UD Trucks Meluncurkan Quester Euro 5 dengan Teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR)

Quester Euro 5

UD Trucks sangat siap menyambut Euro 4. Untuk mendukung regulasi itu, diperkenalkanlah teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR). Diklaim sesuai dengan produk yang ditawarkan UD Trucks untuk pasar Indonesia. Sekarang, sudah tersemat di Quester Euro5 yang baru saja diluncurkan. Emisi bisa dikendalikan dan mampu melindungi keawetan mesin serta lebih hemat bahan bakar.

KEY TAKEAWAYS

  • Selective Catalytic Reduction (SCR) efektif menurunkan kadar NOx

    Caranya dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang sebelum dikeluarkan
  • Quester Euro 5 sejalan dengan perubahan dalam peraturan emisi gas buang Euro 4. Yang akan mulai berlaku pada April 2022. UD Trucks sebagai merek kendaraan komersial turut mendukung upaya dalam menciptakan lingkungan lebih bersih.

    "Dalam mendukung program pemerintah tersebut, kami memperkenalkan slogan terbaru kami "Better Life for Logistic, Planet and People", yang bertekad menghadirkan teknologi yang efisien untuk bisnis transportasi, ramah lingkungan dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat dalam menuju Indonesia Hijau," kata Direktur Marketing dan Aftersales Service PT UD Astra Motor Indonesia (UD AMI), (24/3).

    Quester Euro 5 telah meluncur secara global pada September tahun lalu. Kapasitas mesinnya lebih besar dengan menghasilkan 410 hp dan torsi maksimum 1.990 Nm. Banyak fitur baru yang bakal memudahkan penggunaan operasional. Seperti panel instrumen dengan informasi mudah dibaca, sistem panduan untuk pengemudi serta roda kemudi anyar.

    Quester Euro5

    Sistem SCR terpisah dari mesin utama. Hebatnya tidak sensitif harus pakai solar bersulfur tinggi. Dapat menggunakan Biodiesel B30 dan sesuai untuk kondisi di Indonesia. SCR efektif mengurangi kadar NOx. Caranya dengan menyemprotkan cairan urea (AdBlue®) ke gas buang sebelum dikeluarkan. Pengalaman UD Trucks dengan teknologi sudah dari 2014. Oleh karena itu tak perlu diragukan lagi.

    Penggunaan AdBlue sekitar 3%-5% dari pemakaian Solar. Jadi sekali mengisi AdBlue® setara buat 4 kali pengisian penuh solar. Untuk Quester, kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 315 liter sementara tangki AdBlue® 50 liter. Asumsi konsumsi bahan bakar 3 km/liter, maka 1 liter AdBlue bisa untuk menempuh 75 km. Ada jerigen cadangan AdBlue® berukuran 10 liter di Quester Euro5. Cukup untuk menempuh perjalanan sejauh 750 km sehingga tidaklah merepotkan.

    Setiap pembelian Quester Euro 5, UD Trucks memberikan gratis cairan AdBlue® sebanyak 800 liter. Selain itu tersedia fasilitas UD Telematics 1 tahun dan free service 120.000 km atau 3 tahun dengan opsi perpanjang sampai 5 tahun. Ada juga aplikasi UD Trucks Owner's Manual yang dapat diunduh di App Store atau Google Play. Berisi panduan kepemilikan dan informasi penting soal pengoperasian, pemeliharaan dan keselamatan. (Odi)

     

    Baca Juga: Pentingnya SRUT untuk Menekan Jumlah Truk ODOL

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Truk UD Unggulan

    Artikel Truk UD dari Oto

    • Berita
    • Road Test