Toyota Pertimbangkan Akuisisi Neta Auto untuk Memperkuat Pasar EV di China

Neta S Wagon

Toyota dikabarkan tengah mengevaluasi opsi strategis untuk mengakuisisi Neta Auto, sebuah langkah yang berpotensi memperkuat bisnis kendaraan listriknya di China. Berdasarkan laporan Kuai Technology pada 12 Mei 2025, Toyota disebut tengah mempertimbangkan kemungkinan akuisisi ini, meskipun belum ada konfirmasi resmi dari pihak terkait. Jika terlaksana, langkah ini bisa menjadi strategi penting bagi Toyota untuk memanfaatkan aset dan teknologi Neta Auto, yang meskipun tengah mengalami kesulitan keuangan, masih memiliki basis inovasi yang kuat.

Neta Auto, yang berada di bawah bendera Hozon Energy Auto, didirikan pada 2014 dan pernah dianggap sebagai pemain potensial di pasar EV China. Namun, sejak pertengahan 2024, perusahaan menghadapi krisis keuangan serius yang menyebabkan penghentian produksi, pemutusan hubungan kerja massal, dan kesulitan mendapatkan pendanaan eksternal.

Krisis finansial Neta semakin dalam ketika pada 10 Februari 2025, mereka mengumumkan kegagalan rencana pendanaan E-round yang sebelumnya ditargetkan sebesar 4-4,5 miliar Yuan. Harapan sempat datang dari investor utama yang didukung dana BRICS, yang berjanji menyuntikkan 3 miliar Yuan, tetapi karena syarat pencairan dana gagal dipenuhi, kesepakatan akhirnya dibatalkan.

Dampaknya sangat terasa terhadap valuasi perusahaan. Jika pada 2023, Neta masih memiliki nilai 42,3 miliar Yuan, pada 2025, nilainya merosot drastis menjadi hanya 6 miliar Yuan. Penurunan ini membuat banyak investor awal dan pemerintah daerah kecewa, termasuk perusahaan 360 Security Technology, yang akhirnya membatalkan rencana pendanaan lanjutan.

Dari sisi finansial, Neta mengungkapkan bahwa dalam tiga tahun terakhir, mereka mengalami kerugian kumulatif hingga 18,3 miliar Yuan, dengan utang kepada pemasok mencapai 6 miliar Yuan. Sebagai langkah mitigasi, Neta mengusulkan konversi 70 persen utang menjadi saham, sementara sisanya akan dibayar secara bertahap.

Situasi semakin diperparah ketika Thailand—salah satu pasar ekspor utama Neta—mengeluarkan penalti terhadap perusahaan. Sebelumnya, Neta menerima insentif hingga 150.000 Baht per unit kendaraan, tetapi mereka diwajibkan mengembalikan seluruh insentif, termasuk bunga dan keringanan pajak, jika gagal memenuhi target produksi lokal pada 2025.

Neta X

Meskipun masa depan Neta terlihat suram, perusahaan masih memiliki nilai teknologi dan pasar, yang mungkin menjadi daya tarik bagi Toyota jika akuisisi benar-benar terjadi. Pada akhir Maret 2025, Neta berhasil mencapai perjanjian konversi utang menjadi saham senilai 2 miliar Yuan dengan 134 pemasok dan lembaga keuangan dari Thailand dan Hong Kong.

Jika Toyota benar-benar mengambil langkah akuisisi, perusahaan dapat memanfaatkan pengetahuan lokal dan aset produksi Neta, serta mengakselerasi bisnis kendaraan listriknya di China, pasar EV terbesar di dunia. Namun, dalam pernyataan Xu Yiming, Brand Communications Director Toyota China, pihaknya menyatakan belum mendapatkan informasi resmi terkait langkah tersebut, sehingga spekulasi masih terus berkembang.

Penurunan tajam dalam penjualan kendaraan turut mencerminkan krisis internal yang dialami Neta. Pada 2024, perusahaan hanya mampu menjual 64.500 unit mobil, sementara pada Januari 2025, penjualan anjlok 98 persen year-on-year, dengan hanya 110 unit kendaraan terjual di pasar domestik.

Kritik terhadap perusahaan pun semakin deras, terutama mengenai teknologi yang ketinggalan zaman dan klaim performa yang berlebihan. Dalam sebuah video viral, pendiri Neta, Fang Yunzhou, terlihat menundukkan kepala dan meminta maaf kepada mitra bisnis serta pemasok, yang semakin memperburuk citra perusahaan di mata publik.

Jika Toyota benar-benar melanjutkan rencana ini, mereka harus menimbang faktor risiko dan prospek bisnis yang ditawarkan Neta. Akuisisi ini bisa menjadi peluang untuk memperkuat bisnis EV Toyota di China, namun juga membawa tantangan besar mengingat kondisi finansial dan operasional Neta yang tengah terpuruk. (Hfd)

Baca Juga: Keuntungan Baterai LFP Buatan Lokal yang Dipakai Neta X

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Neta Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Neta dari Carvaganza

  • Nasib Neta di Ujung Tanduk, Toyota Pertimbangkan Akuisisi
    Nasib Neta di Ujung Tanduk, Toyota Pertimbangkan Akuisisi
    Muhammad Hafid . 13 Mei, 2025
  • Neta S Shooting Brake Debut di Thailand, Siap Lawan Denza Z9
    Neta S Shooting Brake Debut di Thailand, Siap Lawan Denza Z9
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2025
  • Tips Aman Mengemudi Mobil Listrik di Musim Hujan dan Terendam Banjir
    Tips Aman Mengemudi Mobil Listrik di Musim Hujan dan Terendam Banjir
    Setyo Adi . 12 Mar, 2025
  • Sambut Hasil Baik dari IIMS 2025, Neta Resmikan Dealer Baru di Bandung
    Sambut Hasil Baik dari IIMS 2025, Neta Resmikan Dealer Baru di Bandung
    Setyo Adi . 03 Mar, 2025
  • Neta Community Indonesia Rayakan Tembus 200 Member di IIMS 2025
    Neta Community Indonesia Rayakan Tembus 200 Member di IIMS 2025
    Muhammad Hafid . 25 Feb, 2025

Artikel Mobil Neta dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Toyota Dikabarkan Bakal Mengakuisisi Neta Auto
    Toyota Dikabarkan Bakal Mengakuisisi Neta Auto
    Muhammad Hafid . 14 Mei, 2025
  • Neta Sediakan Program Tukar Tambah Kendaraan, Ada Benefit Rp20 Juta
    Neta Sediakan Program Tukar Tambah Kendaraan, Ada Benefit Rp20 Juta
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • Neta Shooting Brake Debut di Thailand, Bisa Tempuh 1.200 Kilometer
    Neta Shooting Brake Debut di Thailand, Bisa Tempuh 1.200 Kilometer
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2025
  • Neta Bukber Komunitas NCI, Berikan Layanan General Check-up
    Neta Bukber Komunitas NCI, Berikan Layanan General Check-up
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mar, 2025
  • Neta Bukber Komunitas NCI, Berikan Layanan General Check-up
    Neta Bukber Komunitas NCI, Berikan Layanan General Check-up
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mar, 2025
  • 6 Mobil Listrik Harga Murah yang Tersedia di Pameran IIMS 2025
    6 Mobil Listrik Harga Murah yang Tersedia di Pameran IIMS 2025
    Anjar Leksana . 20 Feb, 2025
  • Pilihan Mobil Listrik Murah dengan Kemampuan Jarak Tempuh 300 Km
    Pilihan Mobil Listrik Murah dengan Kemampuan Jarak Tempuh 300 Km
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2025
  • Lawan Potensial Neta V-II dan Wuling BinguoEV, Citroen E-C3 Tetap Pede Meski Tanpa ADAS
    Lawan Potensial Neta V-II dan Wuling BinguoEV, Citroen E-C3 Tetap Pede Meski Tanpa ADAS
    Alvando Noya . 04 Jul, 2024
  • Ada EV Pendatang Baru, Mana Lebih Menarik Wuling BinguoEV atau Neta V?
    Ada EV Pendatang Baru, Mana Lebih Menarik Wuling BinguoEV atau Neta V?
    Setyo Adi Nugroho . 20 Nov, 2023
  • First Drive Neta X: Godaan Desain Sporty dan Fitur Komplet
    First Drive Neta X: Godaan Desain Sporty dan Fitur Komplet
    Anjar Leksana . 27 Sep, 2024
  • Test Drive Neta V-II: Tambah ADAS, Apakah Lebih Ideal?
    Test Drive Neta V-II: Tambah ADAS, Apakah Lebih Ideal?
    Wahyu Hariantono . 01 Agu, 2024
  • Test Drive Neta V: Road Trip Semarang-Jakarta Tanpa Perlu Isi Baterai!
    Test Drive Neta V: Road Trip Semarang-Jakarta Tanpa Perlu Isi Baterai!
    Muhammad Hafid . 26 Des, 2023