10 Mobil Polisi Paling Keren di Dunia

2021-ford-f-150-police-responder

 

Sports car dan supercar sudah menjadi tunggangan polisi. Tak hanya terjadi di Timur Tengah, negara-negara Eropa juga ikutan. Bahkan mobil listrik juga mulai dijadikan kekuatan armada. Berikut 10 mobil unik digunakan polisi di berbagai negara.

 

Austria

Porsche police car

Negara di Eropa Tengah ini sudah berhubungan dengan Porsche sejak lama. Pada 1960-an dan 1970-an banyak mobil patroli Austria diperkuat pabrikan asal Jerman. Terbaru pada 2017, di mana Federal Ministry of the Interior Austria memilih Porsche 911 Carrera sebagai tunggangan penegak hukum di jalan bebas hambatan.

 

Australia

Mercedes police car

Kita bergeser ke Benua Australia. Tak berbeda dengan Austria, mereka juga memanfaatkan mobil bertenaga tinggi dari Jerman. Namun, bukan Porsche melainkan Mercedes-Benz. Sebelumnya kepolisian negara kangguru dilengkapi mobil buatan Ford dan Holden, kemudian berganti menjadi sedan bermesin V6 3,0 liter bertenaga 400 hp, yakni Mercy seri E43 AMG.

 

Ceko

BMW i8

Ceko memilih BMW i8 sebagai kendaraan kepolisian. Masuk ke dalam ranah sportscar, spesifikasi mobil ramah lingkungan itu tetap memiliki performa mumpuni. Sayangnya penggunaan i8 tak lama hanya sebulan, lantaran unit mengalami kecelakaan hebat yang menyebabkan pengemudinya cedera parah.

 

Hungaria

Audi TT police car

Bukan tanpa sebab Kepolisian Hungaria memilih Audi TT. Pada saat Audi TT dipasarkan di sana, polisi lalu lintas membutuhkan mobil yang dapat menandinginya. Namun, unit terpilih bukan bermesin V6 3,2 liter, melainkan 1.8 liter. Secara spesifikasi rasanya kurang mumpuni.

 

Amerika Serikat

BMW i3

Amerika Serikat dikenal sering melengkapi kendaraan operasional dengan tipe berotot. Namun, kali ini BMW i3 jadi pilihan. Tak hanya ramah lingkungan, ukurannya mungil tapi memiliki kelincahan tinggi jadi alasan. Apalagi mobil ditempatkan di area perkotaan yang padat lalu lintasnya. Sebuah pilihan menarik yang mungkin bisa diaplikasikan di Tanah Air, meski harus mengeluarkan kocek cukup besar.

 

Jepang

Sebagai negara dengan banyak brand otomotif, Jepang tentu punya banyak opsi menarik. Pilihan paling ikonik jatuh ke Nissan Fairlady Z atau biasa dikenal sebagai 350Z. Unit terpakai merupakan versi Nizmo berkonfigurasi V6 3,5 liter yang menghasilkan 310 hp. Berbagai fitur performa tinggi seperti Viscous Limited-Slip Differential (VLSD), uprated suspension, sistem kontrol taksi baru , paket aerodinamika Nismo dan rem Brembo. Unit ditempatkan di Prefektur Tochigi pada 2008.

 

Italia

Ragam sportscar, supercar hingga hypercar tersedia di Italia. Harusnya tak sulit bagi pihak kepolisian dalam memilih. Paling ikonik saat mereka menggunakan dua Lamborghini Gallardo sebagai mobil patroli. Namun, satu unit mengalami kecelakaan saat melakukan pengejaran kecepatan tinggi. Tak butuh lama bagi pemerintah menggantinya, tapi bukan Gallardo baru melainkan Huracan.

 

Dubai

Bugatti Veyron

Veyrons buatan Bugatti sempat menjadi kendaraan kepolisian Dubai. Sebanyak dua unit disediakan. Tentunya dibutuhkan pengemudi dengan kemampuan tinggi untuk menjinakkan binatang buas yang menggendong mesin berkonfigurasi W16. Ia disokong empat turbocharger mampu menghasilkan 1.000 hp dan punya kecepatan tertinggi hingga 407 km/jam.

 

Luxembourg

Tesla Model S

Mobil listrik mungkin bukan pilihan tepat untuk kendaraan operasional polisi. Jarak tempuh yang tak terlalu jauh dan kecepatan pengisian daya jadi penyebabnya. Mengingat mobilitas polisi sangat tinggi dan cepat. Namun, itu tak menghalangi Luxembourg untuk menggunakan Tesla Model S. Performanya bisa diandalkan dengan jarak tempuh mencapai 400 km. Lagi pula Luxembourg terbilang negara berwilayah kecil, jadi tak masalah.

 

Abu Dhabi

Lykan police car

Layaknya Dubai, Abu Dhabi punya tunggangan kepolisian yang mencengangkan. Bayangkan Lykan Hypersport yang pernah muncul di film Fast & Furious dijadikan mobil polisi. Secara spesifikasi memang tak segila Bugatti Veyron. Mesin 6 silinder tersokong turbo ganda menghasilkan 791 hp. Akselerasi dari posisi nol ke 100 km/jam hanya butuh 2,8 detik dan kecepatan puncaknya 394 km/jam. Namun, harganya luar biasa, Rp53 miliaran dan hanya dibuat 7 unit secara global. (hfd)sokong turbo ganda menghasilkan 791 hp. Akselerasi dari posisi nol ke 100 km/jam hanya butuh 2,8 detik dan kecepatan puncak. Namun, harganya luar biasa, Rp53 miliaran dan hanya dibuat 7 unit secara global. (Hfd/Odi)

 

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Punya Kontribusi Hebat, Tapi Sayang Mudah Terlupakan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test