunya India dalam kondisi Completely Knock Down (CKD). Dikutip dari electrive.com, Volvo XC40 Recharge akan hadir dalam dua versi dengan baterai berkapasitas 75 kWh dan penggerak all wheel drive, serta baterai berkapasitas 70 kWh dengan penggerak FWD atau roda depan.

    Lantas, Volvo XC40 dan XC60 di depan mata kami adalah hybrid, plug-in Hybrid atau full elektrik? Sampai berita diturunkan, belum bisa mengorek informasi lebih dalam. Yang jelas, jika XC60 benar-benar meluncur di Indonesia, bakal mengusik pasar SUV medium seperti BMW X3 dan Mercedes-Benz GLC. Sementara XC40 akan beradu gengsi dengan SUV premium berdimensi kompak seperti BMW X1 dan Porsche Macan hybrid.

    Volvo XC40

    Lantas kapan mobil ini bakal diluncurkan ke Indonesia? Belum ada informasi tentang rilisnya. Kami hanya bisa menduga bakal dilepas ke pasar sebelum event Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. (Ndo/Odi)

     

    Baca Juga: Volvo Kembali ke RI, Siap Jualan Mobil Listrik dan Beroperasi Kuartal Ketiga 2022

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua