Ini Handling dan Respons Transmisi Mitsubishi XForce saat Berkelana Jauh

Mitsubishi XForce Test Drive

Untuk merasakan sensasi berkendara bersama Mistubishi XForce secara lengkap. MMKSI gelar media test drive dari Solo lanjut ke Semarang dan berakhir di Yogyakarta. Lanskap sepanjang perjalanan tiga kota ini cocok sekali untuk menggali karakter sang kompak SUV terbaru. Mulai dari respons mesin, transmisi dan kelengkapan fitur pendukung mobilitas. 

KEY TAKEAWAYS

  • Test drive Mitsubishi XForce ke tiga kota di Jawa Tengah

    Desain dan sensasi berkendara mantap jadi nilai jual tersendiri
  • Tak perlu lama, tiba di bandara Adi Soemarmo (Surakarta), langsung ada penjelasan singkat dari Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) seputar produk. Kemudian bergegas berada di balik lingkar kemudi XForce. Posisikan bangku secara baik. Setir bisa diatur empat arah (tilt and telescopic) secara nyaman. Dengan tinggi penguji 173 cm, cukup untuk mendapat visual optimal di sekitar kendaraan.

    Baca Juga: Perangkat Penambah Kenyamanan dan Kepraktisan Mitsubishi XForce untuk Melancong

    Masuki jalan tol menuju Semarang, menjadi kesempatan pertama untuk merasakan penyatuan bersama Mitsubishi XForce. Lantaran jalanan beraspal, mode yang digunakan ialah Normal. Pergerakan lingkar kemudi terasa pas digenggam, sesuai karakter Electric Power Steering. Bakal semakin berat kala mobil melesat kencang. Betul, mesin tertancap di dalamnya sama persis seperti milik Mitsubishi Xpander.

    Performa Jantung Pacu

    Mitsubishi XForce Test Drive

    Jantung pacu XForce menggunakan kode 4A91. Dengan format empat piston DOHC 16 valve, keluaran tenaga puncak mencapai 105 PS di 6.000 rpm dan momen puntir maksimal sampai 141 Nm pada 4.000 rpm. Perlu digarisbawahi, angka itu merupakan tenaga statis hanya dari mesin. Belum tereduksi di transmisi dan tersalur ke roda. Bayangkan saja, SUV baru ini punya bobot 100 kg lebih ringan dari Xpander. Sehingga ukuran power to weight ratio pastilah berbeda.

    Lalu pilihan penggerak melalui roda depan (FWD). Ia menggunakan matik jenis CVT, terkenal memiliki penyaluran mulus. Termasuk bisa bikin irit bahan bakar kalau mahir menjaga putaran tetap optimal. Hasilnya, saat menuju Semarang lewat tol Bawen, ia terasa lebih tangkas. Ketika jalan datar, untuk berakselerasi mulus hingga 100 km/jam. Tertera putaran mesin 2.000 rpm hingga 2.500 rpm di layar 8 inci digital driver display.

    Sesekali ketika jalanan relatif lengang, aktifkan cruise control di tombol kanan setir. Putaran mesin lebih stabil sekitar 2.000 rpm untuk melaju di 95km/jam. Kecepatan mobil juga bisa diturunkan atau dinaikkan lewat tombol. Kaki kanan tetap berjaga di pedal rem. Yang jadi catatan buat Mitsubishi, seharusnya mobil sekeren XForce sudah berbekal adaptive cruise control. Jangan kalah dengan rival sekelas.

    Kemampuan CVT dan Tombol DS

    Mitsubishi XForce Test Drive

    Respons mesin dan transmisi XForce di jalan tol terbilang cekatan, wajar karena kontur jalanan cenderung menurun. Tidak perlu injak pedal akselerator terlalu dalam untuk mendapatkan kecepatan instan. Perlu diketahui, di tuas transmisi terdapat tombol DS. Sekali lagi ini bukan sebagai mode Sport. Jangan salah kaprah. Seperti di kendaraan secara umum, fitur ini berfungsi layaknya overdrive. Jika diaktifkan, maka rasio gigi virtual bakal ditahan agar dapat memperoleh akselerasi cepat dan momentum tarikan optimal. Namun putaran mesin lebih tinggi.

    Anda dapat menggunakan ketika hendak menyalip kendaraan di depan. Sesudahnya, matikan kembali fungsi itu. Kalau tidak, ya mesin bakal terus meraung dan malah jadi boros bahan bakar. Tapi jujur, sepanjang jalan tol menuju Semarang hampir tidak pernah gunakan tombol DS. Karena respons mesin sudah cukup buat overtake maupun berselancar mulus.

    Catatan Konsumsi BBM & Skor Berkendara

    Mitsubishi XForce Driving Score

    Karena bergerak tidak tergesa-gesa, catatan konsumsi berdasar MID berkisar 13,5 km/liter. Ini sekadar gambaran saja saat perjalanan luar kota dengan empat penumpang. Lalu bagasi terisi barang bawaan. Nah, menariknya lagi. Di dalam head unit 12,3 inci Mitsubishi XForce memiliki driving score. Fitur dirancang dan dikembangkan secara khusus oleh legenda Reli Dakar Hiroshi Masuoka.

    Tersedia tiga aspek mendasar dalam menentukan skor mengemudi Anda yakni: akselerasi, steering dan pengereman. Intinya, bagaimana cara kita membawa kendaraan agar penumpang tetap terasa nyaman. Jika mengendarai berantakan, pasti nilainya jelek. Dari Solo ke Semarang, akumulasi skor berkendara 89 poin. Ini adalah hasil rata-rata dari tiga aspek di atas. Artinya, enggak ugal-ugalan.

    Handling

    Hari kedua, setelah rehat semalaman di Semarang. Pengetesan berlanjut ke Yogyakarta melalui jalur tol dan jalan provinsi di perbukitan dan pegunungan seperti Ungaran dan Kopeng. Banyak sekali jalanan menikung tajam dan tidak rata. Di sini tepat buat merasakan bagaimana sistem redaman Mitsubishi XForce bekerja. Ia menggunakan suspensi depan tipe MacPherson Strut dan penyangga roda belakang Torsion Beam.

    Fator lain yang berpengaruh terhadap bantingan ialah roda. Mitsubishi XForce menggunakan pelek dual tone sebesar 18 inci. Profil ban agak tipis yakni 225/50 mm dan tekanan ban semuanya 230 kPa atau 33 psi, seperti tertera di TPMS. Jadi, dari sini saja sudah ada gambaran bagaimana sistem redaman mobil.

    Jujur, saat melintasi jalan beraspal, Mitsubishi XForce terasa mantap cenderung minim gejala body roll alias limbung. Bergerak menyalip kendaraan di depan tetap stabil. Apalagi ketika ia dipacu kencang di atas 100 km/jam. Seolah melesat mulus tanpa hambatan. Sistem insulasi di dalam juga baik, sehingga suara gesekan roda dan jalanan, bunyi mesin hampir tidak terdengar. Tapi, begitu kendaraan melindas lubang atau gundukan, bantingan terasa keras. Namun masih dalam batas normal. Kenapa bisa begitu?

    Formulasi suspensi di dalam Mitsubishi XForce, ia mendapatkan Torsion Beam lebih besar. Kemudian spring rate menurut pabrikan ditingkatkan 20 persen dibanding milik Xpander. Makanya redaman dibuat lebih kaku sesuai karakter kompak SUV. Walau begitu, pengembalian pegas (rebound) masih terasa lembut. Sepanjang perjalanan, kemantapan berkendara juga didukung oleh bantuan Active Yaw Control.

    Active Yaw Control (AYC)

    Mitsubishi XForce Test Drive

    XForce juga memiliki AYC guna mencegah gejala understeer. Alhasil kendaraan lebih mudah dikendalikan saat bermanuver menikung dalam sudut lebih kecil. Walau tidak berkorelasi langsung dengan gejala body roll, selama pengetesan di daerah Ungaran, malah minim limbung. Peranti juga sangat menambah kemantapan mobil ketika melesat di tikungan tajam dalam kecepatan tinggi.

    Jadi, secara singkat sistem Active Yaw Control (AYC) memiliki pola kinerja berjenjang dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC). Nah, tatkala ASC menahan putaran roda agar tidak selip di kondisi jalan licin. Maka AYC membagi distribusi penyaluran daya antara roda kanan dan kiri agar seimbang saat menikung. Hasilnya adalah kepresisian berkendara.

    Inferensi

    Mitsubishi XForce Test Drive

    Dari seluruh kapabilitas dan semua faktor keunggulan di dalam Mitsubishi XForce apakah ia layak dimiliki? Tipe Ultimate CVT kini dilego Rp419,1 juta on the road Jakarta. Kalau Anda betul penyuka petualangan dan sensasi berkendara. Maka ia cocok dijadikan penghuni garasi rumah. Mode berkendara lengkap, plus kenikmatan audio dari Dynamic Sound Yamaha Premium. Namun kalau sekadar butuh mobilitas urban, sebaiknya pilih Exceed CVT saja Rp382,5 jutaan.

    Untuk bertarung di segmen kompak SUV 5-seater. Mitsubishi XForce lebih menekankan nilai jual seperti desain gagah, mode berkendara dan audio premium. Seyogianya mereka bisa menambah kelengkapan fitur aktif dan preventif (ADAS) pada masa mendatang. Termasuk sistem telematik. Sehingga tak kalah kelengkapan dari rival sekelas. (Alx)

    Baca Juga: Perbedaan Kelengkapan Mitsubishi Xforce Exceed dengan Ultimate 2023

    Jelajahi Mitsubishi XForce

    • Tampak Depan Bawah Mitsubishi XForce
    Mitsubishi XForce
    Rp 381,9 - 414,9 Juta Cicilan : Rp 8,71 Juta

    Model Mobil Mitsubishi

    Mobil Mitsubishi
    • Mitsubishi Xpander
      Mitsubishi Xpander
    • Mitsubishi L300
      Mitsubishi L300
    • Mitsubishi Triton
      Mitsubishi Triton
    • Mitsubishi L100 EV
      Mitsubishi L100 EV
    • Mitsubishi Outlander PHEV
      Mitsubishi Outlander PHEV

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Mitsubishi Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Mitsubishi XForce dari Carvaganza

    • Mitsubishi XForce Punya Peluang Dapat Versi Hybrid
      Mitsubishi XForce Punya Peluang Dapat Versi Hybrid
      Bangkit Jaya . 04 Apr, 2024
    • TEST DRIVE: Mengulik Performa Dinamis Mitsubishi XForce, Konsumsi BBM Impresif
      TEST DRIVE: Mengulik Performa Dinamis Mitsubishi XForce, Konsumsi BBM Impresif
      Bangkit Jaya . 29 Feb, 2024
    • IIMS 2024: Fitur Canggih dan Lengkap Menjadi Favorit Konsumen Mitsubishi XForce
      IIMS 2024: Fitur Canggih dan Lengkap Menjadi Favorit Konsumen Mitsubishi XForce
      Alvando Noya . 24 Feb, 2024
    • IIMS 2024: Mitsubishi Tawarkan Promo Harga Khusus XForce
      IIMS 2024: Mitsubishi Tawarkan Promo Harga Khusus XForce
      Alvando Noya . 24 Feb, 2024
    • Dari Cikarang, Mitsubishi XForce Mulai Diekspor ke Vietnam
      Dari Cikarang, Mitsubishi XForce Mulai Diekspor ke Vietnam
      Alvando Noya . 06 Feb, 2024

    Artikel Mobil Mitsubishi XForce dari Oto

    • Berita
    • Road Test
    • Susul Xpander, Mitsubishi XForce Juga Bakal Disuntik Elektrifikasi Hybrid
      Susul Xpander, Mitsubishi XForce Juga Bakal Disuntik Elektrifikasi Hybrid
      Bangkit Jaya Putra . 03 Apr, 2024
    • Mitsubishi XForce Punya Tipe Termurah GLX CVT, Begini Kelengkapannya
      Mitsubishi XForce Punya Tipe Termurah GLX CVT, Begini Kelengkapannya
      Anjar Leksana . 27 Feb, 2024
    • Skema Kredit Mitsubishi Xforce di IIMS 2024
      Skema Kredit Mitsubishi Xforce di IIMS 2024
      Setyo Adi Nugroho . 23 Feb, 2024
    • Mitsubishi XForce dan Xpander Pakai Satu Platform, Kenapa Rasa Berkendara Beda?
      Mitsubishi XForce dan Xpander Pakai Satu Platform, Kenapa Rasa Berkendara Beda?
      Anjar Leksana . 15 Jan, 2024
    • Deret Fitur Mitsubishi XForce untuk Berkendara saat Musim Hujan
      Deret Fitur Mitsubishi XForce untuk Berkendara saat Musim Hujan
      Anjar Leksana . 12 Jan, 2024
    • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
      Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
    • Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
      Test Drive Mitsubishi XForce Ultimate: Handling dan Respons Superior!
      Anjar Leksana . 11 Des, 2023
    • First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
      First Drive Mitsubishi XForce: Memenuhi Ekspektasi di Kelas Crossover
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2023