Opsi Mobil Bekas Fun to Drive, Honda Civic Hatchback RS atau Mazda3 Hatchback?

Honda Civic RS Vs Mazda3

Kalau sedang mencari mobil menyenangkan untuk pelampiasan adrenalin Anda, ada dua mobil bekas yang kami rekomendasikan. Keduanya berjenis sedan hatchback dengan karakter fun to drive. Pertama Honda Civic Hatchback RS. Harga bekas keluaran 2020 sekarang sekitar Rp410 jutaan. Civic tetap mempertahankan karakter leluhurnya yang sporty. Ia selalu menjadi pilihan tepat bagi para petrolhead. Kondisi standar saja sudah enak dikemudikan. Dimodifikasi pun mudah dan banyak komponen pendongkrak performa.

Pilihan kedua Mazda3 Hatchback. Ya, mobil yang sangat ganteng. Harga di pasaran mobil bekas mirip Civic. Tahun 2020 berkisar Rp415 juta sampai Rp420 jutaan. Masing-masing tentu punya keunggulan tersendiri. Kami coba bahas dan menarik kesimpulan mana yang harus Anda pilih.

Desain

Honda Civic Hatchback RS Turbo

Secara ukuran tubuh, maka Civic hatchback RS punya dimensi lebih besar. Honda mencatatkan hasil pengukuran 4.501 x 2.075 x 1.421 mm (PxLxT). Dari ukuran tadi diketahui panjang dan tinggi Mazda3 cukup identik namun tidak untuk lebarnya. Sebagai perbandingan, Mazda3 diukur 4.460 x 1.765 x 1.435 mm. Jadi jika dibanding Civic, tubuh Mazda3 lebih langsing sekitar 30 cm. Jika membandingkan jarak antarsumbu roda, selisihnya tidak begitu signifikan. Wheelbase Honda 2.700 mm lebih pendek 25 mm dari Mazda3 (2.725 mm).

Rancangan eksterior menampilkan dua rasa berbeda. Maklum, keduanya pasti punya konsumen yang dibidik. Honda Civic hatchback RS mainkan lenggokan sporty nan agresif, menyiratkan hubungan darah dengan model performa Type R. Paling kentara ditunjukkan oleh rancangan bumper dengan ornamen hitam bak kanal udara besar. Lebih kental lagi di buritan. Dua lubang knalpot mejeng di tengah, dipayungi elemen sirip diffuser.

Mazda3 hatchback

Sementara Mazda3 mengusung desain Kodo yang mengedepankan kesan elegan tanpa pahatan tajam agresif. Eksekusi desain bodi manis, utamakan perubahan kontur guna mendefinisi lekuk lewat arah cahaya dan bayangan. Rasa sporty eksis meski gaya keseluruhan cenderung dewasa dan bersih dari hiasan gimmick, Yep, bukan rongga udara tapi mata memicing dan dominasi grille besar kuatkan aura intimidatif.

Boleh jujur, peranti bawaan eksterior Mazda mungkin lebih menggugah. Pertama tersedia lubang pencahayaan di atap alias sunroof. Lalu, LED memberikan pencahayaan utama lewat lensa proyektor. Pun lampu dioda tidak sebatas berperan sebagai pencahayaan utama. Dapat ditemukan juga pada DRL dan lampu kombinasi belakang.

Fungsi penerangan utama komplet meliputi sakelar dan pengaturan ketinggian otomatis. Istimewanya, ia memiliki Adaptive Front Lighting System dan High Beam Control. Dua fitur tadi bertujuan meningkatkan keselamatan di malam hari. Pasalnya, lampu sanggup menghasilkan cahaya terang dari LED tanpa menyilaukan pengguna jalan lain.

Kelengkapan Civic memang bukan berarti kalah. Headlamp serta DRL juga berasal dari sumber LED. Bahkan fungsi Auto Leveling dan auto on/off hadir di hatchback Honda. Bedanya, pendar cahaya dipancarkan lewat pantulan reflektor. Jangan harap ada sunroof. Untuk urusan akses setidaknya Honda bisa pamer kemampuan Remote Engine Start. Lainnya, fitur smart entry berikut tombol ignition dimiliki kedua petarung.

Interior dan Fitur

Mazda3 Hatchback interior

Desain dan nuansa kabin sewajarnya dibuat selaras tema tampilan luar. Ruang Mazda3 tampak kalem dan terasa eksklusif bak mobil Eropa. Material soft touch dan leather mendominasi dasbor, setir hingga door trim. Desain dasbor bersih dari kesibukkan tak perlu dengan permukaan melebar penuh hingga ke sisi. Di tengah bertengger layar hiburan MZD Connect 8,8 inci yang dikontrol melalui selektor di konsol tengah atau setir.

Beda dari langkah Mazda, Honda menuangkan lekuk agresif dalam kabin. Ya, sporty sudah jelas tapi layout tampak menyerupai Honda lain di kelas bawah. Contoh kisi AC trapezoidal di tengah menjadi topi dari layar infotainment dan kontrol AC di bawahnya.

civic hatchback rs

Kala berbicara soal kelengkapan, agaknya diferensiasi cenderung ‘sebelas-duabelas’ dan punya setitik kelebihan sendiri. Automatic Climate Control serta kisi AC ekstra bagi penumpang belakang suguhkan kenyamanan dalam perjalanan. Layar instrumen digital hadir, Mazda punya panel TFT berwarna sementara Honda menganut model monokrom.

Pengaturan bangku elektrik, masing-masing punya. Setelan 10 arah dan kapabilitas memori spesifik sokong pengemudi Mazda. Lawannya lebih adil, dibekali kontrol motorized 8 arah (pengemudi) dan 4 arah (penumpang depan). Yep, seperti disebut di awal, satu barang nihil di interior Honda: sunroof.

Powertrain

civic hatchback bekas

Bagai dua dunia berbeda kalau membahas senjata di balik bonnet. Hatchback Mazda menggendong mesin Skyactiv-G 2,0 liter DOHC 16 katup murni tanpa forced induction. Mesin N/A sanggup menghasilkan tenaga hingga 155 PS pada 6.000 rpm dibarengi torsi 200 Nm pada 4.000 rpm. Kemudian, seluruh putaran diterjemahkan ke roda depan melalui girboks otomatis 6 percepatan.

Efisiensi bahan bakar jadi pertimbangan utama tiap pabrikan. Kalau Mazda diperankan teknologi Skyactiv, lain cerita di Honda. Mesin berkubikasi kecil jadi solusi, lalu disokong turbocharger agar performa tetap mumpuni. Di situlah letak perbedaan mendasar. Juga menjadikan keunggulan sebab ekstraksi lebih besar dari kompetitor – Identik citra Honda yang seringkali unggul dalam hal performa mesin mobil mainstream.

Honda mengandalkan unit 1.5 liter turbo DOHC VTEC yang bersemayam di balik kap mesin Civic. Berlimpah, hasil keluaran tenaga bisa sampai 173 PS di 5.500 rpm. Ditambah lagi, buncahan torsi 200 Nm mejeng sejak putaran 1.700 rpm hingga 5.500 rpm. Distribusi daya ditugaskan kepada transmisi CVT dengan paddle shift.

Fitur Safety

Mazda3 Hatchback

Nah, boleh saja Mazda3 tampak ciut bila menyoal performa, tapi pabrikan Yokohama itu boleh berbangga di sektor keselamatan. Sangat lengkap untuk standar Indonesia. Airbag 7 titik siap melindungi dari celaka. Urusan pengereman, standarnya sudah dijaga geng pengereman ABS+EBD+BA. Garda perlindungan manuver pun diisi Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), dan Hill-Launch Assist (HSA). Pengemudi lantas dibantu sensor parkir depan-belakang berikut kamera mundur.

Tapi tak hanya itu, paket keselamatan aktif i-Activsense ikut meramaikan. Alat bantu peringatan dan pengereman aktif tersedia bila pengemudi kurang awas terhadap situasi. Saat melaju, sensor selalu mengawasi keadaan. Sebut saja Smart City Brake Support System (SCBS), Smart Brake Support (SBS), dan Forward Obstruction Warning. Peringatan lain diberikan ketika terdeteksi rintangan di area blindspot (Blindspot Warning System) dan dari sisi samping buritan saat mundur keluar dari parkiran (Rear Cross Traffic Alert).

Cruise control tidak sekadar menjaga kecepatan konstan. Mazda Radar Cruise Control turut memantau mobil di hadapan dan menyesuaikan kecepatan secara otomatis. Sistem perlindungan disudahi oleh Lane Keep Assist System. Berguna untuk menjaga posisi mobil selalu berada di dalam jalur melalui peringatan dan sedikit gerakan korektif.

Standar keselamatan Honda tak kalah komplet, hanya saja tidak secanggih Mazda. Airbag 6 titik saja. ABS+EBD+BA tentunya tak perlu ditanyakan lagi. Honda boyong ekstra berupa Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Paling banter kelebihan berupa Brake Override System yang mengutamakan pijakan rem ketika pedal gas dan rem ditekan bersamaan.

Kesimpulan

Honda Civic RS Vs Mazda3

Melihat penjelasan lebih mendetail, tentu bakal membuat bingung. Urusan desain dan rancangan kembali lagi menyesuaikan selera Anda. Bebas pilih lenggokan sporty atau elegan. Tapi Honda unggul dari sisi performa berkat mesin turbo bertenaga besar. Sementara Mazda tawarkan paket fitur istimewa dalam sebuah hatchback. Terutama menyoal peranti keselamatan aktif. Keputusan akhir kembali ke tangan Anda. Perlu diingat, teliti dulu kondisi sebelum membeli. Periksa ke bengkel resmi kalau perlu dan juga kelengkapan surat-suratnya. Selebihnya, selamat bersenang-senang. (Odi)

Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Beli Mobil Listrik Bekas

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Harga BMW i5 Resmi Diumumkan, Bisa Dimiliki Dengan Rp2,177 Miliar
    Harga BMW i5 Resmi Diumumkan, Bisa Dimiliki Dengan Rp2,177 Miliar
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • BEIJING AUTO SHOW 2024: BYD Pamer Yangwang U7, Sedan EV Paling Aerodinamis
    BEIJING AUTO SHOW 2024: BYD Pamer Yangwang U7, Sedan EV Paling Aerodinamis
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • BMW Bestindo Sediakan X3 & X5 Jadi Armada Shuttle RS Premiere Bintaro
    BMW Bestindo Sediakan X3 & X5 Jadi Armada Shuttle RS Premiere Bintaro
    Muhammad Hafid . 26 Apr, 2024
  • Mitsubishi ASX Punya Wajah Baru, Jadi Lebih Galak Plus Fitur Bertambah
    Mitsubishi ASX Punya Wajah Baru, Jadi Lebih Galak Plus Fitur Bertambah
    Anjar Leksana . 26 Apr, 2024
  • BEIJING AUTO SHOW 2024: Audi Q6L e-tron Meluncur Eksklusif Untuk Konsumen Cina
    BEIJING AUTO SHOW 2024: Audi Q6L e-tron Meluncur Eksklusif Untuk Konsumen Cina
    Setyo Adi . 26 Apr, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • CATL Luncurkan Baterai EV dengan Kemampuan Isi Daya 1 Km per Detik
    CATL Luncurkan Baterai EV dengan Kemampuan Isi Daya 1 Km per Detik
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Neta L Mendebut, EREV yang Mampu Menempuh 1.070 Km
    Neta L Mendebut, EREV yang Mampu Menempuh 1.070 Km
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BMW Bestindo Kolaborasi RS Premier Bintaro Sediakan Luxury Shuttle
    BMW Bestindo Kolaborasi RS Premier Bintaro Sediakan Luxury Shuttle
    Muhammad Hafid . 26 Apr, 2024
  • Ini Mobil yang Dijadikan Andalan Coach Shin Tae-yong untuk Melatih Timnas
    Ini Mobil yang Dijadikan Andalan Coach Shin Tae-yong untuk Melatih Timnas
    Anjar Leksana . 26 Apr, 2024
  • Sedan Listrik Premium Yangwang U7 Diungkap di Beijing Auto Show 2024
    Sedan Listrik Premium Yangwang U7 Diungkap di Beijing Auto Show 2024
    Muhammad Hafid . 26 Apr, 2024
  • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
  • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
  • Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEV
    Setyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
    Tips Agar Perjalanan Mudik Nyaman dan Menyenangkan dari Suzuki
    Zenuar Yoga . 04 Apr, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024