KOMPARASI: MG HS Vs DFSK Glory i-Auto, Pilih Mana?

KOMPARASI: MG HS Vs DFSK Glory i-Auto, Pilih Mana?

JAKARTA – Segmen medium SUV di Tanah Air kian ramai. Satu pemain baru hadir yaitu Morris Garage dengan MG HS. Tak hanya tampilan, harga model ini juga menarik untuk jadi pertimbangan. Ia bisa jadi pilihan menarik di antara merek Jepang dan Cina yang sudah ada sebelumnya. MG HS dijual dengan harga Rp 369,8 juta untuk varian Excite, sementara Rp 429,8 juta buat Ignite. Menarik kan?

Oke. Lalu siapa kompetitornya? Jika melihat dari spesifikasi, tampaknya DFSK Glory i-Auto cukup dekat. Memang harga medium SUV DFSK jauh berada di bawah MG HS. Tak salah lantaran melekat tag Rp 329, 699 juta.

Namun bicara soal segmentasi, keduanya sama-sama merupakan alternatif terjangkau dari mayoritas pemain lama. Ya, dua jenama ini pun masih bisa dibilang baru di dunia otomotif Indonesia meski DFSK tidak semuda MG.

MG HS

Eksterior

Bicara soal tampilan memang agak sulit menilai. Urusan desain sangat tergantung selera. Kendati begitu, masing-masing berupaya melenggok sedemikian rupa agar terpandang berkelas. Rasa Eropa jadi kiblat, DFSK menumpahkan sedikit ramuan SUV Audi ke buritan. Ada setitik kemiripan dalam tata letak lampu, bagasi dan sebagainya. Keseluruhan juga diracik lebih segar ketimbang Glory 580 karena i-Auto dibangun dari basis 580 facelift.

Walau mewarisi nama Inggris, MG berada di bawah naungan grup otomotif Cina SAIC. Stereotip meniru gaya kerap melekat di produk asal Tiongkok. Begitu pula pendekatan desain MG HS, bisa dibilang ada sensasi paras Mazda. Terlepas dari itu, elemen kromium diadopsi HS sebagai peningkat tampilan.

Lucunya, kedua SUV ini menganut komposisi grafis grille serupa. Melekat titik-titik yang membentuk pola tertentu bak rangkaian bintang di langit gelap. Bahkan jargonnya juga mirip. DFSK sebut “Infinite Starlight Design”, kalau MG bilang “Star Rider Grille”. Entah siapa memulai duluan, kalau diingat-ingat serupa juga dengan komposisi Diamond Grille Mercedes Benz. Mana yang Anda lebih suka? Silahkan memutuskan.

DFSK Glory i-Auto

Kalau bicara ukuran badan, Glory memiliki ukuran tubuh lebih besar. Dicatatkan dimensi 4.700 x 1.845 x 1.715 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.780 mm. Hal ini menjanjikan kabin lebih lega, dibuktikan oleh kapasitas angkut penumpang 7 orang. Sementara itu MG HS hanya sanggup mengangkut lima. Tubuh diukur 4.574 x 1.876 x 1.664 mm beserta jarak antarsumbu 2.720 mm.

Dari segi kontrol eksterior misalnya, Glory tampak unggul. Di sektor penerangan, headlamp sudah full LED dibarengi DRL dan lampu kabut. Dilengkapi fungsi sakelar otomatis dan pengaturan ketinggian elektris. Nah, otomatisasi juga mejeng di fungsi wiper. Nilai spesial adalah eksistensi electric Panoramic Sunroof dan Power Backdoor ditemani sensor kaki. Semua didapat dengan tebusan ekonomis.

Oke, MG HS juga punya fitur sakelar lampu otomatis berikut pengaturan ketinggian. Tapi kalau mau merasakan panoramic sunroof, power backdoor, wiper otomatis, dan bahkan LED Headlamp, harus memilih varian termahal.

MG HS

Interior dan Fitur

MG dan DFSK punya gaya berbeda untuk bagian interior. Interpretasi premium DFSK cenderung elegan, memainkan ornamen kayu, permukaan hitam mengilap dan detail perak. Tak lupa bungkusan material soft touch dan pembungkus leather.

Basis MG HS juga sebenarnya elegan, nuansa varian Excite dibuat serbahitam dibarengi aksen brushed metal. Pemukaan empuk turut ditemukan mengisi dasbor. Lain cerita begitu melirik varian termahal. Sporty nan gahar adalah jalan utama, terpancar dari kombinasi merah dan hitam di interior. Bak sportscar, ia menganut bucket seat full elektris.

Jika bicara ‘mending-mendingan’ menyoal fitur dan harga, MG HS mungkin bakal kalah dalam debat. Ambil contoh bangku elektris, tersedia opsi pengaturan enam arah bagi sopir dan empat arah untuk penumpang di DFSK. Ditambah pula bantuan manuver lewat kamera 360 derajat berikut Vehicle Running Decoder sebagai dashcam. Terakhir, cruise control sudah menjadi standar di DFSK.

DFSK Glory i-Auto

Bagaimana soal MG? Tidak semua kelengkapan Glory i-Auto ada di SUV merek Inggris ini. pengaturan 4-way penumpang spesifik milik kasta termahal. Sama halnya dengan cruise control. Permainan kamera maksimal hanya untuk mundur. Mengingatkan kembali, tentu sesuai kebutuhan, MG hanya sanggup mengangkut lima penumpang.

Tapi masing-masing tawarkan senjata pamungkas. Menjadi sorotan utama DFSK adalah kemampuan sarana hiburan pintar i-Talk. Pengendalian sistem infotainment bisa dikomandokan lewat suara dengan memanggil “Hi Glory!”. Banyak kemampuannya, ambil contoh menyalakan AC, set temperatur, hingga membuka kaca bisa dituruti.

Senjata MG menguatkan nuansa sporty varian termahal yakni mode berkendara. Lima seleksi mode bisa dipilih mulai dari Eco, Normal, Sport, Super Sport, dan Custom. Kian kental lagi dengan tombol gimmick shortcut Super Sport. Gimmick, mengingat ini adalah SUV perkotaan tanpa suspensi adaptif atau kecanggihan sportscar lainnya, sebagai penyedap tambahan bukan bumbu dasar.

MG HS

Mesin

Aransemen mesin empat silinder berkapasitas 1,5 liter dibantu turbo dianut kedua SUV ini. Sebuah keunggulan bagi MG sebab ekstraksi tenaga mencapai 162 PS pada 5.600 rpm. Lontaran torsi tercatat sebesar 250 Nm sejak putaran 1.700 rpm. Lalu semua itu tersalur ke roda lewat transmisi dual clutch 7 percepatan.

Ekstraksi Glory cenderung terlihat loyo di atas kertas. Total buncahan tenaga sampai 150 PS saja di 5.600 rpm. Sementara itu, kekuatan memuntir pun tak lebih hebat, 220 Nm mulai dari 1.800 rpm. Penyaluran berbeda spesies, ia menggendong transmisi CVT yang terkenal lebih halus namun kurang responsif.

Fitur Keamanan

Bicara soal peranti keselamatan, MG patut diacungi jempol. Standarnya dibekali kantung udara 6 titik, bakal muncul sepasang dari dasbor, sisi terluar bangku depan dan tirai di kaca samping. ABS+EBD+BA tentu mengisi, dibantu oleh seperangkat kontrol stabilitas elektronik. Uniknya, ibarat SUV sejati ia memiliki alat bantu untuk melibas tanjakan dan turunan: Hill-Start Assist dan Hill Descent Control. Alat pengereman tambahan eksis berupa Auto Vehicle Hold dan Electronic Brake Assist.

DFSK Glory sedikit ciut lantaran secara mendetail tidak selengkap MG. Memang ada empat titik perlindungan airbag. Yep, kawanan ABS tak perlu ditanya lagi karena VSC ikut menjaga di pos keselamatan pengendalian. Nah, untuk di tanjakan DFSK juga punya Hill-Hold Control.

DFSK Glory i-Auto

Garansi dan Jaringan Penjualan

Guna memberikan pengalaman rasa aman selama memiliki, tiap pabrikan punya langkah serupa. Mereka sajikan waktu garansi panjang agar konsumen terpikat untuk mencoba. Sekaligus menjamin mutu kendaraan. Nah, DFSK tawarkan program garansi 7 tahun dengan batasan jarak tempuh 150 ribu km. MG sendiri punya skema garansi 5 tahun tanpa batasan km.

Namun, karena keduanya bisa dibilang sebagai pemain baru, jaringan pemasaran tentu jadi bahan pertimbangan. DFSK lebih dulu eksis sehingga jangkauan sudah lebih banyak di berbagai pulau di luar Jawa. Sementara itu, MG yang notabene paling bontot, jumlah diler masih bisa dihitung jari meski ditargetkan punya total 25 diler di akhir tahun ini.

Kesimpulan

Kesimpulan dari komparasi ini mau bergaya sporty atau elegan, itu tergantung selera. Dibanderol lebih murah, fitur bawaan DFSK Glory i-Auto justru lebih memikat. Menjadi pilihan alternatif yang ekonomis sekaligus tetap komplet. Di samping itu, ia memiliki kapasitas angkut tujuh penumpang sehingga menawarkan fleksibilitas lebih tinggi. (Krm/Raju)

MG HS vs DFSK Glory i-Auto Comparison

MG HS
  • Rp 460,8 - 550,8 Juta
DFSK Glory i-Auto
  • Rp 365,2 Juta
MG HS vs DFSK Glory i-Auto
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Neta GT Tampil Perdana di Indonesia, Goda Penyuka Sportscar Listrik
    Neta GT Tampil Perdana di Indonesia, Goda Penyuka Sportscar Listrik
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Kia EV3 Debut Versi Produksi, Compact SUV Listrik Lawan Atto 3 dan Omoda E5
    Kia EV3 Debut Versi Produksi, Compact SUV Listrik Lawan Atto 3 dan Omoda E5
    Setyo Adi . Hari ini
  • GAC Aion Y Plus Meluncur Bulan Depan, Speknya Saingi ZS EV dan Atto 3
    GAC Aion Y Plus Meluncur Bulan Depan, Speknya Saingi ZS EV dan Atto 3
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Eks-Desainer Jaguar Bikin Buggy Listrik, Mirip UFO dan Dibuat Terbatas
    Eks-Desainer Jaguar Bikin Buggy Listrik, Mirip UFO dan Dibuat Terbatas
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Restomod Datsun 240Z Ini Pertahankan Aura Klasik, Digarap Selama 2 Tahun
    Restomod Datsun 240Z Ini Pertahankan Aura Klasik, Digarap Selama 2 Tahun
    Alvando Noya . 23 Mei, 2024

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • EV3 Debut Global, SUV Kompak Listrik Terbaru dari Kia
    EV3 Debut Global, SUV Kompak Listrik Terbaru dari Kia
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • BAIC Group Punya Teknologi Pengisi Daya Super Fast dan Wireless
    BAIC Group Punya Teknologi Pengisi Daya Super Fast dan Wireless
    Alvando Noya . Hari ini
  • Daftar SUV Kompak Terbaru, Yaris Cross Ada Kenaikan Harga
    Daftar SUV Kompak Terbaru, Yaris Cross Ada Kenaikan Harga
    Setyo Adi Nugroho . 23 Mei, 2024
  • Neta V-II Jadi EV Terjangkau, Cek Simulasi Cicilannya
    Neta V-II Jadi EV Terjangkau, Cek Simulasi Cicilannya
    Anjar Leksana . 23 Mei, 2024
  • Jajaran Mobil Listrik Wuling Bertugas di Acara World Water Forum
    Jajaran Mobil Listrik Wuling Bertugas di Acara World Water Forum
    Ardiantomi . 23 Mei, 2024
  • Pendatang Baru SUV dari Tiongkok BAIC X55 II Lawan Chery Omoda 5
    Pendatang Baru SUV dari Tiongkok BAIC X55 II Lawan Chery Omoda 5
    Setyo Adi Nugroho . 21 Mei, 2024
  • Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Komparasi Low SUV Anyar, Citroen C3 Aircross dan Toyota New Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2024
  • Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Komparasi Produk EV Terbaru, GAC Aion Y Plus dan BYD Atto 3
    Setyo Adi Nugroho . 25 Apr, 2024
  • Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Sama-sama 7-seater, Komparasi Citroen C3 Aircross vs Honda BR-V
    Muhammad Hafid . 25 Apr, 2024
  • Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Pilihan Pikap Bekas, Solusi Murah untuk Bisnis dan Usaha
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Hindari Beristirahat dan Tidur di Dalam Mobil yang Menyala, Ini Bahayanya!
    Muhammad Hafid . 10 Mei, 2024
  • Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Jangan Lupa Cek Bagian-bagian Mobil Usai Dipakai Mudik Lebaran
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2024
  • Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Tips Memanfaatkan Jalur Contraflow dan One Way saat Arus Balik
    Setyo Adi Nugroho . 12 Apr, 2024
  • Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Tips Mudik Pakai Mobil Listrik dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Waspada Menggunakan Jalur Contraflow
    Setyo Adi Nugroho . 09 Apr, 2024
  • First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    First Drive Haval H6: Tawarkan Hybrid Turbo dan Fitur Melimpah!
    Anjar Leksana . 13 Mei, 2024
  • Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Test Drive Seres E1: Harga Bersaing, Cocok Buat Harian di Perkotaan
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2024
  • Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Road Test Toyota Yaris Cross Hybrid: Sangat Irit Diajak ke Luar Kota!
    Anjar Leksana . 25 Apr, 2024
  • Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Road Test Kia EV6 GT-Line: Serasa Melesat Bersama Sports Car!
    Anjar Leksana . 02 Apr, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024