Gambar yang Anda lihat ini merupakan sebuah paten desain skutik untuk bertualang. Rancangan terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham. Tertera nama pemohon, Honda Motor Co., Ltd dengan alamat Minami-Aoyama, Jepang. Kalau dilihat dari gambar, ia mengacu ke Honda ADV baru. Vario memang duluan pakai enjin 160 cc di Indonesia. Jadi amat besar sang skutik penjelajah ini dibekali jantung pacu lebih gede. Pastinya performa ikut terdongkrak.
Sepintas kalau dilihat dari rancang bangun kendaraan. Nyaris sama dengan Honda ADV 150 yang eksis di Tanah Air. Dimulai dari bentuk windshield menjulang, sorot mata depan menukik, guratan tubuh tampak kekar hingga susunan suspensi maupun knalpot tampak sama. Hanya saja di desain paten itu, menggunakan hand guard dan garpu depan tipe upside-down. Lantas bagaimana dengan performa?
Kalau Honda ADV 160 menggunakan mesin yang sama dari Vario baru. Bisa jadi output tak beda jauh. Bakal pakai jantung pacu 4-Valve, eSP+ dengan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Ukuran diameter x langkah sebesar 60 mm x 55,5 mm. Di Vario 160, daya maksimum terbuncah 11,3 kW (15,4 PS)/8.500 rpm. Kemudian torsi maksimum 13,8 Nm (1,4 kgf,m)/7.000 rpm. Ia pakai kopling kering sentrifugal dan penyaluran jenis CVT. Tapi pengaturan ECU niscaya dikalibrasi ulang, agar memberi tenaga lebih bagi skutik petualang.
Baca Juga: Upgrade Komponen Ini, Honda ADV 150 Makin Enak Diajak Touring
Nah, kelengkapan lain diyakini tetap dipertahankan seperti di ADV 150. Konsumen bakal menjumpai adjustable windscreen, memiliki dua tingkat ketinggian. Dapat diatur dengan mudah tanpa perlu membuka baut. Suspensi belakang dilengkapi sepasang tabung untuk mendapatkan performa rebound lebih baik nan nyaman. Tersedia full digital panel meter, berikan kesan futuristik. Termasuk informasi seperti speedometer, fuelmeter, average fuel consumption, instant fuel consumption, odometer, tripmeter, time, battery indicator, outdoor temperature indicator dan oil change indicator.
Bentuk ban di paten mirip. ADV senantiasa pakai semi dual purpose pattern. Di depan 110/80-14 & belakang 130/70-13. Cocok untuk melewati berbagai kondisi jalan. Terus sebagai penghela laju kendaraan. Terpasang sistem pengereman wavy disc brake di semua roda agar memberikan kemampuan pengereman lebih baik. Jua berikan kesan aggresif di sepeda motor.
Terus console box berguna untuk menaruh barang, plus imbuhan DC power charger. Sistem pengoperasian ADV 160 dipastikan pakai Smart Key, demi meningkatkan keamanan sepeda motor. Di varian atas dilengkapi dengan Emergency Stop Signal (ESS) untuk keadaan darurat saat pengereman mendadak di kecepatan tinggi. Tentu hanya tersedia di tipe ABS. Tunggu saja detail informasi lainnya. (Alx/Odi)
Baca Juga: Bisa Jadi Inspirasi Modifikasi, Honda Dream Ride Project Garap ADV150
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.