4 Pilihan SUV Diesel Ladder-Frame Bekas Paling Populer

SUV diesel ladder-frame sangat digemari konsumen Indonesia. Desainnya gagah dan ground clearance tinggi, cocok untuk dipacu di berbagai permukaan jalan. Mulai dari kendaraan tempur harian sampai mobil keluarga akhir pekan, sanggup diakomodir. Lalu jumlah kapasitas tujuh penumpang serta kelapangan kabin jadi daya tarik. Ditambah lagi enjin peminum solar yang terkenal punya tarikan torsi galak, tapi tetap irit. Makanya sangat populer dan unit bekasnya banyak bertebaran. Jika Anda berminat membeli, tersedia empat pilihan di pasaran: Isuzu mu-X, Toyota Fortuner, Pajero Sport dan Nissan Terra.


Isuzu mu-X Royale


Isuzu mu-X


Isuzu mu-X lansiran 2016 tipe matik dilego Rp220 jutaan. Lalu keluaran 2018 sekitar Rp240 juta – Rp300 jutaan. SUV ini mengandalkan mesin diesel 4JK1-TC 2,5 liter. Disokong Turbocharger Intercooled VGS (Variable Geometry System). Ia sudah mengantongi teknologi direct fuel common rail bertekanan tinggi. Resultan pembakarannya 136 PS dan torsi 320 Nm pada 1.800-2.800 rpm. Penyaluran output daya pakai transmisi triptonic otomatis lima percepatan. Anda bisa mengalihkan ke model manual, sesuai kebutuhan berkendara.


Dalam urusan handling, mu-X tergolong nyaman. Sebab ia pakai suspensi independent double wishbone di bagian depan. Dan 5-link pada roda belakang. Coil spring juga stabilizer bar tersedia pada empat rodanya. Racikan redaman ini mampu menerjemahkan medan terjal menjadi guncangan halus di kabin. Namun menjadi kurang stabil saat melesat kencang lantaran terlalu empuk.


Fitur keamanan terpasang di Mu-X juga komplet. Ia dibekali dual SRS Airbags, sistem pengereman cakram di roda depan dan drum di belakang. Namun diimbuhi Anti-Lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Brake Assist. Kemudian Electronic Stability Control, Traction Control System, Hill Start Assist, Hill Descent Control, dual SRS Airbags, Immobilizer dan Anti Theft Alarm System. 


Toyota Fortuner G


toyota fortuner


Toyota Fortuner diesel G AT seken dijual Rp335 juta untuk model 2017. Sementara keluaran 2018 sekitar Rp355 jutaan. Dibalik kap mesin bertengger unit diesel 2,4 liter empat silinder. Tidak hanya bertenaga besar, sebaran daya pun dibuat merata di seluruh putaran mesin. Mesin berkode 2GD-FTV juga disokong teknologi VNT (Variable Nozzle Turbocharger). Keunggulannya, tekanan udara dari propeller turbo bisa diatur sesuai putaran mesin. Hal ini juga meminimalisasi gejala turbo lag atau jeda, saat menunggu tekanan turbo masuk ke ruang bakar. Ia mampu menghasilkan tenaga 149 PS pada 3.400 rpm. Pada Fortuner dan Hilux, memiliki tenaga dan torsi sama, 408 Nm di rentang 1.600 rpm - 2.000 rpm.


Mekanikal pacu ini masih sangat bisa diandalkan. Terlebih ada teknologi bernama TSWIN alias Thermo Swing Wall Insulation. Kemudian piston diperkuat dengan lapisan SiRPA (Silica Reinforced Porous Aluminium). Kedua perangkat inilah yang meningkatkan efisiensi termal, sehingga menyempurnakan proses pembakaran. Resultan tenaga dan putaran mesin dihasilkan pun bisa lebih maksimal.


Kelengkapan fiturnya boleh diadu. Tersisip Headlamp Bi-beam LED plus DRL. Sudut pendaran cahaya bisa diatur melalui auto leveling. Tersedia Follow Me Home guna membantu menerangi ketika ingin memasuki rumah yang gelap. Lalu spion dapat dilipat secara elektrik. Pengemudi dimudahkan mengetahui informasi terkait mobil, lewat MID 4,2 inci berwarna. Perangkat pembantu handling dan keamanannya disediakan ABS, EBD, empat airbag (dua depan dan lutut). Ada juga mode berkendara yang terdiri dari Eco, Normal dan Power, sehingga performa bisa dikontrol sesuai keinginan.


Mitsubishi Pajero Sport Exceed


Mitsubishi Pajero Sport


Pajero Sport Exceed (4x2) AT lansiran 2016 sekarang dijual mulai Rp325 jutaan. Kemudian tahun lebih muda lagi, bisa ambil buatan 2018 sekitar Rp375 juta sampai Rp390 jutaan. Soal keluaran daya, enjin penenggak solar berkode 4D56 punya volume pembakaran 2,5 liter. Asupan BBM memakai injeksi langsung Commonrail Turbocharged dan Intercooled DOHC.


Tarian empat piston memberi daya 136 PS di 4.000 rpm. Kemudian momen puntir optimal 324 Nm sejak 2.000 rpm. Penyaluran tenaga pakai transmisi matik 8-speed. Demi kenyamanan berkendara, suspensi depan ditopang double wishbone dengan coil spring. Penyokong roda belakang menggunakan 3-link type rigid axle plus coil spring. Ukuran pelek hanya 16 inci berikut profil ban 265/70.


Bagian kelengkapan lain berupa kamera belakang yang ditampilkan di layar 2DIN touchscreen 7 inci. Perangkat ini mampu memutar radio dan hiburan dari koneksi bluetooth, serta dapat dihubungkan ke smartphone lewat Miracast atau USB. Untuk keselamatan, Pajero Sport Exceed mengandalkan dual SRS airbags, Isofix, ABS, EBD.


Nissan Terra


nissan terra


Di pasar mobkas, Nissan Terra dilepas Rp375 juta hingga Rp400 juta untuk model 2018. Sedangkan 2019, rata-rata Rp410 jutaan. Tenaga terlontar mencapai 190 PS dan torsi 450 Nm dari mesin diesel turbo common rail 2,5 liter. Resultan pembakaran mesin jauh lebih besar dari rival-rival lain. Urusan handling juga patut diapresiasi.


Ia pakai suspensi double wishbone di depan. Lalu multi-link di posisikan di belakang. Untuk berselancar di jalan aspal tergolong stabil. Termasuk saat kendaraan harus melahap jalanan tidak rata. Untuk melesat 100 km/jam tidak banyak koreksi setir dan minim gejala body roll. Saat parkir, gerangan lingkar kemudi sangat ringan sehingga memudahkan pengguna. Tapi begitu melesat kencang ia bisa mengeras sesuai dengan laju kendaraan.


Agar menjamin kenyamanan pengguna. Mobil dibekali sistem infotainment layar sentuh, jok kulit, lingkar kemudi multifungsi, pengaturan jok elektrik dan climate control dual zone. Sementara nilai jual lain ada di fitur penyokong berupa enam titik kantong udara. Rem sudah ABS, EBD, BA. Tak ketinggalan Hill Start Assist, Rear Parking Sensor, Immobilizer plus Hill Descent Control. Anda bisa memilih dari empat model ini. Parameter paling mudah dimulai dari jumlah dana tersedia. Selanjutnya lihat kebutuhan mobilitas seperti apa.(Alx/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda