6 Hal tentang Hyundai IONIQ Electric, Peraih Best Electric Car Award

ioniq

Hyundai IONIQ Electric dinobatkan sebagai Mobil Listrik Terbaik (Best Electric Car Award) di ajang Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021. Penghargaan itu merupakan salah satu ajang paling bergengsi bagi dunia otomotif nasional.

Pencapaian Hyundai IONIQ Electric sebagai Best Electric Car di Indonesia tentu saja menarik perhatian publik. Pasalnya, industri otomotif nasional sedang mengarah ke elektrifikasi dan juga seiring komitmen Hyundai untuk mendorong pemasaran mobil listrik di Tanah Air.

Carvaganza Editors’ Choice Award 2021 mengakui, Hyundai IONIQ Electric merupakan mobil listrik yang paling menarik perhatian konsumen. Apalagi di tengah semakin beragam mobil listrik lain yang ditawarkan. Kehadirannya cukup menggebrak dengan harga terjangkau untuk ukuran segmennya serta didukung paket teknologi canggih nan modern. Setidaknya ada 6 hal penting yang harus diketahui dari Hyundai IONIQ Electric.

 

Eksterior

Hyundai Ioniq

Dari sisi penampilan, Hyundai IONIQ Electric tidak memberikan nuansa terlalu futuristis yang mencolok. Dikemas dengan tampilan modern seperti layout mobil bermesin konvensional lainnya. Namun, pada bagian depan memang tidak terdapat lubang grille karena mobil listrik tak membutuhkan radiator. 

Sosok IONIQ semakin terlihat dinamis lewat desain velg alloy 16 inci. Untuk warna, terdapat empat pilihan yakni Polar White, Fluidic Metal, Phantom Black dan Fiery Red.

Di bagian belakang kiri terdapat port untuk pengecasan ke listrik (charging port). Port ini menawarkan pilihan mode pengisian daya. Yaitu pengisian daya standar atau pengisian daya cepat. Kabel pengisian daya listrik itu dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan, keamanan dan kemudahan.

 

Interior

Review Hyundai Ioniq Indonesia

Ruangan kabin Hyundai IONIQ menampilkan desain yang lebih eksentrik berkat penyematan peralatan mutakhir khas mobil listrik. Desain interiornya dibuat mewah, tapi mampu menampilkan kesan sporty dan futuristis dengan layar hiburan berukuran 8 inci berada di tengah dashboard.

Layar sentuh itu berperan sebagai pusat informasi kendaraan. Di sini terdapat ragam info mengenai kinerja komponen listrik, pengaturan ragam fungsi mobil hingga koneksi Bluetooth and USB dari ponsel.

Kabinnya terasa lapang berkat dimensi panjang mobil 4.470 mm dan wheelbase 2.700 mm. Headroom baik di bagian penumpang maupun pengemudi terasa lega berkat tinggi mobil 1.475 mm. Seluruh jok dan setir dibalut oleh bahan kulit berkualitas, begitu juga beberapa bagian interior lainnya. Seperti trim pintu.

 

Teknologi Transmisi

Hyundai ioniq transmission

Semua tombol peroperasian berbentuk serba sentuh, tanpa tombol ataupun kenop. Bahkan, jika Anda tak biasa, bakal heran karena sama sekali tak ada tuas persneling. Digantikan tombol lewat sentuhan jari saja baik untuk maju, mundur, netral maupun parkir. Keterangannya R untuk mundur (reserve), P (netral), D (drive), dan P (park). Teknologi transmisi shift by wire itu membuat perpindahan transmisi berjalan tanpa jeda.

Untuk pengaturan AC mengadopsi automatic climate control dan juga menyediakan lubang AC untuk penumpang belakang. Jika ingin mengisi smartphone sudah tersedia wireless smartphone charger. Jok dapat diatur secara otomatis (electric power seat) dengan 2 memori posisi duduk dan lumbar sport yang membuat duduk kita selama perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan.

Terdapat pula layar LCD 7 inci di belakang kemudi yang juga memuat informasi penting mobil. Informasinya sangat akurat dalam format grafis penuh warna diwujudkan dengan teknologi Supervision.

 

Performa

Ioniq electric motor

Hyundai IONIQ Electric dibekali motor listrik 100 kW. Membuat mobil nyaris tanpa suara. Motor ini menciptakan akselerasi cepat sekaligus bebas emisi. Torsi tersedia langsung secara instan. Setelah melaju, satu-satunya suara yang menjadi “soundtrack” di dalam kabin adalah gesekan ban yang menyapu permukaan aspal.

Sebetulnya otak dibalik IONIQ Electric adalah Electric Power Control Unit (EPCU) yang membuat semuanya bergerak. EPCU bekerja di belakang layar melakukan tugas-tugas kompleks untuk mengatur berbagai sistem listrik dan elektronik. Semua sub-sistem vital ini bekerja secara harmonis di bawah perintah EPCU.

Seperti mobil listrik canggih lainnya, Hyundai IONIQ Electric dilengkapi sistem pengereman regeneratif. Sistem ini menangkap energi dari pengereman untuk kemudian dialihkan untuk menambah cadangan daya baterai. Jika pengemudi menginginkan sensasi pengemudian yang lebih enerjik, tersedia tuas paddle shift di belakang lingkar kemudi. Pengemudi dapat memindahkan sistem eco-drive ke penggunaan tenaga penuh sehingga performa mobil menjadi lebih cepat dan lebih gesit lagi.

Untuk memberikan kenikmatan berkendara yang jauh lebih dinamis Hyundai Ioniq menyediakan beberapa pilihan mode pengendaraan mulai dari Eco, Eco+, Comfort dan Sport. Masing-masing punya karakteristik berbeda.

Nah, cepat atau lambat, kendaraan listrik akan menjadi moda transportasi masif di dunia termasuk Indonesia. Dan Hyundai IONIQ Electric sudah mengambil kesempatan lebih dulu. Pengalaman yang ditawarkan IONIQ bukanlah pengalaman biasa, sejalan dengan tagline ‘Experience the future mobility in your daily life’ untuk IONIQ Electric.

 

Warranty

Hyundai Ioniq

Hyundai memberikan Battery Warranty 8 tahun atau 160.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dulu. Selama kurun waktu itu, pembeli tidak perlu khawatir dengan jaminan garansi high voltage battery kendaraan yang dibeli.

Konsumen IONIQ Electric juga tidak perlu mengkhawatirkan maintenance kendaraan. Karena pabrikan memberikan jaminan gratis perawatan 5 tahun/75.000 km, tergantung mana yang tercapai terlebih dahulu.

 

Fitur Safety

Review Hyundai Ioniq Indonesia

Fitur keselamatan pada IONIQ Electric adalah yang terdepan di kelasnya. Menggabungkan radar, sensor, dan pengindera mesin internal yang canggih yang bersifat preventif untuk menghindarkan pengemudi dan penumpang dari bahaya. Seperti 7 airbag yang diposisikan di depan, samping, lutut maupun tirai.

Fitur Blind Spot Collision Warning (BCW) akan memperingatkan kehadiran mobil lain di area blind spot. Fitur akan mengaktifkan sinyal alarm dan ditunjukkan juga lewat kedipan lampu LED yang terpasang di kaca spion samping.

Terpasang pula Rear-View Mirror yang dapat meredup secara otomatis ketika sensor mendeteksi sorot lampu dari belakang kendaraan dalam situasi kurang pencahayaan serta fitur Parking Assist Sensor.

Dari ragam penjelasan di atas, tak salah jika Best Electric Car Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive disematkan pada IONIQ Electric. (ADV)

Jelajahi Hyundai Ioniq

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Ioniq
  • Tampak samping Ioniq
  • Tampak belakang serong Ioniq
  • Tampak Depan Hyundai Ioniq
  • Tampak atas Ioniq
  • Tampak Grille Ioniq
  • Fog lamp depan Ioniq
  • Lampu depan Ioniq
  • lampu belakang Ioniq
  • handle pintu Ioniq
Hyundai Ioniq
Rp 637 - Rp 677 Juta Cicilan : Rp 14,53 Juta

Model Mobil Hyundai

Mobil Hyundai
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Hyundai Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi