Sesama Produk SAIC, Ambil Wuling BinguoEV atau MG 4 EV?
Banyak produsen khususnya dari Cina bermain di lahan EV. Hal Ini lantaran regulasi baru dan pemberian insentif pajak mobil listrik dari pemerintah. Pasar ini menjadi ladang baru, belum banyak disentuh pabrikan Jepang. Tersedia dua produk dari SAIC Motor (Shanghai Automotive Industry Corporation) di Indonesia. Pertama, unit anyar ada Wuling BinguoEV, belum lama meluncur di Tanah Air. Kemudian saudara lain dari keluarga ada MG 4 EV.
KEY TAKEAWAYS
Wuling BinguoEV dan MG 4 EV merupakan produk SAIC
Kacek harga lumayan, bisa jadi bahan pertimbanganUsai dirakit secara lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat, harga MG 4 EV langsung turun drastis Rp266 juta. Dari Rp699 juta, kini menjadi Rp433 juta on the road Jakarta. Sedangkan Wuling BinguoEV Premium Range sekarang menjadi Rp372 juta. Jika Anda tertarik membeli mobil listrik baru. Duo barang anyar ini bisa dimasukkan ke dalam daftar. Namun, sila simak dulu perbandingan berikut sebagai acuan sebelum membeli gres.
Baca Juga: Ini Cara Derek Mobil Listrik Mogok yang Benar Agar Tidak Makin Rusak
Wuling BinguoEV Premium Range
- Drive Motor Penggerak Depan
- Tenaga 68 PS
- Torsi 150 Nm
- Transmisi Single Reduction Gear (kenop)
- Top Speed 130 Km/Jam
- Harga Rp372 juta OTR Jakarta
MG 4 EV
- Drive Motor Penggerak Belakang
- Tenaga 170 PS
- Torsi 250 Nm
- Transmisi Otomatis Model Kenop
- Top Speed 160 Km/Jam
- Harga Rp433 juta OTR Jakarta
Bicara soal performa berkendara kedua unit. Jelas MG 4 EV memiliki performa lebih baik. OTO Media Group sempat mencoba keduanya. Dari data pabrikan, produk MG memiliki kekuatan 102 PS kian unggul dari BinguoEV. Kemudian torsinya pun kacek 100 Nm. Naik EV Wuling tetap nyaman. Namun jika merasakan respons mesin cukup saja, tidak berlebihan. Dari data ini saja sudah bisa menjadi pijakan, model mana paling sesuai kebutuhan calon pengguna.
Dimensi BinguoEV Premium Range
- Panjang 3.950 mm
- Lebar 1.708 mm
- Tinggi 1.580 mm
- Wheelbase 2.560 mm
- Ground Clearance 150 mm
- Pelek Kaleng 15 inci dan Profil Ban 185/60 mm
Dimensi MG 4 EV
- Panjang 4.287 mm
- Lebar 1.836 mm
- Tinggi 1.516 mm
- Wheelbase 2.705 mm
- Ground Clearance 117 mm
- Pelek Alloy Dual Tone 17 inci dan Profil Ban 215/50 mm
Kedua produk sama-sama berjenis hatchback namun dengan desain jauh berbeda. Wuling BinguoEV cenderung menggemaskan dan cocok bagi segala usia. Sedangkan MG 4 EV mengusung konsep desain sporty. Coba lihat, garis-garis tajam mencuat dari muka depan hingga moncong di buritan. Walau ia bisa dipakai oleh siapa saja, namun bahasa tubuh menyiratkan pas bagi generasi muda.
Jika Anda bandingkan ukuran mobil. MG 4 EV sedikit lebih besar. Mengenai desain, itu adalah hal personal yang tidak bisa diperdebatkan. Tapi, sayangnya Wuling BinguoEV masih menggunakan pelek kaleng ditutup dop plastik. Kemudian seluruh pencahayaan mobil mengusung LED. Baik di depan maupun lampu ekor. Terus masing-masing kapasitas bagasi ketika bangku dilipat. MG menawarkan ruang 1.177 liter dan Wuling 790 liter.
Spek Teknis MG 4 EV
- Baterai 51 kWh LFP
- Daya Jelajah 425 Km NDEC
- Charging AC, DC, V2L
Spek Teknis BinguoEV Premium Range
- Baterai 37,9 kWh LFP
- Daya Jelajah 410 Km CLTC
- Charging AC, DC, GB/T
Lantas kapasitas baterai juga sangat berbeda jauh, walau jenisnya sama Lithium Iron Phosphate (LFP). Kepunyaan MG 4 EV lebih kuat hingga berdaya jelajah 425 km. Ia juga mengantongi teknologi Rubik’s Cube, memberi distribusi berat rata dengan bentuk lebih tipis. Sementara Wuling hanya memiliki kapasitas 37,9 kWH plus jarak tempuh 410 km. Kemudian di MG juga mengantongi fitur Vehicle to Load (V2L). Mobil bisa menjadi sumber listrik berjalan layaknya power bank.
Fitur BinguoEV
- Dual Front Airbags
- ABS + EBD
- EPB + AVH
- Electronic Stability Control
- Rear Parking Sensor and Camera
- ISOFIX
- Tire Pressure Monitoring System
- Immobilizer
- Tanpa ADAS
Fitur MG 4 EV
- Front, Side and Curtain Airbags
- ABS + EBD
- EPB + AVH
- Electronic Stability Control
- Rear Parking Sensor and Camera
- ISOFIX
- Tire Pressure Monitoring System
- Immobilizer
- Dengan ADAS
Yang terakhir mengenai kelengkapan fitur. Segala yang terpasang di BinguoEV juga ada di MG 4 EV. Malah lebih lengkap lantaran berbekal Advanced Driving Assist System (ADAS). Kalau dibedah meliputi Adaptive Cruise Control, Traffic Jam Assist, Lane Keep Assist, Emergency Lane Keeping Assist. Lanjut Lane Departure Warning, Blind Spot Detection serta Rear Cross Traffic Alert. Tak ketinggalan terpasang Smart Check, Smart Command dan Smart Connect. Memungkinkan kendaraan dan pemiliknya terhubung melalui smartphone.
Dengan melihat semua kelengkapan maupun spesifikasi teknis. Rasanya membeli MG 4 EV yang kacek Rp61 juta dibanding produk Wuling tidak membuat Anda menyesal. Dari daya melancong jauh, desain kontemporer dan nilai unggulan berkat ADAS plus koneksi. Kemudian kualitas material MG juga boleh diadu. Bukan Wuling BinguoEV itu jelek, sama sekali tidak. Mungkin mereka mengejar nilai kompetitif, makanya tak semua fitur diberikan. Tidak menutup kans pabrikan memberi perangkat ADAS plus WIND ke depan. (Alx)
Baca Juga: VinFast Siapkan Modal Triliunan Rupiah untuk Berbisnis EV di Indonesia
Share this article
Wuling Binguo EV vs MG 4 EV Comparison
- Rp 317 - 372 Juta
- Rp 423 Juta
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
-
-
-
Ingin Pakai Supermoto Buat Harian? Ini PilihannyaZenuar Istanto . 05 Apr, 2024
-
-
-
Yamaha MX King Juga Akan Pakai Mesin 155 VVAZenuar Istanto . 22 Jan, 2024
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Bandingkan & Rekomendasi
Artikel Mobil dari Carvaganza
-
Bercengkerama Dengan Ioniq 5 N dan Mobil Kencang Lainnya di Hyundai Pan-ASEAN N DayAnindiyo Pradhono . 18 Mei, 2024
-
TOMO Bridgestone Hadir di Bandung, Perluas Jangkauan di Jawa BaratMuhammad Hafid . 18 Mei, 2024
-
Honda: Hybrid Paling Cocok Untuk Pasar Indonesia, Tapi Perlu Edukasi Masyarakat Lebih LuasWahyu Hariantono . 17 Mei, 2024
-
Kia EV6 Dapat Update Tampilan, Baterai Bisa Tempuh Jarak Lebih JauhAnjar Leksana . 17 Mei, 2024
-
BMW Connected Tersedia Untuk Seri 3, Akses Mobil Bisa Via SmartphoneMuhammad Hafid . 17 Mei, 2024
Artikel Mobil dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test
-
Hyundai Pan-ASEAN N Day, Berkenalan dengan Line-up N TerbaruAnindiyo Pradhono . 18 Mei, 2024
-
BMW Indonesia Luncurkan Fitur Telematika CanggihMuhammad Hafid . 17 Mei, 2024
-
Kia EV6 Dapat Penyegaran, Daya Jelajah Bertambah Menjadi 494 KmAnjar Leksana . 17 Mei, 2024
-
Penuhi Kebutuhan Konsumen Daerah, Alasan Mitsubishi Tawarkan Xpander Ultimate MTSetyo Adi Nugroho . 17 Mei, 2024
-
Hyundai Motor Kerja Bareng ITB dalam Pengembangan Perintah Suara AIAnjar Leksana . 17 Mei, 2024
-
Kompasari Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR SportSetyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
-
Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
-
Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-VMuhammad Hafid . 25 Apr, 2024
-
Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan UsahaAnjar Leksana . 25 Apr, 2024
-
Cek Spesifikasi Dua SUV Hybrid Terbaru, Haval H6 dan MG VS HEVSetyo Adi Nugroho . 22 Apr, 2024
-
Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
-
Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik LebaranAnjar Leksana . 16 Apr, 2024
-
Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus BalikSetyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
-
Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari HyundaiSetyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
-
Waspada Menggunakan Jalur ContraflowSetyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
-
First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!Anjar Leksana . 13 Mei, 2024
-
Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di PerkotaanSetyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
-
Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
-
Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
-
First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi SenjataSetyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024