Begini Cara Mengatur Bukaan Pedal Gas dan Kopling Mobil Manual yang Benar

https://press.kia.com/

 

KEY TAKEAWAYS

  • Mengemudikan mobil manual bukan berarti sekadar bisa

    Kalau salah penerapannya, bisa mempercepat umur kopling
  • Mobil bertransmisi manual masih sering digunakan dan diandalkan banyak masyarakat. Sebab durabilitas terkenal baik. Namun demikian, cara pakainya harus sesuai aturan, tidak bisa asal-asalan. Sehingga jangka waktu pemakaian bisa semakin panjang dan kampas kopling bisa semakin awet. Simak tips cara mengatur pedal kopling dan bukaan pedal akselerator di berbagai kondisi.

     

    Injak Akselerator Perlahan

    Saat melaju dengan kecepatan rendah di gigi percepatan lebih tinggi. Sebaiknya hindari perilaku menginjak pedal akselerator secara dalam dan mendadak. Karena hal ini sama saja memaksa mesin untuk bekerja sangat keras. Lantas menyebabkan tekanan dan beban yang tidak semestinya terjadi. Akhirnya dapat berdampak terhadap performa dan keawetan mesin.

    Jika pengendara memerlukan penambahan kecepatan. Lebih baik menginjak pedal akselerator dengan perlahan atau dengan menurunkan gigi percepatan transmisi terlebih dahulu sebelum berakselerasi.

    Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

     

    Engine Brake

    Dalam kondisi tertentu yang masih aman. Penurunan kecepatan atau deselerasi dapat saja terjadi secara efisien tanpa banyak menginjak pedal rem dalam-dalam. Asalkan urutan sudah benar. Maksudnya, perpindahan dari gigi percepatan tinggi ke gigi percepatan lebih rendah harus dilakukan. Misalnya saja Anda sedang berkendara di gigi 4. Maka tidak boleh langsung pindah ke gigi 2 apalagi gigi 1.

    Perpindahan harus melalui gigi 3 terlebih dahulu sehingga lebih halus dan menjaga kualitas mesin. Kecuali dalam kondisi darurat guna menurunkan kercepatan kendaraan. Saat terjadi engine brake maka konsumsi bahan bakar berkurang dan kendaraan melambat. Jika dilakukan, maka penggunaan rem juga dapat diminimalisir, sehingga kanvas rem lebih awet.

    Lalu putaran yang terjadi di mesin bakal menahan kecepatan mobil dan jika sudah diperlukan pengendara bisa kembali menginjak pedal akselerator. Teknik ini digunakan agar mobil lebih mudah dikendalikan, baik pada kondisi jalanan menurun, pada saat hujan dan saat melaju di jalan raya.

     

    Atur Pedal Kopling

    Melepas pedal kopling secara cepat akan membuat kendaraan tersentak. Sekaligus memberikan tekanan lebih pada mesin dan transmisi. Hal ini menyebabkan kopling menjadi panas. Bila hal ini diteruskan atau menjadi kebiasaan akan menyebabkan umur pakai komponen kopling lebih cepat. Maka dari itu pengendara harus memperhatikan cara melepaskan kopling secara perlahan agar mobil tidak berjalan dengan menyentak.

    “Dengan informasi yang diberikan ini. Kami berharap konsumen dapat memahami sepenuhnya mengenai cara berkendara yang baik. Sehingga dapat mempengaruhi performa dan umur pakai mesin mobil. Kebiasaan ini, sebisa mungkin diterapkan maupun dihindari untuk yang negatifnya. Jadi, perjalanan tetap terasa aman dan nyaman ketika berkendara jarak dekat maupun jauh. Pengendara juga harus memastikan untuk selalu melakukan perawatan rutin supaya menghindari kerusakan,” tutup Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
      Porsche Classic Art Week 2025 Dibuka, Padukan Karya Seniman Muda dan Mobil Klasik
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
      AION Driveperience Hadir di Bintaro, Bisa Test Drive dan Program Menarik
      Alvando Noya . 10 Mei, 2025
    • Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
      Autochem Ajak Gen Z Paham Otomotif, Gelar Edukasi Sistem Rem dan ECU
      Setyo Adi . 10 Mei, 2025
    • Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
      Rasakan Sensasi SUV Masa Depan Jaecoo di OTO Mall Exhibition Pondok Indah Mall
      Tomi Tomi . 10 Mei, 2025
    • Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
      Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
      Setyo Adi . 09 Mei, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
      AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
      Alvando Noya . 09 Mei, 2025
    • MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
      MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
      Alvando Noya . 09 Mei, 2025
    • BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
      BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
      Alvando Noya . 08 Mei, 2025
    • Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
      Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
      Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
    • BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
      BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
      Alvando Noya . 08 Mei, 2025
    • Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
      Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
      Anjar Leksana . 09 Mei, 2025
    • Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
      Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
      Muhammad Hafid . 09 Mei, 2025
    • Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
      Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
      Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
    • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
      Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
      Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
    • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
      Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
      Alvando Noya . 07 Mei, 2025
    • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
      Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
    • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
      Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
    • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
      Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
    • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
      Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
    • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
      Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
    • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
      Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
    • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
      Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
    • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
      Alvando Noya . 13 Mar, 2025
    • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
    • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025