Adu Kemampuan Mobil Listrik Esemka Bima EV vs DFSK Gelora E

Bima vs Gelora

 

KEY TAKEAWAYS

  • Keduanya sama-sama menyadur dari mobil asal Tiongkok

    Namun karena Bima EV masih status CBU, harganya jauh lebih mahal dari Gelora E
  • Booth Esemka di IIMS 2023 kerap didatangi pengunjung yang penasaran dengan Bima EV. Kehadirannya di industri otomotif Tanah Air sekaligus menjadi penantang DFSK Gelora E. Keduanya merupakan barang serumpun, asal Negeri Tiongkok. Brand lokal ini mengakui hasil rebagde dari Shineray X30LEV. Menukil spesifikasi dan kelengkapan agak mirip. Mari simak kelengkapan masing-masing unit.

     

    Harga

    DFSK Gelora E BV sekarang dilepas Rp350 juta dan tipe MB Rp399 juta. Sedangkan Esemka Bima EV Cargo Van dilego Rp530 juta dan Passenger Van Rp540 juta. Selisihnya bisa ratusan juga sendiri karena produk Dongfeng sudah dirakit lokal. Kalau betul punya komitmen di sini, seharusnya Esemka bisa melakukan hal serupa agar banderol kompetitif.

    esemka bima EV

    Dimensi

    Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Sedangkan ukuran DFSK Gelora E 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT), serta wheelbase sedikit lebih panjang, 3.050 mm. Berat tota; tipe BV 2.600 kg. Dilihat dari dimensi, keduanya agak mirip. Gelora E sedikit lebih besar.

    Baca Juga: Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

     

    Posisi Motor dan Baterai

    Ini yang jadi perhatian lebih. Kalau dilihat, posisi baterai dan permanent magnet synchronous motor kedua mobil Cina ini mirip. Letak dinamo penggerak menempel di gardan belakang. Kabel-kabel juga terbuka. Demi keamanan, seharusnya Esemka bisa merapikan bagian ini agar tak menonjol di bagian bawah. Demikian pula produk DFSK. Namun, Gelora E agak naik. Pelek kaleng keduanya sama berukuran 14 inci.

    Tapi profil ban Gelora E lebih tebal yakni 185/80 mm, punya ground clearance 200 mm. Sedangkan Esemka Bima EV memiliki ban lebih tipis 175/65 mm. Jadi, posisinya lebih rendah, rentan nyangkut. Lalu tipe suspensi keduanya pakai MacPherson Strut dan Leaf Spring di belakang. Per daun milik Gelora E lima tumpuk, sedangkan Bima EV enam lapis.

    DFSK Gelora E

    Performa

    Bima EV memakai baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm.

    Gelora E menggunakan teknologi Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWH. Daya jelajah diklaim sampai 300 km (WLTP). Lewat fast charging, pengisian daya 20-80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Keluaran tenaga mencapai 60 kWh atau 80 PS. Sedangkan torsi puncak tembus 200 Nm. Dari sisi tenaga kalah, namun momen puntir lebih tinggi.

     

    Fitur & Simpulan

    Fitur keamanan kedua model hampir sama. Bagian pengereman ada Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Electric Power System. Yang membedakan, Bima EV memiliki meter cluster digital, serta Hill Start Assist Control supaya tak menggelundung. Bentuk lingkar kemudi, dasbor dan kenop transmisi sama (D,N,R). Kalau memang butuh kendaraan niaga elektrik. Ditimbang dari harga, DFSK Gelora E jauh lebih memikat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: DFSK Gelora E Sudah CKD, Jauh Lebih Murah dari Esemka Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Resmi! Cadillac Debut Tahun Depan Bersama Bottas dan Perez
      Resmi! Cadillac Debut Tahun Depan Bersama Bottas dan Perez
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Pemerintah Stop Insentif Mobil Listrik Impor Akhir 2025, Cegah Kerugian Industri Berkelanjutan
      Pemerintah Stop Insentif Mobil Listrik Impor Akhir 2025, Cegah Kerugian Industri Berkelanjutan
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Lebih dari Sekadar Mesin V12, Ini Keunggulan Teknologi dan Fitur Ferrari 12Cilindri
      Lebih dari Sekadar Mesin V12, Ini Keunggulan Teknologi dan Fitur Ferrari 12Cilindri
      Muhammad Hafid . 26 Agu, 2025
    • Porsche dan Michelin Perkuat Cengkeraman di Aspal Balap Mandalika
      Porsche dan Michelin Perkuat Cengkeraman di Aspal Balap Mandalika
      Editorial . 26 Agu, 2025
    • Wuling Bingo S Ramaikan Kelas SUV Listrik Kompak di Cina, Lawan Neta X dan Atto 2
      Wuling Bingo S Ramaikan Kelas SUV Listrik Kompak di Cina, Lawan Neta X dan Atto 2
      Muhammad Hafid . 26 Agu, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • 25 Tahun LKS Autoparts, Menjaga Standar Aftermarket Setara OEM
      25 Tahun LKS Autoparts, Menjaga Standar Aftermarket Setara OEM
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Insentif Impor Mobil Listrik: Berkah atau Malapetaka?
      Insentif Impor Mobil Listrik: Berkah atau Malapetaka?
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Menuju Dakar Rally 2026, Julian Johan Latihan di Gurun Sahara, Afrika
      Menuju Dakar Rally 2026, Julian Johan Latihan di Gurun Sahara, Afrika
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Toyota Eco Youth ke-13, Sukses Mencetak Generasi Peduli Lingkungan Lewat Inovasi
      Toyota Eco Youth ke-13, Sukses Mencetak Generasi Peduli Lingkungan Lewat Inovasi
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • GIIAS Surabaya 2025 Digelar Besok, Simak Detailnya!
      GIIAS Surabaya 2025 Digelar Besok, Simak Detailnya!
      Ardiantomi . 26 Agu, 2025
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
      Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2025
    • Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
      Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
      Zenuar Yoga . 15 Agu, 2025
    • Low SUV Terbaru Agustus 2025: Hyundai Cartenz X hingga Citroën C3 Aircross
      Low SUV Terbaru Agustus 2025: Hyundai Cartenz X hingga Citroën C3 Aircross
      Setyo Adi Nugroho . 14 Agu, 2025
    • Memahami Sistem Penggerak e-4orce Milik Nissan X-Trail e-Power
      Memahami Sistem Penggerak e-4orce Milik Nissan X-Trail e-Power
      Bangkit Jaya Putra . 11 Agu, 2025
    • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
    • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Anjar Leksana . Hari ini
    • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025