3 Pilar Pengembangan Hyundai Ioniq 5 N yang Membuatnya Begitu Menyenangkan

Hyundai Ioniq 5 N

DNA Hyundai N berasal dari dunia motorsport. Fondasi ini dibangun melalui pengembangan mobil WRC (World Rally Championship) antara tahun 2012 hingga 2014, yang kemudian melahirkan Hyundai i30 N sebagai anggota pertama dari line-up N pada tahun 2015, sekaligus menjadi perkenalan merek N. Berikutnya, semakin banyak model Hyundai yang menawarkan varian N sebagai versi performa tinggi. Pertanyaannya adalah, apakah DNA balap tersebut dapat diintegrasikan ke dalam mobil listrik? Ternyata, jawabannya adalah ya. Hyundai Ioniq 5 N menjadi bukti nyata dari hal itu.

Hyundai Ioniq 5 N tidak hanya merupakan varian standar dari Ioniq 5 yang dilengkapi dengan motor listrik yang lebih kuat. Lebih dari itu, mobil ini dikembangkan dengan serius dan penelitian yang mendalam. Hyundai bertujuan untuk meningkatkan standar kinerja kendaraan listrik (EV) dan bahkan memulai era baru dalam motorsport EV.

Kata Joon Park, Head of N Brand, ia ingin mewujudkan mobil listrik yang menyenangkan dikendarai dan tidak lagi membosankan. “Ioniq 5 N mewakili semangat kami. Fokus kami adalah untuk memuaskan hasrat para antusias untuk mencapai limit teknologi EV, untuk menciptakan EV yang tak hanya sesuai DNA kami, namun yang terpenting penggemar kami dapat merasakan pengalaman itu. Ioniq 5 N meningkatkan level itu. Lewatnya kami berusaha lebih jauh mewujudkan misi kami. Mobil listrik ini juga dapat digunakan di sirkuit dengan pengisian daya super-fast charging,” katanya.

Divisi N seolah memberi sentuhan magis pada Ioniq 5. Bahkan sebelum debutnya, berbagai teaser telah menampilkan pengembangan dan fitur terbarunya, seperti adegan drifting di jalan bersalju yang mengingatkan pada kemampuan mobil reli. Ioniq 5 N memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed pada 14 Juli 2023, sebuah acara prestisius yang mengumpulkan kendaraan performa tinggi dan eksotis.

Hyundai Ioniq 5 N

Model ini tampil lebih sporty dengan postur yang lebih rendah dan lebar; trek rodanya diperlebar 50 mm dan diturunkan 20 mm dibandingkan. Aerodinamika tetap dipikirkan walau tak terlihat. Seperti intake udara yang lebih besar dan bilah pengalir udara tambahan untuk peningkatan pendinginan. Di bagian belakang, spoiler tampak standar seperti pada Ioniq 5, namun sekarang dilengkapi dengan wiper yang terintegrasi dengan kaca belakang, serta diffuser yang memperlancar aliran udara. Struktur bodi juga diperkuat dengan 42 titik pengelasan tambahan yang tidak terlihat.

Dua motor elektrik terletak di sumbu roda depan dan belakang, menciptakan sistem penggerak semua roda (AWD). Motor ini menghasilkan tenaga sebesar 609 PS dan torsi 740 Nm, yang meningkat menjadi 640 PS dan 770 Nm saat N Grin Boost (NGB) diaktifkan. Dengan NGB, mobil ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik (atau 3,4 detik dengan NGB) dan mencapai kecepatan maksimum 260 km/jam. Namun, dalam uji coba di HMG Driving Experience Center, kecepatan maksimum yang tercatat adalah 266 km/jam. Kapasitas baterai sebesar 84 kWh memberikan jangkauan 448 km sesuai dengan standar WLTP.

Hyundai N mengungkapkan bahwa Ioniq 5 N, seperti model N lainnya, dibangun atas tiga filosofi utama. Pertama, mobil harus mampu menikung dengan cepat. Kedua, memiliki kemampuan balap yang memungkinkan penggunaan langsung di lintasan sirkuit tanpa perlu modifikasi. Ketiga, sebagai mobil sport harian yang praktis namun tidak membosankan. Fitur-fitur canggih Ioniq 5 N yang membentuk filosofi ini dapat diatur melalui tombol pada setir atau melalui monitor layar sentuh yang terletak di tengah. Inilah detailnya:

Hyundai Ioniq 5 N

Corner Rascal

Menurut Joon Park, performa terbaik mobil sport adalah ketika menikung. Melaju kencang di lintasan lurus bisa dilakukan semua mobil, asal memiliki tenaga besar. Namun menikung cepat, perkara berbeda. Ada beberapa fitur yang mengoptimalkan kemampuan menikung Hyundai Ioniq 5 N. Bahkan bisa diajak drifting layaknya mobil berpenggerak roda belakang (RWD).

  • N Torque Distribution: Mengatur distribusi torsi ke roda depan dan belakang. Rasionya bisa disesuaikan sendiri sesuai kebutuhan atau keinginan. Sehingga kontrol bodi bisa semakin presisi.
  • N Pedal: Mirip fitur i-Pedal di Ioniq 5, tapi ditingkatkan lagi kemampuannya sehingga bisa dilakukan dalam kecepatan tinggi. N Pedal terdiri level 1, 2 dan 3. Semakin tinggi, tekanan rem semakin besar tanpa perlu menginjak pedal.
  • N Drift Optimizer: Ketika fitur ini aktif, Anda bisa dengan mudah melepas traksi roda belakang. Daya lebih banyak tersalur ke belakang, lalu ada efek seperti hentakan kopling yang membuat pantat terbuang dan memudahkan sliding.
  • e-LSD: Limited slip differential mengatur distribusi tenaga antara roda belakang kanan dan kiri menggunakan gardan e-LSD. 

Racetrack Capability

Dalam kondisi standar pabrik, mobil sudah mampu diajak berlari kencang di sirkuit. Tanpa perlu ada modifikasi lagi yang belum tentu berhasil atau justru malah gagal. Hyundai Ioniq 5 N siap untuk itu. Tinggal mengatur beberapa sistem aja sesuai kebutuhan dan agar semua mekanikal serta elektrik bekerja optimal.

  • N Battery Preconditioning: Fitur ini mengatur temperatur baterai supaya performa optimal. Misalnya ketiga di Drag Mode. Power keluar maksimum dengan pengaturan suhu baterai 30-40 derajat celcius. Sedangkan di Track Mode, temperatur baterai lebih rendah stabil di suhu 20-30 derajat celcius. 
  • N Race: Ada 2 mode, Sprint Modern dan Endurance Mode. Sesuai kebutuhan, kalau Sprint semua power dikeluarkan. Sementara Endurance untuk melaju dalam jangka waktu panjang.
  • N-tuned Braking System: Paket pengereman dengan material ringan khusus performa tinggi yang memang dirancang untuk sirkuit. Cakram depan berukuran 400 mm dengan 4 kaliper, cakram belakang 380 mm dengan 1 kaliper.
  • N Brake Regen: Dikembangkan di Nurburgring Nordschleife, rem regenerative mampu mengumpulkan energi sebesar 0,6G.
  • N Launch Control: Berguna ketika start untuk menghasilkan reaksi akselerasi secepat kilat. 
  • N Grin Boost (NGB): Ketika tombol merah bertuliskan NGB ditekan, ada tambahan daya menjadi 650 PS dan torsi 770 Nm. Namun hanya untuk 10 detik. Ketika aktif dan berakselerasi, tarikan 0 sampai 100 km/jam hanya butuh 3,4 detik. 

Everyday Sportscar

Meskipun memiliki data spesifikasi bak mobil sport, Hyundai Ioniq 5 N tetap praktis dipakai harian. Namun siap sewaktu-waktu dipacu kencang. Jadinya tidak ada kata membosankan tiap kali berkendara bersamanya. 

  • N e-Shift: Fitur ini sangat menarik. Sebab bisa memberikan sensasi transmisi DCT 8-speed. Bahkan ada rasa rev matching, hentakan ketika berpindah gigi hingga cut power ketika putaran melebihi redline. Padahal semua imitasi belaka.
  • N Active Sound+: Suara juga bakal menghilangkan kebosanan mengendarai mobil listrik. Di Ioniq 5 N ada suara artifisial yang mampu menambah hasrat mengemudi. Terdapat 3 pilihan: Ignition yang mengikuti irama putaran mesin, Evolution terinspirasi dari konsep Vision Gran Turismo dan Supersonic mengeluarkan suara sonic boom pesawat jet.
  • N Light Sport Bucket Seats: Kursi depan berganti jok balap bucket yang mendepak tubuh dengan erat menjaga dari hempasan gaya gravitasi. Dilapisi material kulit serta suede. Ada fitur pendingin dan pemanasnya juga supaya tetap nyaman dipakai sehari-hari. (Odi)

Baca Juga: Eksplorasi Kehebatan Hyundai Ioniq 5 N dan Elantra N dalam Pan-ASEAN N Day

Model Mobil Hyundai

Mobil Hyundai
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai i20 2024
    Hyundai i20 2024
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai Ioniq 5 dari Carvaganza

  • Keganasan Hyundai Ioniq 5 N Menangkan World Performance Car 2024
    Keganasan Hyundai Ioniq 5 N Menangkan World Performance Car 2024
    Anjar Leksana . 05 Apr, 2024
  • Hyundai Ioniq 5 N Masuk Nominasi Mobil Terbaik di World Car Awards 2024
    Hyundai Ioniq 5 N Masuk Nominasi Mobil Terbaik di World Car Awards 2024
    Muhammad Hafid . 28 Feb, 2024
  • Hyundai Ioniq 5 N Dapat Paket Performa, Tampang Jadi Ganas
    Hyundai Ioniq 5 N Dapat Paket Performa, Tampang Jadi Ganas
    Alvando Noya . 16 Jan, 2024
  • Hyundai Kembangkan Uni Wheel, Inovasi Motor Listrik Berdimensi Kompak
    Hyundai Kembangkan Uni Wheel, Inovasi Motor Listrik Berdimensi Kompak
    Alvando Noya . 30 Nov, 2023
  • Bingung Fitur V2L di Mobil Listrik? Begini Cara Pakainya
    Bingung Fitur V2L di Mobil Listrik? Begini Cara Pakainya
    Setyo Adi . 18 Okt, 2023

Artikel Mobil Hyundai Ioniq 5 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Pajak Tahunan Cuma Rp1 Jutaan, Cek Harga Bekas Hyundai Ioniq 5
    Pajak Tahunan Cuma Rp1 Jutaan, Cek Harga Bekas Hyundai Ioniq 5
    Anjar Leksana . 27 Mei, 2024
  • Bukan Sekadar Mobil Listrik Biasa, Ini Kehebatan Hyundai Ioniq 5 N
    Bukan Sekadar Mobil Listrik Biasa, Ini Kehebatan Hyundai Ioniq 5 N
    Anindiyo Pradhono . 21 Mei, 2024
  • Hyundai Ioniq 5 N Kantongi Penghargaan World Performance Car 2024
    Hyundai Ioniq 5 N Kantongi Penghargaan World Performance Car 2024
    Anjar Leksana . 04 Apr, 2024
  • Hyundai Ioniq 5 N Masuk Tiga Besar Final World Car Awards 2024
    Hyundai Ioniq 5 N Masuk Tiga Besar Final World Car Awards 2024
    Muhammad Hafid . 28 Feb, 2024
  • Ioniq 5 N NPX1, Konsep Modifikasi Kendaraan Listrik Sporty dari Hyundai
    Ioniq 5 N NPX1, Konsep Modifikasi Kendaraan Listrik Sporty dari Hyundai
    Setyo Adi Nugroho . 15 Jan, 2024
  • Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, Apakah Sang Raja Tergoyahkan?
    Toyota bZ4X vs Hyundai Ioniq 5, Apakah Sang Raja Tergoyahkan?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Nov, 2022
  • Komparasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Lawan Lexus UX 300e
    Komparasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Lawan Lexus UX 300e
    Setyo Adi Nugroho . 11 Mei, 2022
  • Test Drive Hyundai Ioniq 5: Pengalaman Berkendara Tak Lazim
    Test Drive Hyundai Ioniq 5: Pengalaman Berkendara Tak Lazim
    Anindiyo Pradhono . 23 Jun, 2022
  • First Drive Hyundai Ioniq 5, Mobil Terbaik Dunia 2022!
    First Drive Hyundai Ioniq 5, Mobil Terbaik Dunia 2022!
    Setyo Adi Nugroho . 18 Apr, 2022