Volkswagen Golf R Variant Tawarkan Performa Hot Hatch dalam Kemasan Station Wagon

VW Golf R Variant

VW Golf R Mk8 datang sebagai penerus hatchback legendaris asal Jerman yang penuh gairah. Tubuh hatchback kompak dikombinasi tenaga besar jadi resep utama pencipta senyum. Namun senyum itu mungkin bisa lebih lebar dengan kehadiran model Variant R. Sudah kencang, lebih praktis pula.

Evolusi VW Golf menelurkan berbagai jenis bodi dan salah satunya adalah “Variant”. Bebas saja mau disebut sebagai estate, combi, station wagon, atau apapun itu. Yang jelas, ia menawarkan kepraktisan ekstra di atas segala keseruan hatchback orisinal. Bokong memajang menjamin ruang bagasi jauh lebih luas. Belum lagi fitur-fitur spesifik versi melar meramaikan.

Begitu kasusnya untuk Golf R Variant. Gairah memacu dan segala keistimewaan model kencang R bisa dinikmati dengan tambahan nilai kepraktisan Variant. Area kargo lapang berikut pemasangan roof rail memberikan kapabilitas pengangkutan barang lebih besar. Total kompartemen 611 liter tersedia di bagian paling belakang. Bahkan kalau bangku tengah dilipat, ia sajikan ruang sampai 1.642 liter.

Baca Juga: Volkswagen Taigun Mengaspal Tahun Ini, Crossover Baru Sekelas Mazda CX-3 dan Honda HR-V

VW Golf R Variant

Lebih dari sekadar ruang tambahan, kepraktisan ditegaskan oleh sajian pengail barang hingga luggage net. Belum lagi keberadaan soket 12 V dan soket listrik 230-volt. Memudahkan pengoperasian, mereka sematkan handsfree tailgate dan kontrol untuk towing bracket elektrik yang tersembunyi. Di samping itu, ruang kaki belakang semakin lapang atas imbas penambahan jarak antarsumbu ketimbang Mk7.

Yang membuatnya menarik adalah segala kepraktisan tadi dipersenjatai enjin empat silinder 2,0 liter turbo nan bertenaga. Total ekstraksi tenaga diklaim mencapai 315 hp dan diawali embusan torsi sampai 420 Nm. Bukan ke roda depan saja melainkan seluruh daya tersalur menuju keempat roda via transmisi dual clutch 7 percepatan dan sistem AWD komplet kemampuan torque vectoring, 4Motion. Memastikan putaran roda mendukung perpindahan arah dengan presisi.

VW Golf station wagon

Jelas Variant R lebih berat ketimbang model hatchback. Meski begitu, prestasi dalam berakselerasi tetap patut diacungi jempol. Perlu waktu 4,9 detik saja untuk dapat mencapai 100 kpj – hanya terpaut 0,2 detik dari versi hatchback. Dibejek habis, komputer akan membatasi nafsu di angka 250 kpj. Namun kalau opsi R Performance Package dipilih, ia akan dibebaskan sampai 270 kpj. Selain itu, paket tersebut menyiapkan pelek 19 inci dan mode berkendara rekreasional yakni Nürburgring mode dan Drift mode.

Mobil keluarga yang menyiapkan gairah lebih ini sendiri dijadwalkan mengaspal mulai pertengahan Agustus. Mejeng duluan di Jerman, Britania Raya, dan Swiss. Belum ada informasi berapa harganya namun bisa diekspektasikan lebih tinggi ketimbang versi hatchback kencang. Boleh jadi menjabat sebagai Golf paling mahal di keluarganya. (Krm/Odi)

Baca Juga: Tampilan Asli Volkswagen ID Buzz Terungkap, Dijadwalkan Meluncur Tahun Depan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Volkswagen Unggulan

Artikel Mobil Volkswagen dari Carvaganza

  • VW Tayron Debut Khusus Pasar Eropa, Lawan Baru Palisade & CX-60
    VW Tayron Debut Khusus Pasar Eropa, Lawan Baru Palisade & CX-60
    Setyo Adi . 21 Okt, 2024
  • VW Polo Stop Produksi di Eropa, Alih Fokus ke EV
    VW Polo Stop Produksi di Eropa, Alih Fokus ke EV
    Alvando Noya . 30 Sep, 2024
  • VW Group Ancang-Ancang Lakukan Efisiensi, Pemerintah Jerman Turun Tangan
    VW Group Ancang-Ancang Lakukan Efisiensi, Pemerintah Jerman Turun Tangan
    Muhammad Hafid . 25 Sep, 2024
  • Hal-Hal Yang Perlu Diketahui dari Volkswagen ID.Buzz
    Hal-Hal Yang Perlu Diketahui dari Volkswagen ID.Buzz
    Eka Zulkarnain H . 14 Agu, 2024
  • GIIAS 2024: Bak Kombi Era Modern, VW ID. Buzz Resmi Dijual Rp1,3 Miliar
    GIIAS 2024: Bak Kombi Era Modern, VW ID. Buzz Resmi Dijual Rp1,3 Miliar
    Muhammad Hafid . 18 Jul, 2024

Artikel Mobil Volkswagen dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • VW Tayron Meluncur, Incar Segmen SUV Medium di Eropa
    VW Tayron Meluncur, Incar Segmen SUV Medium di Eropa
    Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2024
  • Simak Fakta-fakta Volkswagen ID.Buzz yang Sudah Resmi Dijual di Indonesia
    Simak Fakta-fakta Volkswagen ID.Buzz yang Sudah Resmi Dijual di Indonesia
    Eka Zulkarnain . 15 Agu, 2024
  • Beetle Battle IV Diramaikan Berbagai Generasi Volkswagen
    Beetle Battle IV Diramaikan Berbagai Generasi Volkswagen
    Alvando Noya . 18 Des, 2023
  • Beli Volkswagen All New Tiguan Allspace Bisa dapat T-Cross Gratis
    Beli Volkswagen All New Tiguan Allspace Bisa dapat T-Cross Gratis
    Ardiantomi . 16 Nov, 2023
  • Hot Hatch Legendaris VW Golf GTI Generasi Terbaru Mengaspal di Indonesia
    Hot Hatch Legendaris VW Golf GTI Generasi Terbaru Mengaspal di Indonesia
    Alvando Noya . 12 Agu, 2023
  • Pertarungan Fitur dan Performa, VW Tiguan Allspace vs Peugeot 5008 Allure Plus
    Pertarungan Fitur dan Performa, VW Tiguan Allspace vs Peugeot 5008 Allure Plus
    Muhammad Hafid . 23 Jun, 2020
  • SUV Rp 600 Jutaan, Pilih VW Tiguan Allspace Atau Hyundai Grand Santa Fe CRDi?
    SUV Rp 600 Jutaan, Pilih VW Tiguan Allspace Atau Hyundai Grand Santa Fe CRDi?
    Indra Alfarisy . 26 Jul, 2019
  • First Drive Volkswagen T-Cross, Mobil Eropa Seharga Rp400 Jutaan
    First Drive Volkswagen T-Cross, Mobil Eropa Seharga Rp400 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . 16 Mar, 2022
  • Road Test: Ferrari Roma, Jinak dan Dinamis Dengan Aero Lebih bagus dari Portofino
    Road Test: Ferrari Roma, Jinak dan Dinamis Dengan Aero Lebih bagus dari Portofino
    Ivan Hermawan . 29 Apr, 2021
  • Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 2): Paket Berkendara yang Mengejutkan
    Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 2): Paket Berkendara yang Mengejutkan
    Rizki Satria . 20 Nov, 2020
  • Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 1): Ruang untuk Bertualang
    Road Test Volkswagen Tiguan Allspace (Part 1): Ruang untuk Bertualang
    Rizki Satria . 20 Nov, 2020