Komparasi LCGC 5-Seater: Honda Brio Satya Vs Daihatsu Ayla Vs Toyota Agya

komparasi LCGC

 

KEY TAKEAWAYS

  • Paling pas disandingkan dengan mesin 1,2-liter semua, meski Agya-Ayla hanya 3-silinder

    Soal fitur keselamatan, Brio Satya harus mengakui kekurangannya
  • Market kendaraan LCGC di Tanah Air kian ramai. Sepanjang tahun lalu Honda Brio series merajai market nasional. Kini ia tak sendiri. Toyota Agya dan Daihatsu Ayla berbenah diri. Banyak sekali ubahan terjadi sebagai generasi anyar, demi memikat konsumen muda perkotaan. Di kelas ini, semua produk dilego tidak sampai Rp200 juta. Kelengkapannya pun bersaing antar-rival. Komparasi data teknis bisa dilihat di masing-masing tabel. 

    Spesifikasi

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Mesin

    1.189 cc / 3 silinder

    1.189 cc / 3 silinder

    1.197cc / 4 silinder

    Tenaga

    88 PS

    88 PS

    90 PS

    Torsi

    113 Nm

    113 Nm

    110 Nm

    Transmisi

    D-CVT

    D-CVT

    CVT

    Harga OTR Jakarta

    Rp191,4 juta

    Rp189,9 juta

    Rp189,7 juta

    Performa berkendara tiga produk LCGC ini boleh dibilang setara. Semua menggunakan mesin berkapasitas 1,2 liter. Walau ada perbedaan jumlah silinder. Kalau dibandingkan di atas kertas. Brio Satya paling kuat. Namun torsinya kalah dibanding duo Agya dan Ayla. Kemudian sistem transmisi semua pakai CVT. Tapi produk Astra Group sudah lebih canggih dengan tambahan fix gear, bernama Dual Mode CVT.

    Brio Satya

    Yang jadi catatan sebelum membeli unit. Baik Toyota Agya maupun Ayla menggunakan mesin 3-silinder berikut sistem balancer. Namun saat mencoba tes jalan, getaran masih terasa sedikit. Tepatnya saat mobil dipakai di jalanan macet (padat) dan ketika mesin langsam. Honda Brio dengan empat piston malah terasa lebih mulus tanpa vibrasi enjin.

    Dimensi

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Panjang

    3.760 mm

    3.760 mm

    3.800 mm

    Lebar

    1.665 mm

    1.665 mm

    1.680 mm

    Tinggi

    1.505 mm

    1.505 mm

    1.485 mm

    Wheelbase

    2.525 mm

    2.525 mm

    2.405 mm

    Ban

    175/65 R 14

    175/65 R 14

    175/65 R 14

    Selanjutnya mengenai kelapangan. Sebagai LCGC lima penumpang, dimensi Agya, Ayla dan Brio Satya saling bersaing. Tetap kompak sebagai mobil perkotaan. Jarak sumbu roda produk Toyota dan Daihatsu lebih panjang, menjadi 2.525 mm. Ketiga model itu menggunakan suspensi sama. MacPherson Strut terpasang di depan dan Torsion Beam sebagai penyokong belakang. Sedikit perbedaan tiap produk.

    Baca Juga: Rivalitas Abadi, Toyota Vios G TSS vs Honda City

    Daihatsu ayla 2023

    Dalam sudut pandang pribadi penguji. Karakter dan rasa berkendara Agya dan Ayla sangat mirip. Maklum, mereka diproduksi di tempat sama: Astra Daihatsu Motor. Untuk melindas jalan tak rata, generasi anyar ini terasa lebih luwes. Sedangkan bantingan Honda Brio relatif agak keras, namun masih dalam batas toleransi. Untuk melesat kencang, ketiganya cukup stabil. Dan memang mobil perkotaan bukan dipakai buat kebut-kebutan.

    Fitur

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    ABS

    Ya

    Ya

    Ya

    EBD

    Ya

    Ya

    Ya

    BA

    Ya

    Ya

    Ya

    VSC

    Ya

    Ya

    Tidak

    HSA

    Ya

    Ya

    Tidak

    Dual Air Bag

    Ya

    Ya

    Ya

    Kendaraan jenis LCGC 5-seater zaman sekarang semakin aman. Kelengkapan fitur safety tambah komplet seiring kesadaran keselamatan berkendara. Walau harga besaing dengan Brio Satya. Duo kembar Agya dan Ayla paling komplet. Produk Honda belum memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Selebihnya sama. 

    Toyota Agya GR Sport

    Kelengkapan

    Toyota Agya

    Daihatsu Ayla

    Honda Brio Satya

    Head Unit

    7-Inci+Konektivitas

    9-Inci+Konektivitas

    2Din Non-Layar

    Engine Start/Stop

    Ada / Keyless

    Ada / Keyless

    Anak Kunci

    Paddle Shift

    Ada

    Tidak

    Tidak

    Lampu Depan

    LED + DRL

    LED + DRL

    Halogen

    AC

    Digital

    Digital

    Digital

    Lalu mengenai peranti tambahan. Dibanding Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya terlihat paling minimalis. Baik dari segi penggunaan layar hiburan, sistem kunci maupun lampu penerangan utama yang bertipe halogen. Meter cluster terpasang di ketiga model, sama menggunakan jarum analog. Penyejuk kabin sudah digital semua. Jadi ambil merek mana?

    Inferensi

    Jika mengambil sudut pandang mengenai fungsi serta kegunaan. Harga dan kelengkapan Daihatsu Ayla 1.2 CVT paling rasional. Sedangkan Toyota Agya G terpasang paddle shift, tapi Anda harus membayar lebih mahal. Kalau Honda Brio Satya, harganya mirip Ayla tapi fitur minim. Ia dijadikan opsi terakhir kalau konsumen terganggu dengan karakter mesin tiga silinder. Paling penting cek dana dan wajib test drive. Langsung rasakan sensasi berkendara ketiganya. Jadi bisa mengetahui unit mana paling sesuai kebutuhan mobilitas calon konsumen. (Alx/Odi) 

     

    Baca Juga: Komparasi Honda WR-V RS vs Toyota Raize GR Sport, Adu Lawan Terdekat

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Chery Group Catat Pertumbuhan di Q1 2024, Punya Senjata Baru di Beijing Auto Show
      Chery Group Catat Pertumbuhan di Q1 2024, Punya Senjata Baru di Beijing Auto Show
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Toyota Fortuner Punya Versi Mild Hybrid di Afrika Selatan, Bisa Seirit Apa?
      Toyota Fortuner Punya Versi Mild Hybrid di Afrika Selatan, Bisa Seirit Apa?
      Anjar Leksana . Hari ini
    • MINI Aceman Siap Debut di Beijing Pekan Depan, Buka Segmen Baru
      MINI Aceman Siap Debut di Beijing Pekan Depan, Buka Segmen Baru
      Setyo Adi . Hari ini
    • LEBARAN DRIVE: Menu Andalan Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line Jadi Partner Liburan
      LEBARAN DRIVE: Menu Andalan Mercedes-Benz GLE 450 AMG Line Jadi Partner Liburan
      Alvando Noya . Hari ini
    • Lamborghini Hadirkan Huracan STJ, Jadi Varian Baru dan Terakhir Bermesin V10
      Lamborghini Hadirkan Huracan STJ, Jadi Varian Baru dan Terakhir Bermesin V10
      Alvando Noya . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Dalam Kuartal Pertama 2024, Chery Jual Setengah Juta Unit Kendaraan
      Dalam Kuartal Pertama 2024, Chery Jual Setengah Juta Unit Kendaraan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Daftar Harga SUV Kompak Setelah Lebaran, Grand Vitara, Jimny, Xforce Makin Mahal
      Daftar Harga SUV Kompak Setelah Lebaran, Grand Vitara, Jimny, Xforce Makin Mahal
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Toyota Fortuner 2.8 Mild Hybrid Resmi Dipasarkan
      Toyota Fortuner 2.8 Mild Hybrid Resmi Dipasarkan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Selain Irit BBM, Ini 6 Fitur Kunci yang Bikin Hyundai Palisade Nyaman Diajak Mudik
      Selain Irit BBM, Ini 6 Fitur Kunci yang Bikin Hyundai Palisade Nyaman Diajak Mudik
      Bangkit Jaya Putra . Hari ini
    • Performa Penjualan Mobil Nasional Turun Karena Sejumlah Faktor
      Performa Penjualan Mobil Nasional Turun Karena Sejumlah Faktor
      Anjar Leksana . Hari ini
    • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
      New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
      Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
    • Opsi MPV Premium Terbaru yang Cocok Dipakai Mudik
      Opsi MPV Premium Terbaru yang Cocok Dipakai Mudik
      Alvando Noya . 01 Apr, 2024
    • 8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
      8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
      Setyo Adi Nugroho . 20 Mar, 2024
    • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
      Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
      Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
    • Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
      Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
      Setyo Adi Nugroho . 28 Feb, 2024
    • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
      Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
      Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
    • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
      Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
      Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
    • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
      Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
      Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
    • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
      Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
      Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
    • Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
      Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
      Zenuar Yoga . 04 Apr, 2024
    • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
      Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
      Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
    • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
      First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024
    • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
    • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
      First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
      Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024
    • First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
      First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
      Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2024