JAKARTA – Di masa pandemi COVID-19, Suzuki New Carry Pick-Up mampu menjadi tulang punggung penjualan Suzuki secara nasional. Terhitung selama periode Januari hingga Mei 2020, kendaraan komersial ringan itu mampu mencatatkan penjualan sebanyak 15.021 unit. Angka ini mengantar Carry berkontribusi sebesar 50%.
Kemampuan Carry ini juga berimbas pada kenaikan pangsa pasar. Mobil yang dijuluki sebagai Rajanya Pick-Up ini mencatat kenaikan pangsa pasar dari 54,5% di periode Januari-Mei 2019 menjadi sebesar 59,4% pada periode Januari-Mei 2020. Data tersebut menunjukkan bahwa New Carry Pick-Up yang diproduksi di dalam negeri tersebut merupakan kendaraan niaga yang tangguh, berdimensi luas, irit dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam masa pemulihan ekonomi di masa sulit ini.
Di saat laju pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat sebagai dampak dari adanya pandemi Covid-19, sektor otomotif diharapkan menjadi industri yang dapat mendorong kembali pergerakan ekonomi, salah satunya melalui segmen kendaraan niaga. Para pengusaha kecil dan menengah sebagai pengguna kendaraan niaga menjadi andalan untuk tetap menggerakkan ekonomi rakyat dalam kondisi seperti ini. Suzuki menawarkan pilihan lewat New Carry Pick-Up.
“Kebutuhan akan mobil niaga ringan seperti New Carry tetap ada meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang, terutama dari pengusaha UMKM. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kontribusi New Carry Pick-Up terhadap total penjualan nasional dari 8% di periode Januari-Mei 2019 menjadi 10% di periode yang sama tahun ini. Kami optimistis kontribusi segmen komersial akan terus meningkat,” kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.
Baca juga: Ekspor CBU Suzuki Tetap Tumbuh Meski Pandemi
Pasar Ekspor
Selain memenuhi kebutuhan pengusaha UMKM, New Carry Pick-Up juga banyak digunakan sebagai kendaraan distribusi, terutama distribusi barang-barang ke masyarakat yang aktivitasnya lebih terbatas selama pandemi. Hal inilah yang mendorong peningkatan kontribusi New Carry Pick-Up terhadap total penjualan Suzuki pada periode 5 bulan pertama 2020.
“Dengan market share Suzuki yang positif, kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah memilih produk Suzuki selama 50 tahun keberadaan Suzuki di Indonesia. Raihan ini membangun optimisme kami untuk terus berupaya menggerakkan kembali perekonomian Indonesia. Kami harap wabah ini cepat berlalu dan Suzuki Indonesia akan terus memberikan yang terbaik dalam fase pemulihan ini,” kata Donny.
Sementara di pasar ekspor, Suzuki carry Pick-Up juga memberikan kontribusi yang lumayan. Selama periode Januari sampai Mei 2020, primadona ekspor CBU masih didominasi All New Ertiga yang menjadi kontributor terbesar, yaitu sebanyak 7.880 unit. Peningkatan ekspor juga didukung oleh kontribusi New Carry sebanyak 3.339 unit.
Selain hanya itu, Suzuki XL7 yang diluncurkan sebagai lini produk baru pada Februari lalu turut mendorong ekspor dengan kontribusi sebanyak 2.169 unit. Tahun 2020 ini Suzuki akan mengekspor kendaraan ke lebih dari 50 negara di dunia. (Raju)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.