Test Ride: Triumph Street Triple 675R ABS

Test Ride: Triumph Street Triple 675R ABS
JAKARTA, 30 Juli 2015 – Idul Fitri 1 Syawal 1436 H punya kenangan khusus bagi Motovaganza. Pasalnya, lebaran tahun ini kami punya kesempatan menjajal dua sepupu Triumph yaitu Street Triple 675R dan Daytona 675R. Nah, kali ini, kami akan bercerita soal pengalaman menjajal Street Triple 675R. Dari segi tampilan, meski satu frame, namun Street Triple dan Daytona lumayan berbeda jauh. Bahasa simpelnya, Street Triple adalah tipe naked-nya Daytona. Tampilannya bergaya jalanan. Menggunakan arm yang terbuat dari alumunium berbentuk asimetris dengan perhitungan kalkulasi yang matang dari Triumph. Selain swingarm velg Street Triple 675R pun terbuat dari bahan yang sama. Tampilan depannya rada unik berkat lampunya. Dual headlamp bergaya split seperti mata belalang, unik. Dudukannya yang tidak menempel di kemudi, membuat lampu tetap dalam posisi lurus saat berbelok. 30072015-Moto-Triumph_Street_Triple_03 Penempatan 2 silincer knalpot yang berbeda di bandingkan model sebelumnya, menjadikan Street Triple lebih slim dan stylist. Sedangkan panel indikatornya memberikan informasi lengkap. Desainnya boleh simpel tapi informasi speedometer, tripmeter, odometer, jam digital dan indikator bensin di sisi kiri, ditampilkan secara digital. Di bagian kanan ada takometer yang mudah dibaca. Di dalam panel takometer ini terdapat lampu indikator sistem injeksi, oli, gigi netral juga lampu jauh. Oke, cukup dulu soal tampilan, kami sudah tidak sabar untuk menjajal roadster galak ini. Kami langsung duduk di jok. Posisi duduk pengendara cukup tegak, tidak terlalu nungging seperti Daytona 675R. Plus tinggi tempat duduk sekitar 830 mm membuat Street Triple lebih ramah dikendarai. Stang FatBar Allumunium Alloy dengan ketinggian yang lebih tinggi juga menambah kemudahan pengendalian. 30072015-Moto-Triumph_Street_Triple_04 Ketika kunci kontak diputar, suara mesin langsung terdengar gahar. Sebenarnya cukup halus, dominan suara siulan terdengar saat gas diputar. Tapi jika gas ditarik lebih dalam, putaran mesin makin tinggi, barulah suara mesin terdengar melengking. Mesin -- 675 cc, liquid-cooled, 12 valve, DOHC, in-line 3-cylinder -- menjadi salah satu alasan motor ini dikenal gahar. Kami langsung bisa menikmati tenaga yang dihasilkan 106PS pada 11.850 rpm dan torsi 68Nm pada 9.750 rpm. Tenaga yang ditransfer lewat ban belakang ini ditunjang transmisi 6-percepatan. Saat mulai jalan, bobot Street Triple 675R yang sekitar 182 kilogram ternyata tidak terlalu menyulitkan. Masuk gear 2, motor ini kian melaju. Beruntung, kawasan Senayan, Jakarta Selatan, cukup lengang siang itu. Kondisi ini memberikan kami kesempatan melesat hingga di atas 120 km/jam. Ah, cakep…. 30072015-Moto-Triumph_Street_Triple_05 Handlingnya juga termasuk kategori nyaman. Suspensi depan upside down milik Showa dan Showa monoshock untuk bagian belakang, cukup mampu mengatasi bobot motor. Apalagi ban dengan Pirelli Corsa softcompound membuat kami makin pede untuk membawa motor ini cukup rebah saat membabat tikungan. Oh ya, meski masuk kategori moge, dengan dimensi panjang, lebar dan tinggi 2.055mm x 740mm x 1.110mm, motor ini bisa diajak nyelap-nyelip di jalanan yang ramai. Apalagi tanpa fairing, kami jadi tak khawatir dengan mobil atau motor di sebelah. Beberapa kali kami mencoba akselerasi motor ini saat kesempatan memungkinkan. Cukup puas juga menjajal motor ini meski siang cukup terik. Meski terik dan macet plus panas mesin membuat paha terasa panas. Ah, nggak masalahlah. Yang jelas, street Triple 675R yang dibanderol dengan harga Rp 326 juta (off the road), motor ini sangat layak jadi pertimbangan. ANDHIKA KRESNA Berita Terkait: Test Ride: Triumph Daytona 675R ABS Triumph Street Triple 675R ABS, Macho dan Agresif

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Days 2024 Berlangsung Selama 4 Hari di Kota Kelahirannya
    Vespa World Days 2024 Berlangsung Selama 4 Hari di Kota Kelahirannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
  • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Zenuar Yoga . 12 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023