Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Tema Sanitary Solution Tampil Sebagai Pemenang AMMdes Digimodz 2020

    Kompetisi modifikasi digital Alat Mekanis Multiiguna Pedesaan (AMMdes) kedua telah menemukan pemenang. Digimodz tema Sanitary Solution menjadi yang terbaik dari 5 modifikasi yang menjadi finalis. Desain karya Irvan Adi Pratama itu mengalahkan empat karya lainnya: AMMDes Medical Waste Treatment Unit, AMMDes Kendaraan Taktis Kepolisian di Desa, AMMDes Bengkel Keliling, AMMDes Patroli Perbatasan Negara.


    Kompetisi sudah dilaksanakan sejak 4 hingga 28 September 2020 lalu. Total partisipan desain modifikasi yang masuk hingga akhir periode sebanyak 138 peserta kemudian disaring menjadi 65 peserta. Akhirnya dipilih lima karya terbaik. Pemenang utama mendapatkan satu piala Kemenperin, Sertifikat Penghargaan AMMDes Digimodz dan uang Rp 10 juta. Sedangkan kelima finalis mendpatkan sertifikat penghargaan dan uang masing-masig Rp 2 juta.


    Aspek Aplikatif


    pemenang digimodz ammdes


    Mengusung tema 'Born to Inspire', AMMDes Digimodz 2020 diharapkan menjadi saluran inspirasi bagi para desainer digital yang diharapkan memberikan kontribusi tepat guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pedesaan melalui desain modifikasi terbaik “Melalui kompetisi ini, diharapkan dapat turut mendukung meningkatkan produktivitas masyarakat di desa melalui karya-karya yang inovatif,” kata Reiza Treistanto.


    Namun yang lebih penting lagi adalah aspek aplikasi. Dengan kata lain meski kompetisi modifikasi digital, desain yang dibuat sebisa mungkin bisa direalisasikan. Seperti diketahui, AMMDes merupakan alat multifungsi yang bisa membantu hampir semua pekerjaan dan kebutuhan mekanis masyarakat pedesaan.


    Apakah ada peluang karya pemenang Kemenperin AMMDes Digimodz 2020 untuk diproduksi massal? Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebut kemungkinan tersebut bisa saja sesuai kebutuhan. "Namun pastinya ada pertimbangan-pertimbangan lain sebelum desain itu diwujudkan," terang Putu beberapa waktu lalu.


    AMMDes Fire Fighter


    AMMdes pemadam kebakaran


    Selain mengumumkan pemenang utama, PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) juga menampilkan AMMDes dengan aplikasi Fire Fighters. Dirancang sebagai AMMDes yang bisa mencegah dan menanggulangi kebakaran di daerah minim infrastruktur jalan seperti di perhutanan dan pedesaan. Tak hanya itu, dapat juga digunakan di permukiman warga dengan jalan yang kecil yang tidak dapat dilewati truk pemadam kebakaran berukuran besar.


    Reiza mengatakan AMMDes pemadam kebakaran ini dilengkapi pompa utama yang memiliki kemampuan 150 liter per menit dan daya semprot 30-40 meter. Kemudian ada pompa portable dilengkapi kemampuan 300 liter per menit. "Tujuannya menarik air dari sumber air untuk dimasukkan ke reservoir dalam AMMDes yang berkapasitas 400 liter.


    “Dalam penanganan kebakaran hutan, AMMDes Fire Fighters nantinya akan menjadi extender dalam proses pemadaman api. Dengan daya jelajah yang tinggi AMMDes ini bisa menjangkau hingga titik terdekat dengan api,” ucap Reiza dalam presentasinya.


    Sejauh ini, beberapa aplikasi AMMDes telah diciptakan dan mampu meningkatkan produktivitas masyarakat. Aplikasi tersebut antara lain berfungsi sebagai perontok multiguna, pengupas gabah, pemoles beras, pompa irigasi, pengolah kopi, pembangkit listrik, penjernih air, pembuat es, pasca-panen pisang, pengumpan ambulans (ambulance feeder).


    Bahkan, telah dirilis AMMDes dengan aplikasi water tank yang dapat digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan. Aplikasi ini dirancang untuk mencegah penyebaran virus korona baru (Covid-19). (Raju/Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda