Racikan Ini yang Bikin Rasa Berkendara Mitsubishi XForce Beda dari Xpander

Test Drive Mitsubishi XForce

Membuat mobil baru tak melulu harus dari nol. Ini yang dilakukan Mitsubishi Motors dalam melahirkan XForce. Ia menggunakan platform sama seperti kepunyaan Xpander. Hal ini dapat memangkas ongkos riset, sekaligus mempercepat pengembangan produk. Struktur dasar itu mencakup pemakaian sasis, enjin Mivec 4A91, transmisi CVT dengan sedikit tuning. Lantas racikan apa saja yang bikin sensasi berkendara bersamanya terasa sangat berbeda?

KEY TAKEAWAYS

  • Mitsubishi XForce dan Xpander gunakan platform yang sama

    Tapi Mitsubishi bikin karakter berkendaranya berbeda
  • Pertama, bila dilihat dari respons mesin. Jantung pacu XForce memang sama seperti Xpander bervolume 1,5 liter. Dengan format empat piston DOHC 16 valve, keluaran tenaga puncak mencapai 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimal sampai 141 Nm pada 4.000 rpm. Perlu digarisbawahi, angka itu merupakan tenaga statis hanya dari mesin. Belum tereduksi saat energi diteruskan via transmisi dan tersalur ke roda. 

    Baca Juga: Perangkat Mitsubishi XForce untuk Menerjang Hujan dan Jalan Basah

    Ketika kita menggunakan mobil secara riil di jalan raya dengan simulasi hanya digunakan satu pengemudi saja. Dorongan XForce terasa lebih cekatan. Faktor pemicunya ialah lantaran SUV baru ini punya bobot 100 kg lebih ringan dari Xpander. Sehingga ukuran power to weight ratio pastilah berbeda. Opsi penggerak juga sama melalui roda depan (FWD). Ia menggunakan penyaluran tenaga via matik jenis CVT, terkenal memiliki penyaluran mulus. Termasuk bisa bikin irit bahan bakar kalau piawai menjaga putaran tetap optimal. 

    Lalu jenis CVT diklaim memiliki friksi rendah. Kemudian minim terjadi power loss sehingga tidak membuang tenaga dan bahan bakar secara berlebih karena rpm lebih stabil. Menurut Mitsubishi, transmisi juga sama dibuat 8 percepatan virtual gear. Namun rasionya dibuat berbeda. Milik XForce, untuk rentang drive (D) mencapai 2,480 – 0,396 lalu reverse 2,604 dan final drive 5,698.  

    "Dalam hal ini, kami melakukan ubahan mengenai pattern transmisi agar mampu memberikan driving feeling mengemudi selayaknya SUV. Bahkan Continuously Variable Transmission (CVT) di dalam XForce bisa mendeteksi jalan yang dilewati oleh mobil. Sehingga memberikan respons dengan cepat. Mobil ini juga lebih ringan dari Xpander. Banyak tuning agar memberikan sensasi dan karakter berbeda,” terang Ngabehi Marzuq, Product Planning Department PT MMKSI, dalam sesi media drive akhir tahun lalu.

    Mitsubishi XForce pakai platform Xpander

    Hasilnya, saat pengujian OTO dan Carvaganza. Mitsubishi XForce menuju Semarang lewat tol Bawen, ia terasa lebih tangkas. Ketika jalan datar, untuk berakselerasi mulus hingga 100 km/jam. Tertera putaran mesin 2.000 rpm hingga 2.500 rpm di layar 8 inci digital driver display. Karakter redaman guncangan juga beda dengan Xpander. 

    Suspensi depan Mitsubishi XForce menggunakan MacPherson Strut dan penyangga roda belakang Torsion Beam. Caster trail redaman depan diperlebar guna meningkatkan stabilitas maupun handling. Lalu ukuran pelek 18 inci dengan ketebalan ban 225/50 mm menambah karakter tersendiri. Sedangkan milik Xpander pakai ring 17 inci berikut ban 205/55 mm. Bantingannya pasti tak sama. “Suspensi di dalam Mitsubishi XForce sudah dilakukan tuning khusus, sehingga lebih nyaman. Makin stabil, tetapi tidak menghilangkan karakter sebuah SUV. Terutama ketika mobil diajak bermanuver, kepresisian berkendara senantiasa terjaga,” imbuh Ngabehi. (Alx)

    Baca Juga: Ini Handling dan Respons Transmisi Mitsubishi XForce saat Berkelana Jauh

    Jelajahi Mitsubishi XForce

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi XForce
    Mitsubishi XForce
    Rp 381,9 - 414,9 Juta Cicilan : Rp 8,71 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Outlander PHEV
      Mitsubishi Outlander PHEV

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mitsubishi XForce dari Carvaganza

    • Mitsubishi XForce Punya Peluang Dapat Versi Hybrid
      Mitsubishi XForce Punya Peluang Dapat Versi Hybrid
      Bangkit Jaya . 04 Apr, 2024
    • TEST DRIVE: Mengulik Performa Dinamis Mitsubishi XForce, Konsumsi BBM Impresif
      TEST DRIVE: Mengulik Performa Dinamis Mitsubishi XForce, Konsumsi BBM Impresif
      Bangkit Jaya . 29 Feb, 2024
    • IIMS 2024: Fitur Canggih dan Lengkap Menjadi Favorit Konsumen Mitsubishi XForce
      IIMS 2024: Fitur Canggih dan Lengkap Menjadi Favorit Konsumen Mitsubishi XForce
      Alvando Noya . 24 Feb, 2024
    • IIMS 2024: Mitsubishi Tawarkan Promo Harga Khusus XForce
      IIMS 2024: Mitsubishi Tawarkan Promo Harga Khusus XForce
      Alvando Noya . 24 Feb, 2024
    • Dari Cikarang, Mitsubishi XForce Mulai Diekspor ke Vietnam
      Dari Cikarang, Mitsubishi XForce Mulai Diekspor ke Vietnam
      Alvando Noya . 06 Feb, 2024

    Artikel Mobil Mitsubishi XForce dari Oto

    • Berita
    • Road Test
    • Susul Xpander, Mitsubishi XForce Juga Bakal Disuntik Elektrifikasi Hybrid
      Susul Xpander, Mitsubishi XForce Juga Bakal Disuntik Elektrifikasi Hybrid
      Bangkit Jaya Putra . 03 Apr, 2024
    • Mitsubishi XForce Punya Tipe Termurah GLX CVT, Begini Kelengkapannya
      Mitsubishi XForce Punya Tipe Termurah GLX CVT, Begini Kelengkapannya
      Anjar Leksana . 27 Feb, 2024
    • Skema Kredit Mitsubishi Xforce di IIMS 2024
      Skema Kredit Mitsubishi Xforce di IIMS 2024
      Setyo Adi Nugroho . 23 Feb, 2024
    • Mitsubishi XForce dan Xpander Pakai Satu Platform, Kenapa Rasa Berkendara Beda?
      Mitsubishi XForce dan Xpander Pakai Satu Platform, Kenapa Rasa Berkendara Beda?
      Anjar Leksana . 15 Jan, 2024
    • Deret Fitur Mitsubishi XForce untuk Berkendara saat Musim Hujan
      Deret Fitur Mitsubishi XForce untuk Berkendara saat Musim Hujan
      Anjar Leksana . 12 Jan, 2024
    • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
    • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
      Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2023
    • First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
      First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2023