Mobil Asyik yang Pakai Mesin Bikinan Yamaha

SHO engine

Yamaha bukan hanya membuat motor atau alat musik seperti piano dan gitar. Mereka juga ahli membuat mesin dengan berbagai peruntukan. Motor pasti, ada juga mesin tempel untuk transportasi air, ATV dan yang paling menonjol tapi jarang diketahui, mesin mobil legendaris.

Anda pasti paham, mobil perlu mesin hebat untuk menyandang titel legendaris, fun to drive, kencang atau sebutan antusiasme lainnya. Nah, Yamaha punya andil di beberapa mobil hebat. Di bawah ini adalah yang paling kami suka. Lengkap dengan alasan kenapa mereka menggandengnya.

 

Volvo XC90

Volvo XC90

SUV pertama dari pabrikan Swedia. Kehadiran tahun 2001 diawali oleh Adventure Concept Car yang debut di North American International Auto Show (dikenal juga sebagai Detroit Auto Show). Tahun berikutnya, selubung Volvo XC90 dibuka ke publik dengan mesin lima dan enam silinder 2,5 liter.

Volvo merasa kurang sreg kalau tidak punya yang performanya lebih. Terutama untuk mendobrak pasar Amerika Serikat. “Kita perlu mesin V8,” kurang lebih begitu pernyataan para petinggi. Masalahnya, Volvo belum pernah bikin V8. Mengambil dari yang sudah ada bikinan pabrikan lain, takut tidak cocok dengan karakter Volvo yang mengedepankan keselamatan.

Yamaha pun mengacungkan tangan. Disepakati, karena Volvo punya kebutuhan yang spesifik mereka akan mendesain mesin. Yamaha yang mewujudkan. Lahirlah B8444S, mesin berukuran ringkas dengan konfigurasi V8 yang khusus dibuat untuk posisi melintang di dalam ruang mesin. Tenaga 292 PS disalurkan melalui transmisi Aisin ke sistem gerak AWD buatan Haldex.

Selain XC90, B8444S juga dipakai di S90 generasi sebelum yang ada sekarang. Hadir juga di supercar Noble M600 dengan posisi membujur, ditambahkan turbocharger. Tenaganya terdongkrak jadi 650 PS.

 

Ford Taurus SHO

Ford Taurus

Kalau tidak tahu mobil ini, tidak perlu khawatir. Karena memang hanya dipasarkan di Amerika Serikat dan sekitarnya. Saat muncul pertama kali tahun 1985, orang Amerika terpukau dengan desain yang futuristis pada masanya. Ford yang kala itu nyaris bangkrut, tertolong oleh kehadiran mobil ini.

Lalu muncul versi Taurus Super High Output, disingkat SHO. Di balik moncong yang aerodinamis, terpasang mesin V6 3,0 liter bikinan Yamaha yang mampu mengeluarkan 223 hp. Tipikal Yamaha, mesinnya bisa berputar tinggi. Jantung mekanis ini dikatakan mampu mencapai 8.000 rpm. Meski supaya panjang umur, dibatasi hingga 7.300 rpm. Tetap saja gila. Angka-angka itu bahkan mempermalukan Ford Mustang ‘Vox Body’ bermesin V8.

Belum lagi bentuk mesin dengan lekukan saluran intake yang indah. Terlalu indah untuk bertengger di ruang mesin, cukup pantas dipajang di museum seni.

Taurus SHO generasi kedua yang dikeluarkan tahun 1992 juga menggunakan mesin ini. Namun generasi ketiga yang muncul empat tahun kemudian diganti menggunakan V8 buatan Cosworth. Tapi, silinder head-nya dibikin Yamaha.

Baca Juga: Deretan Nama Mobil yang Paling Pas Sesuai Karakternya

 

Lexus LFA

Lexus LFA

LFA yang hadir akhir 2010 adalah ‘mainan’ yang terbilang baru waktu itu, untuk Lexus. Dan karena mereka punya standar tinggi di berbagai hal, sports car ini juga tidak terkecuali. Semuanya harus dibuat semaksimal dan sedetail mungkin.

Toyota kemudian menggandeng Yamaha, anak perusahaannya. Pabrikan Garpu Tala ini mengeluarkan ide V10. Toyota suka, jalanlah produksi mesin V10 yang unik. Ukurannya lebih kecil dari penggerak V8 konvensional. Klep dibuat dari bahan titanium, rocker arm dilapisi material yang kekuatannya menyamai berlian. Aluminium alloy dan titanium alloy digunakan di bagian lain. Kode mesinnya 1LR-GUE.

Bukan cuma material yang eksentrik, karakternya juga unik. Tenaga 560 PS dan seperti dibilang tadi, karakter jantung mekanis Yamaha adalah high revving. Si GUE mampu berputar hingga 9.000 rpm! Dorongan torsi terasa mulai dari 3.700 rpm, memuncak di 6.800 rpm sebesar 480 Nm dan flat hingga batas putaran akhir. ECU memutus aliran bensin pada 9.500 rpm. Jarang ada mesin jalan raya macam ini.

Tidak hanya performa, suaranya juga luar biasa. Engineer Lexus dan Yamaha mengatakan suaranya bagaikan ‘raungan para malaikat.’ Berlebihan? Coba nilai sendiri dari video di bawah.

Suara itu juga diracik oleh Yamaha. Tapi bukan oleh divisi mesin, melainkan yang spesialis akustik. Mantap kan?

 

Toyota 2000GT

Toyota 2000GT

Inilah mobil yang membuat dunia melihat kedua pabrikan sebagai pemain golongan kakap. Tapi sebelumnya, yang menarik soal 2000GT adalah proses awal kehadirannya. Yamaha yang ingin bikin kendaraan roda empat berperforma mengontak Nissan. Pesaing Toyota ini sedang memikirkan penerus Fairlady yang sukses dimana-mana. Tapi Nissan merasa tidak cocok.

Yamaha terlanjur bikin proposal, menawarkan kepada Toyota yang kebetulan juga kepincut bikin mobil sport. Konon niat Toyota ini disulut oleh kesuksesan Jaguar Type E. Gayung bersambut, lahirlah 2000GT yang melegenda dengan mesin DOHC empat silinder bertenaga 150 hp.

Desainnya yang aduhai digambar oleh desainer Toyota Satoru Nozaki. Tapi proses engineering dan perakitan dilakukan oleh Yamaha. Muncul pertama kali tahun 1965. Mobil inilah yang jadi titik balik Toyota. Dari yang awalnya dicap sebagai tukang jiplak, pembuat mobil murahan, jadi produsen otomotif kelas global. (Ind/Odi)

Baca Juga: Kolaborasi Antik, Pabrikan Uni Soviet Pernah Ajak Porsche Kembangkan Mobil

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • TIPS: Mau Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini Yang Harus Dipersiapkan
    TIPS: Mau Mudik Pakai Mobil Listrik, Ini Yang Harus Dipersiapkan
    Setyo Adi . Today
  • Bentley Jakarta Mantapkan Layanan Aftersales, Jamin Konsumen Bebas Pusing 10 Tahun
    Bentley Jakarta Mantapkan Layanan Aftersales, Jamin Konsumen Bebas Pusing 10 Tahun
    Anindiyo Pradhono . Today
  • GWM Tank dan Haval Curi Perhatian Pengunjung Central Park Mall
    GWM Tank dan Haval Curi Perhatian Pengunjung Central Park Mall
    Tomi Tomi . Today
  • FIRST DRIVE: Chery Tiggo 5X Cocok Untuk Keliling Kota, Fiturnya Kompetitif
    FIRST DRIVE: Chery Tiggo 5X Cocok Untuk Keliling Kota, Fiturnya Kompetitif
    Setyo Adi . Today
  • HPM Umumkan Presdir Baru, Transfer Pengalaman Langsung dari Amerika Serikat
    HPM Umumkan Presdir Baru, Transfer Pengalaman Langsung dari Amerika Serikat
    Wahyu Hariantono . Today

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • BAIC Motor Rambah Pasar Indonesia, Siapkan Dua Model
    BAIC Motor Rambah Pasar Indonesia, Siapkan Dua Model
    Anindiyo Pradhono . 28 Mar, 2024
  • PEVS 2024 Gandeng Asia Bike Jakarta Buat Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik
    PEVS 2024 Gandeng Asia Bike Jakarta Buat Genjot Ekosistem Kendaraan Listrik
    Zenuar Yoga . 28 Mar, 2024
  • Honda Prospect Motor Kini Dipimpin oleh Shugo Watanabe Sebagai Presdir
    Honda Prospect Motor Kini Dipimpin oleh Shugo Watanabe Sebagai Presdir
    Wahyu Hariantono . 28 Mar, 2024
  • Mengenal Tawaran Terbaru Land Rover Defender 90 V8 dan 130 Outbond di Indonesia
    Mengenal Tawaran Terbaru Land Rover Defender 90 V8 dan 130 Outbond di Indonesia
    Muhammad Hafid . 28 Mar, 2024
  • Kepemilikan Bentley Semakin Tenang dengan Tambahan Garansi hingga 10 Tahun
    Kepemilikan Bentley Semakin Tenang dengan Tambahan Garansi hingga 10 Tahun
    Anindiyo Pradhono . 28 Mar, 2024
  • 8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
    8 Sedan Pilihan untuk Dibawa Mudik Lebaran
    Setyo Adi Nugroho . 20 Mar, 2024
  • Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Komparasi Perbekalan VinFast VF e34 untuk Melawan BYD Dolphin dan MG 4 EV
    Setyo Adi Nugroho . 04 Mar, 2024
  • Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
    Lihat Plus Minus VinFast VF5 Dibandingkan Citroen e-C3, Neta V dan Wuling BinguoEV
    Setyo Adi Nugroho . 28 Feb, 2024
  • Komparasi Nissan Sakura dan Wuling BinguoEv, Produk EV Kompak yang Menarik
    Komparasi Nissan Sakura dan Wuling BinguoEv, Produk EV Kompak yang Menarik
    Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
  • Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
    Chery Tiggo 5X atau Wuling Alvez, Ini Perbandingan Keduanya
    Setyo Adi Nugroho . 26 Feb, 2024
  • Cek Bagian-bagian Mobil Ini Sebelum Perjalanan Mudik
    Cek Bagian-bagian Mobil Ini Sebelum Perjalanan Mudik
    Anjar Leksana . 19 Mar, 2024
  • Berencana Mudik dengan Potensi Cuaca Ekstrem? Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Berencana Mudik dengan Potensi Cuaca Ekstrem? Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Zenuar Yoga . 19 Mar, 2024
  • Viral Kecelakaan Saat Parkir, Simak Tips Aman Parkir Kendaraan
    Viral Kecelakaan Saat Parkir, Simak Tips Aman Parkir Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 18 Mar, 2024
  • Agar Tak Tertipu, Berikut Tips Saat Mau Servis Kaki-Kaki Mobil
    Agar Tak Tertipu, Berikut Tips Saat Mau Servis Kaki-Kaki Mobil
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2024
  • Tips Berbuka Puasa di Kendaraan Secara Aman dan Nyaman
    Tips Berbuka Puasa di Kendaraan Secara Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2024
  • First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    First Drive Chery Tiggo 5X: Harga Jadi Senjata
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2024
  • Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Road Test Mitsubishi XForce: Performa Mesin Cukup dan Konsumsi BBM Irit!
    Bangkit Jaya Putra . 25 Feb, 2024
  • First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    First Drive Suzuki Jimny 5-Door: Daya Tarik Sang Ikonik
    Setyo Adi Nugroho . 20 Feb, 2024
  • First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    First Drive BYD Seal: Sensasi Sedan Sport Listrik
    Setyo Adi Nugroho . 07 Feb, 2024
  • First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
    First Drive BYD Atto 3: Kualitas Berbicara
    Anindiyo Pradhono . 07 Feb, 2024