Honda Daftarkan Desain Paten XL750 Transalp, Indikasi Mau Dijual di Indonesia

Honda XL750 Transalp

 

KEY TAKEAWAYS

  • Paten desain Honda XL750 Transalp sudah didaftarkan

    Kemungkinan besar dipasarkan di Indonesia, mengisi celah di atas CB500X
  • Akhir tahun lalu. Sepeda motor jenis adventure Honda XL750 Transalp mendebut global di pameran EICMA, Milan. Nah, di laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham. Desain patennya terdaftar pada akhir Januari 2023 dengan nomor permohonan A00202204458. Hal ini menjadi indikasi unit bakal dijual di Indonesia, mengisi segmen big bike di atas CB500X. Ia diperuntukkan bagi personal yang gemar mengembara, bertualang lintas alam.

    Postur tubuh Honda XL750 Transalp tegak dengan tinggi jok 850 mm. Tipe rangka memakai steel diamond. Motor memiliki panjang 2.325 mm, lebar 838 mm dan tinggi 1.450 mm. Jarak sumbu roda 1.560 mm, bobot total 208 kg, radius putar 2,6 meter dan posisi caster angle 27 derajat. Ia tampak lebih padat nan kekar dibanding CB500X. Namun demikian sayap samping dan bodi dipahat simpel sekaligus ramping. Windshield menjulang, kaki-kaki bertravel panjang (200 mm), mencirikan motor petualang.

    Di depan, XL750 Transalp mengusung suspensi lansiran Show 43 mm SFF-CATM USD. Sedangkan mono shock belakang beroperasi melalui pro-link travel 190 mm. Pelek menggunakan tipe jari-jari yang lentur saat melindas medan tak rata. Bagian depan berukuran 21 inci (90/90 mm) bareng sepasang cakram demi pengereman optimal. Lalu di belakang 18 inci (150/70 mm). Semua dibekali sistem ABS dua saluran.

    Baca Juga: Begini Jadinya saat Honda Membesut Rebel Jadi CL500 Scrambler

    Honda Transalp

    Mekanikal pacu tertanam di balik rangka diamond berkubikasi 755 cc 8 katup dengan ukuran bore kali stroke 87 mm x 63,5 mm. Rasio kompresi mencapai 11:1. Walau berkonfigurasi dua silinder segaris. Dijanjikan suara beringas muncul. Sebab poros engkol memiliki kemiringan 270° dan knalpot baru. Lontaran tenaga maksimal mencapai 67,5 kW atau 91,7 PS pada 9.500 rpm dan torsi puncak 75 Nm di 7.250 rpm. Konsumsi bensin diklaim tembus 23 km/liter.

    Untuk sistem kopling menggunakan tipe basah. Guna mempermudah pengoperasian gigi, Honda XL750 Transalp memiliki assisted slipper clutch dan quick shifter sebagai opsional. Penyaluran tenaga ke roda belakang pakai transmisi manual enam percepatan. Namanya motor tualang, sudah pasti ia dibekali layar warna TFT 5 inci. Bisa sambung dengan perangkat Android maupun iOS. Pengguna dapat melihat monitor guna mendapatkan aneka informasi, termasuk sistem navigasi. Kemudian ada Emergency Stop Signal buat kasih tahu pengguna jalan lain saat pengereman mendadak.

    Jika kelak Astra Honda Motor betul merilis XL750 Transalp di Indonesia. Prediksi harga di atas Rp200 jutaan, bahkan mungkin Rp300 jutaan. Sebab CB500X saja dilepas Rp199,83 juta on the road Jakarta. Ia juga bakal berposisi di bawah CRF1100L Africa Twin M/T RP620,77 juta. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda XL750 Transalp Mengisi Celah di Bawah CRF1100L

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
      Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
    • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
      Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
      Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
    • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
      Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
    • AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
      AHM Kembali Gelar Mudik Balik Bareng Honda dan Buka Posko Mudik
      Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
    • New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      New Honda Vario 125 Punya Warna Baru
      Zenuar Yoga . 03 Apr, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
      Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
    • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
      Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
    • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Vario 160, Siapa Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 16 Jan, 2024
    • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
      Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
    • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022