TEST RIDE: Vespa GTS Super 150, Smooth But Not a Criminal

TEST RIDE: Vespa GTS Super 150, Smooth But Not a Criminal
BOGOR, 9 Juli 2019 – Begitu nama Vespa disebut, ingatan saya selalu melayang puluhan tahun lalu. Inilah merek motor pertama saya belajar mengendarai sepeda motor. Saya ingat betul paman saya memiliki Vespa LX dengan warna hijau yang ia pakai sehari-hari. Nah, akhir pekan kemarin, PT Piaggio Indonesia mengundang Motovaganza mengikuti ‘Media Experience Vespa GTS Super 150’. Kami riding dari Kemang Jakarta melewati Bogor menuju Cisarua, dengan jarak tempuh sekitar 77,4 kilometer. “Kegiatan riding ini memberikan kesempatan kepada rekan-rekan media untuk merasakan sensasi kenyamanan dan keunggulan dari keluarga Vespa “big body”, yaitu Vespa GTS Super 150. Enjoy the whole day,” kata Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia saat melepas riding kami. Saat pembagian motor, saya mendapat waran yang asik Yellow Sole (kuning). Ini merupakan satu dari 4 warna yang tersedia yang bisa dipilih konsumen yaitu Black Volcano (hitam), Red Passione (merah), dan White Innocenza (putih).

Desain

Serangkain perubahan dilakukan Vespa pada Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini,” kata Robby Gozal, PR & Communications Manager PT Piaggio Indonesia. Untuk penyegaran dari sisi desain, terlihat pada bagian lampu utama berbentuk bulat yang kini sudah menggunakan teknologi LED yang menggantikan bohlam di varian sebelumnya. Begitu juga dengan lampu belakangnya yang dilengkapi DRL melingkar yang juga LED pada lampu remnya. Penyegaran gaya pada motor ini juga terlihat pada desain front tie atau dasi depan yang baru, chromed horn cover, dan chromeplated crest terbaru pada mudguard depan. Kemudian penyegaran detil estetika lainnya seperti spion chrome desain baru dan motif honeycomb terbaru yang terletak di kedua sisi shield. Vespa GTS Super 150 i-get ABS terbaru juga menghadirkan desain LCD dashboard dan dua pelek 12 inci berwarna black glossy. Cakep. Baca juga: Vespa GTS Super 150 i-get ABS Diluncurkan, Begini Besaran Harganya Baca juga: REVIEW: Vespa GTS Super 150 i-get ABS, Big Scooter di Tubuh Mungil Baca juga: 3.000 Vespa Meriahkan Vespa World Days di Hungaria, Tahun 2020 di Bali Lho!

Riding Position

Skuter premium ini mendapatkan desain jok juga baru. Terlihat lebih elegan dengan lekukan yang mengikuti bentuk paha dan kaki. Desain jok baru membuat pantat tak cepat capek dan panas meski harus menempuh perjalanan jauh. Untuk menambah kenyamanan berkendara, New Vespa GTS Super 150 i-get ABS juga memiliki banyak fitur terbaru seperti USB port, bike finder, Electric Remote Opening System on Saddle dan start-stop engine. Skuter ini dilengkapi dengan sebuah instrument panel yang telah diperbarui dan mampu memberikan informasi berkendara yang lebih detail,  

Performa

Start-stop engine membuat Vespa GTS Super 150 ini sangat gampang dihidupkan, tinggal tekan rem dan pencet tombol, mesin akan menyala. Suaranya cukup halus. Nah, sekarang waktunya memulai perjalanan. Rute awal yang kami tempuh dari Kemang, Pasar Minggu, Margonda, Jalan Raya Bogor, menuju Bogor. Jalanan sudah mulai ramai dengan motor dan mobil. “Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini menggunakan mesin yang baru,” kata Yudi Riswanto Technical Trainer Manager PT Piaggio Indonesia. Berbeda dengan Vespa GTS 150 edisi sebelumnya, GTS edisi terbaru ini menggendong mesin i-Get 4-langkah, silinder tunggal, SOHC, dengan kepala silinder diisi 4 klep dengan kem tunggal, spesifikasi mesin yang mirip dengan Piaggio Medley 150. Saya merasakan performa mesin baru berkapasitas 155.1 cc ini sangat mumpuni. Tinggal betot gas, Anda tak pernah kehilangan tenaga.

Handling

Disebutkan jika mesin ini memiliki maximum power 10,8 kW @ 8.250 rpm dan maximum torque 13,5 Nm @ 6.750 rpm. Rasanya menyenangkan memainkan tuas gas. Tenaga sejak awal terasa smoth dan berisi. Jika dipintir lebih dalam, motor akan dengan cepat melesat. Mesin ini dilengkapi sistem pendinginan Liquid Cooled dan teknologi mesin i-get (Italian Green Experience Technology) yang memberikan kekuatan lebih dengan konsumsi bahan bakar efisien. Sedangkan transmisi sudah mengadaptasi Automatic CVT (Continuous Variable Transmission). Di beberapa titik kami bertemu dengan kemacetan. Vespa GTS Super 150 memiliki dimensi panjang 1950 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 800 mm, terasa besar bagi kami ketika menunggangi GTS150 i-get ini. Namun dengan wheelbase 1350 mm, motor ini lumayan lincah diajak manuver ketika nyelip-nyelip di antara kendaraan lain. Saat memasuki Bogor saya mencoba membetot motor ini agak cepat. Ternyata speedometer menunjukkan angka 80-100 km/jam cukup cepat. Oh ya, sistem keamanan motor ini juga mumpuni. Vespa GTS Super 150 ini dilengkapi sistem pengeraman dilengkapi ABS kanal ganda, rem depan cakram 220 mm, dan cakram juga dengan ukuran 220 mm untuk bagian belakang. Sistem pengereman berteknologi ABS ini membuat saya percaya diri melakukan pengeraman keras. Hentakan pedal rem terasa tidak terlalu menghentak, sehingga pengendara tidak merasa kaget saat sistem ABS bekerja. Dengan berbagai pembaharuan dan fitur yang dimilikinya, tak rugi jika merogoh kocek Rp 58 juta on the road Jakarta. Selain gaya dan nyaman dibawa jalan-jalan, Vespa GTS Super 150 i-get ABS ini juga ciamik ketika diajak touring. RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Zenuar Yoga . 12 Apr, 2024
  • Federal Oil dan Mobil Lubricants Gelar Program Mudik Buat Mekanik
    Federal Oil dan Mobil Lubricants Gelar Program Mudik Buat Mekanik
    Muhammad Hafid . 09 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Mau Lebaran Pakai Motor Baru? Ini Pilihannya dengan Banderol Murah
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023