Suzuki V-Strom SX 250 Siap Tarung Lawan Honda CRF250 dan KTM250 Adventure

Suzuki V-Strom SX 250

 

KEY TAKEAWAYS

  • Suzuki V-Strom SX 250 bisa jadi lawan sepadan Honda CRF250L

    Mesinnya pakai punya Gixxer SF 250, bertenaga 26,1 daya kuda dan torsi 22,6 Nm
  • Suzuki Motorcycle India merilis motor tualang seperempat liter V-Strom 250 varian SX. Tongkrongannya terinspirasi dari sang kakak, V-Strom 650 yang menawarkan gaya berkendara rileks dan desain tangguh. Dijual dengan harga 2.778 Dolar Amerika atau setara Rp39,8 juta. Sebelumnya pada 2019 Suzuki sudah meluncur V-Strom 250 yang jadi model entry level dari keluarga V-Strom 1.050 cc, 1.000 cc, 650 cc. Kini muncul SX 250.

     

    Desainnya kental dengan nuansa motor petualang. Bisa dilihat dari bentuk depan yang mengaplikasikan sepatbor tambahan berbentuk paruh bebek. Kemudian ada juga sepatbor utama di bawah dengan warna kontras hitam sehingga visualnya terlihat makin garang.

    Suzuki V-Strom SX 250

    Suspensi depan pakai model teleskopik. Namun agar DNA adventure makin terpancar, pabrikan sengaja menggunakan travel yang panjang. Sementara di belakang menggunakan model monoshock dengan pengaturan tingkat kekerasan.

    Layaknya motor petualang yang lain, di bagian samping menggunakan komponen shroud. Tapi bedanya di motor ini pakai model sedikit meruncing ke bawah. Sementara pada sektor buritan terdapat komponen behel yang cukup besar, pemilik dapat memanfaatkannya juga sebagai dudukan top box.

    Baca Juga: Impresi Pertama Suzuki Gixxer SF 250

     

    Suzuki V-Strom SX 250

    Sementara kedua pelek pakai model cast wheel alias racing. Berukuran belang, 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Adapun untuk ukuran ban pakai profil 100/90 dan 140/70.

    Mesin Suzuki V-Strom SX 250 ternyata sama seperti dipakai Gixxer SF 250. Kubikasinya 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli, dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 26,1 daya kuda pada 9.300 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

    Suzuki V-Strom SX 250

    Dimensi terbilang kompak. Panjangnya 2.180 mm, lebar 880 mm, dan tinggi 1.335 mm. Sementara  jarak sumbu roda bermain di 1.440 mm, ground clearance 205 mm, tinggi jok 835 mm, dan berat total kendaraan di 167 kg. Untuk menemani aktivitas harian atau diajak blusukan, Suzuki V-Strom SX 250 mampu menenggak bensin sampai 12 liter. 

    Fitur terbilang lengkap. Pakai lampu depan berteknologi LED, panel meter full digital yang berisikan informasi penting kendaraan, USB Port, dan penggunaan windscreen yang cukup tinggi. Tapi sayang tak ada informasi resmi apakah komponen penghalau angin itu bisa diatur tinggi rendahnya. Guna menambah keasyikan berkendara sudah terpasang peranti konektivitas gawai atau yang dinamakan Suzuki Ride Connect. Nanti pemilik bisa melakukan pairing antara smartphone dengan motor untuk menikmati beberapa fitur yang disajikan.

    Adapun untuk fitur keselamatan sudah tersemat teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System) 2 kanal. Artinya roda depan dan belakang akan terhindar dari potensi terkunci ketika pengendara melakukan deselerasi keras. (Kit/Odi)

     

    Baca Juga: Suzuki Avenis 125 Meluncur di India, Skutik Murah Punya Fitur Navigasi

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Suzuki Unggulan

    Artikel Motor Suzuki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
      Pahami Formula dan Teknologi SEP-α di Mesin Suzuki Burgman Street EX125
      Anjar Leksana . 13 Feb, 2024
    • Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
      Rancangan Suzuki Burgman 125 Nyentrik, Ini Perbincangan sama Desainernya
      Anjar Leksana . 02 Feb, 2024
    • Suzuki Rilis GSX-8R, Penantang Baru Motor Sport Kelas Menengah
      Suzuki Rilis GSX-8R, Penantang Baru Motor Sport Kelas Menengah
      Zenuar Yoga . 24 Nov, 2023
    • Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
      Alternatif Skutik Selain Burgman Street 125 EX dengan Harga Lebih Murah
      Zenuar Yoga . 14 Nov, 2023
    • Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
      Cicilan Terendah Suzuki Burgman Street 125EX Tak Sampai Rp1 Juta Sebulan
      Anjar Leksana . 02 Nov, 2023
    • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
    • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
    • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
      Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 01 Nov, 2023
    • Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
      Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 14 Apr, 2023
    • Mana Layak Dipilih, Suzuki Avenis atau Yamaha Lexi S ABS?
      Mana Layak Dipilih, Suzuki Avenis atau Yamaha Lexi S ABS?
      Zenuar Yoga . 20 Des, 2022
    • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
    • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
      Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
    • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
      Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
    • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
      Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
    • Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
      Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
      Zenuar Yoga . 18 Mar, 2021