3 LCGC Berbanderol Paling Terjangkau yang Kami Rekomendasikan

Honda Brio

Low Cost Green Car (LCGC) masih menjadi favorit masyarakat Indonesia. Terbukti sebagai mobil terlaris 2020 lalu, diwakili oleh Honda Brio. Mobil jenis LCGC dirancang untuk pemakaian harian. Makanya harus irit, durabilitas baik, mudah perawatan dan pajak tahunan murah. Dominasi kelas ini masih dikuasai pabrikan Jepang. Sekarang tersedia dua kategori, hatchback atau MPV mungil berkonfigurasi 5 + 2. Itu semua kembali pada acuan keperluan berkendara Anda. Sedikitnya tiga unit ini kami rekomendasi karena punya keunggulan nilai tersendiri.

Kalau melihat segmen hatchback mungil, ada Honda Brio Satya di daftar utama. Sebab ia mengantongi banyak nilai positif. Lalu opsi lain sebagai alternatif yakni Daihatsu Ayla. Harganya sangat murah, rentang tipe tersedia amat variatif sehingga penetrasi produk lebih presisi. Lantas di ranah mobil murah tujuh penumpang, Sigra pun selalu jadi primadona. Dan perlu diketahui, mereka semua masuk ke dalam 10 mobil terlaris sepanjang Januari – Desember 2020. Mari simak saban unitnya.

Honda Brio Satya

Brio Satya

Model pertama yang paling direkomendasikan ialah Honda Brio Satya CVT. Mereka paham betul dalam menawarkan produk sesuai dengan target market: generasi muda. Lihatlah, desain lebih segar dan tampilan dibikin trendi. Meski ada opini, karakter Brio jadi berubah, lantaran tak lagi pakai kaca datar di buritan. Toh pernyataan itu ditepis lewat hasil torehan jualan yang positif. Artinya dengan bentuk sedikit lebih bongsor dan lekukan lebih tajam dari model lawas. Ia malah makin diterima pasar.

Dimensi jadi salah satu poin utama pada Brio terbaru. Unit punya panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485 mm. Tak cuma dari bodi yang lebih jenjang, jarak sumbu roda juga direnggangkan menjadi 2.405 mm. Hasilnya bikin kabin makin lapang, baris kedua dan bagasi kian lega. Ini menjadi keunggulan lebih bagi keluarga kecil yang ingin membeli Brio dan membawa anaknya pergi bersama.

Angka yang ditawarkan Honda Prospect Motor memang di atas beberapa rival. Tapi itu sanggup mengongkosi segala kapabilitasnya. Unit paling laku memang varian LCGC lantaran lebih ramah di kantong. Selebihnya citra brand Honda tergolong baik. Saat konsumen membeli Brio, seolah gengsi pemilik juga ikut terkerek. Pabrikan berlogo H tegak ini acap kali dicap masyarakat bukan sebagai produk murahan.

Jantung pacu 4-silinder 1,2 liter i-VTEC. Denyut maksimal mencapai 90 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm di 4.800 rpm. Dari data di atas kertas, angka itu paling tinggi di kelasnya. Jadilah sangat gesit digunakan untuk menyelinap di kemacetan kota. Yang bikin ia digandrungi konsumen ialah transmisi CVT. Rival lain selevel masih pakai matik konvensional. Perangkat itu digunakan guna menyalurkan power ke roda depan. Teknologi ini pula yang menambah efisiensi pembakaran. Selain penyalurannya halus, continuously variable transmission menjaga laju putaran enjin stabil.

Yang jadi pertanyaan, berapa konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya CVT dalam pengendaraan normal? Kami sempat menguji dan memakainya untuk harian. Diisilah bensin beroktan RON 90 (sesuai rekomendasi pabrikan). Hasil didapat sekitar 13 km/liter dengan kondisi macet tipikal jalanan ibu kota. Sedang konsumsi jalan bebas hambatan mencapai 20 km/liter. Pada ajang pembuktian efisiensi di acara HPM, ada yang tembus 25,1 km/liter dengan mengaplikasikan eco-driving. Kalau pandai mengatur putaran mesin dan momentum, niscaya bisa seirit itu.

Nilai jual Brio ada di sektor handling. Tak sedikit yang mengakui pengendalian Satya maupun RS menyenangkan. Dengan catatan, tetap dalam sudut pandang sebagai kendaraan di segmen kompak hatchback. Suspensi depan pakai MacPherson Strut dan H-Shape Torsion Beam di roda belakang. Namanya hatchback sudah pasti punya ketangkasan. Tapi Brio memberikan pengendalian lebih dari pabrikan lain. Salah satu penyebabnya, formulasi redaman getaran itu. Komunikasi antara setir dengan ban juga positif. Reaksinya tangkas untuk bermanuver. Saat melesat kencang juga tetap stabil. Berikut daftar harga Brio 2021:

  • Honda Brio Satya S MT Rp 149 juta
  • Honda Brio Satya E MT Rp 158 juta
  • Honda Brio Satya E CVT Rp 173 juta

Baca Juga: Opsi Mobil dengan Fitur Cruise Control Paling Terjangkau, Tak Sampai Rp 300 Juta

Daihatsu Ayla

Daihatsu New Ayla

Daihatsu Ayla facelift muncul pada Maret 2020. Mobil ini memiliki value for money lebih baik, bahkan dari Toyota Agya. Rupa keduanya dan fitur terkandung mirip. Namun Daihatsu menjual lebih murah. Langsung saja, ubahan versi penyegaran paling kentara pada roman depan. Kendaraan memiliki kisi-kisi lebih jembar. Grille dilabur cat hitam bersama garis horizontal. Pada tipe tertinggi diberi pelindung bumper bawah. Di atasnya tersisip sepasang panel kromium mirip bumerang sebagai pemanis lampu kabut. Sorot mata kini memakai lampu LED proyektor di tipe atas. Tak ketinggalan lampu siang hari (DRL).

Beralih ke samping, terpasang side skirt senada wana tubuh. Pelek belang dua warna dipasang sebagai pembaruan. Ukurannya 15 inci dengan motif delapan palang. Ada talang air yang mungkin sebagai opsional atau hanya di varian tertinggi. Lalu diburitan, bentuk lampu belakang sedikit berbeda. Mobil dipasangi garis LED dan tambahan reflektor di pintu belakang. Sepasang sensor parkir jua tersedia. Logo Daihatsu sesuai regulasi LCGC pun terpasang. Namun sebetulnya Anda bisa mengganti pakai lencana berbentuk S yang banyak dipakai Sigra di jalanan. Di pasar aftermarket banyak dijumpai. Bahkan beberapa diler juga menyediakan sebagai perangkat aksesori.

Lanjut ke sektor interior. Tatanan dasbor berikut jok tak banyak berubah. Namun tersemat layar monitor 2DIN 7 inci sebagai pusat hiburan. Zaman sekarang teknologi head unit sudah banyak berkembang untuk multikonektivitas. Jadi Anda bisa menghubungkan dengan perangkat seluler, gawai termasuk USB. Lalu di varian atas menggunakan keyless dan tombol start stop demi kepraktiksan berkendara.

Daihatsu Ayla terbaru memberi dua opsi mesin, sama dari mobil lawas. Yang pertama mekanikal pacu 1KR-DE 3-silinder 1,0-liter 12 katup. Tenaganya 65 PS di 6.000 rpm dan torsi 86 Nm pada 3.600 rpm. Selanjutnya kedua, enjin 4-silinder berkode 3NR-VE, berkapasitas 1,2-liter persis dengan Toyota Agya. Teknologinya lebih maju dibanding 1KR-DE sebab pakai sistem Dual VVT-i, membuat pembakaran lebih optimal. Ouput dihasilkan 88 PS di 6.000 rpm plus torsi puncak 108 Nm di 4.200 rpm.

Opsi penyaluran tenaga tersedia transmisi manual lima percepatan serta otomatis empat speed. Semua disalurkan ke roda depan (FWD). Kalau Anda punya dana lebih, disarankan pilih mesin 1,2 liter. Alasannya jenis empat silinder lebih minim getaran. Daya tersembur juga lebih linear dan efisiensi tak kalah irit dari mesin tiga silinder. Sehingga tatkala mengajak jalan-jalan keluarga, kenyamanan lebih didapat. Ia ditawarkan dalam 12 tipe.

  • Astra Daihatsu Ayla D MT Rp 103,3 juta
  • Astra Daihatsu Ayla D+ MT Rp 115,5 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.0 X Deluxe MT Rp 133,6 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.0 X MT Rp 126,3 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.2 X MT Rp 137,6 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.0 D Deluxe AT Rp 142,7 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.0 X AT Rp 135,3 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.2 X AT Rp 147,6 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.2 R MT Rp 145,5 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe MT Rp 148,5 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.2 R AT Rp 157 juta
  • Astra Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT Rp 161 juta

Baca Juga: Mobil Keluarga Daihatsu Bujet Rp 150 Jutaan, Pilih Sigra Baru atau Xenia Bekas?

Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra

Rekomendasi untuk mobil keluarga tujuh penumpang paling pas ialah Sigra. Secara kumulatif penjualan retail perseroan selama 11 bulan 2020 disokong oleh Astra Daihatsu Sigra sebagai kontributor utama. Yakni dengan capaian sebesar 24.021 unit, atau menyumbang 26 persen. Wajar saja ia menjadi tulang punggung ADM. Harga lebih bersaing dari Toyota Calya. Urusan kualitas juga sama, sebab mereka muncul dari fasilitas produksi Daihatsu.

Sama dengan Ayla, tipe paling dasar (D) tidak disarankan untuk dibeli sebagai mobil keluarga. Ia tampil polos tanpa ada aksesori. Bahkan tidak ada lapisan kromium di bodi. Ubahan bumper mengikuti facelift pada umumnya. Hanya saja, tidak disertakan lampu LED. Peleknya pakai model kaleng 13 inci, minus wheel cap. Bagian belakang juga belum dibekali wiper. Fitur yang sekadarnya saja, membuat tipe ini cocok dijadikan mobil operasional perusahaan. Toh petinggi Daihatsu juga menyiratkan untuk fleet market. Dan ia hanya tersemat sabuk pengaman tiga titik serta dua titik di baris ketiga. Betul, tanpa ada airbag apalagi sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS). Hanya pakai cakram biasa di depan dan drum di belakang.

Lantas unit yang sebaiknya dibeli ialah tipe R. Baik manual maupun matik 4-speed. Kemudian yang lebih murah, Sigra X. Sebab memiliki kelengkapan lebih baik. Tipe tengah itu, tertancap mesin bensin 1,2 liter 3NR-VE. Konfigurasinya empat silinder. Pasti lebih nyaman dan minim getaran dibanding tipe 3 silinder 1,0 liter. Anda juga disuguhi tipe X standar dan X Deluxe, yang dibedakan penampilannya saja. X Deluxe diberi ornamen kromium di grille depan, lis jendela dan pelek alloy 14 inci. Sedang model standar masih pelek kaleng plus dop silver.

Untuk sekadar bersenandung musik sudah cukup. Dan sebaiknya tidak berharap banyak. Sektor pemanja telinga Sigra hanya berupa sistem audio 2DIN dengan koneksi bluetooth. Itu bisa menambah kepraktisan, bagi pengemudi yang sering menelepon sambil menyetir. Mulai tipe X hingga ke atas. Tersedia transmisi manual lima percepatan otomatis empat kecepatan. Ditambah airbag dan sistem pengereman ABS plus EBD sebagai fitur keselamatan. Dengan kelapangan dan banderol menggiurkan, Sigra menjadi opsi menarik bagi keluarga muda. Jaringan penjualan dan bengkel resmi banyak tersedia di penjuru Tanah Air. Ini memudahkan Anda melakukan perawatan rutin. Berikut banderol on the road Jakarta terbaru. (Alx/Odi)

  • Astra Daihatsu Sigra 1.0 D MT Rp 120,6 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.0 M MT Rp 131 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 X MT Rp 140,4 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 X MT DLX Rp 145,9 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 R MT Rp 146,8 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 X AT DLX Rp 158,7 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 X AT Rp 153,2 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 R AT Rp 159,2 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 R MT DLX Rp 150,6 juta
  • Astra Daihatsu Sigra 1.2 R AT DLX Rp 163,4 juta

Baca Juga: 10 MPV Favorit untuk Semester Pertama 2021

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Halte Transjakarta Pasar Senen Berubah Nama, Pakai Branding Toyota Rangga
    Halte Transjakarta Pasar Senen Berubah Nama, Pakai Branding Toyota Rangga
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • PEVS 2025: BYD dan Denza Hadirkan Inovasi dan Pencapaian di Pasar EV
    PEVS 2025: BYD dan Denza Hadirkan Inovasi dan Pencapaian di Pasar EV
    Setyo Adi . Hari ini
  • PEVS 2025: MG Pajang Line Up EV Lengkap Rayakan Hari Bumi
    PEVS 2025: MG Pajang Line Up EV Lengkap Rayakan Hari Bumi
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • New BAIC X55 II Kini Punya Dua Varian, Ini Perbedaannya
    New BAIC X55 II Kini Punya Dua Varian, Ini Perbedaannya
    Alvando Noya . Hari ini
  • Huawei Bikin Inovasi Charger 1,5 Megawatt, Isi Penuh Baterai Truk Listrik Cuma 15 Menit
    Huawei Bikin Inovasi Charger 1,5 Megawatt, Isi Penuh Baterai Truk Listrik Cuma 15 Menit
    Muhammad Hafid . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Halte Transjakarta Pasar Senen Kini Resmi Bernama Halte Senen Toyota Rangga
    Halte Transjakarta Pasar Senen Kini Resmi Bernama Halte Senen Toyota Rangga
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Daihatsu Donasikan Gran Max untuk Balai Pengujian Kementerian Perhubungan
    Daihatsu Donasikan Gran Max untuk Balai Pengujian Kementerian Perhubungan
    Anjar Leksana . Hari ini
  • MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    MG Hadir di PEVS 2025, Pajang Cyberster, MG4 EV, dan ZS EV
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Formula E Jakarta 2025: Tiket Sudah Tersedia, Harga Mulai Rp300 Ribu
    Formula E Jakarta 2025: Tiket Sudah Tersedia, Harga Mulai Rp300 Ribu
    Alvando Noya . Hari ini
  • BAIC BJ30 HEV Siap Meluncur di GIIAS 2025, Hadirkan Dua Varian Sekaligus
    BAIC BJ30 HEV Siap Meluncur di GIIAS 2025, Hadirkan Dua Varian Sekaligus
    Alvando Noya . Hari ini
  • Geely Impresi Galaxy Starship 7 EM-1: SUV Hybrid dengan Jarak Tempuh 1.430 Km!
    Geely Impresi Galaxy Starship 7 EM-1: SUV Hybrid dengan Jarak Tempuh 1.430 Km!
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
    Lebih Dekat dengan Produk Yangwang, Merek Premium dari BYD Auto
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Mitsubishi Pajero Sport 2025: SUV Tangguh dengan Desain Modern dan Kaya Fitur
    Mitsubishi Pajero Sport 2025: SUV Tangguh dengan Desain Modern dan Kaya Fitur
    Ardiantomi . 29 Apr, 2025
  • Bahas Fitur Keamanan Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense, Apa Saja?
    Bahas Fitur Keamanan Mitsubishi Xforce Ultimate Diamond Sense, Apa Saja?
    Ardiantomi . 29 Apr, 2025
  • Geely dan Era AI Otomotif, Masa Depan Mobilitas Cerdas
    Geely dan Era AI Otomotif, Masa Depan Mobilitas Cerdas
    Setyo Adi Nugroho . 28 Apr, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • 5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    5 Hal yang Mesti Disiapkan saat Mudik Bareng si Kecil Pakai Mobil Pribadi
    Anjar Leksana . 26 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025