Adu Kemampuan Mobil Listrik Esemka Bima EV vs DFSK Gelora E

Bima vs Gelora

 

KEY TAKEAWAYS

  • Keduanya sama-sama menyadur dari mobil asal Tiongkok

    Namun karena Bima EV masih status CBU, harganya jauh lebih mahal dari Gelora E
  • Booth Esemka di IIMS 2023 kerap didatangi pengunjung yang penasaran dengan Bima EV. Kehadirannya di industri otomotif Tanah Air sekaligus menjadi penantang DFSK Gelora E. Keduanya merupakan barang serumpun, asal Negeri Tiongkok. Brand lokal ini mengakui hasil rebagde dari Shineray X30LEV. Menukil spesifikasi dan kelengkapan agak mirip. Mari simak kelengkapan masing-masing unit.

     

    Harga

    DFSK Gelora E BV sekarang dilepas Rp350 juta dan tipe MB Rp399 juta. Sedangkan Esemka Bima EV Cargo Van dilego Rp530 juta dan Passenger Van Rp540 juta. Selisihnya bisa ratusan juga sendiri karena produk Dongfeng sudah dirakit lokal. Kalau betul punya komitmen di sini, seharusnya Esemka bisa melakukan hal serupa agar banderol kompetitif.

    esemka bima EV

    Dimensi

    Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Sedangkan ukuran DFSK Gelora E 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT), serta wheelbase sedikit lebih panjang, 3.050 mm. Berat tota; tipe BV 2.600 kg. Dilihat dari dimensi, keduanya agak mirip. Gelora E sedikit lebih besar.

    Baca Juga: Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

     

    Posisi Motor dan Baterai

    Ini yang jadi perhatian lebih. Kalau dilihat, posisi baterai dan permanent magnet synchronous motor kedua mobil Cina ini mirip. Letak dinamo penggerak menempel di gardan belakang. Kabel-kabel juga terbuka. Demi keamanan, seharusnya Esemka bisa merapikan bagian ini agar tak menonjol di bagian bawah. Demikian pula produk DFSK. Namun, Gelora E agak naik. Pelek kaleng keduanya sama berukuran 14 inci.

    Tapi profil ban Gelora E lebih tebal yakni 185/80 mm, punya ground clearance 200 mm. Sedangkan Esemka Bima EV memiliki ban lebih tipis 175/65 mm. Jadi, posisinya lebih rendah, rentan nyangkut. Lalu tipe suspensi keduanya pakai MacPherson Strut dan Leaf Spring di belakang. Per daun milik Gelora E lima tumpuk, sedangkan Bima EV enam lapis.

    DFSK Gelora E

    Performa

    Bima EV memakai baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm.

    Gelora E menggunakan teknologi Lithium-ion dengan kapasitas 42 kWH. Daya jelajah diklaim sampai 300 km (WLTP). Lewat fast charging, pengisian daya 20-80 persen hanya membutuhkan waktu 80 menit. Keluaran tenaga mencapai 60 kWh atau 80 PS. Sedangkan torsi puncak tembus 200 Nm. Dari sisi tenaga kalah, namun momen puntir lebih tinggi.

     

    Fitur & Simpulan

    Fitur keamanan kedua model hampir sama. Bagian pengereman ada Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Electric Power System. Yang membedakan, Bima EV memiliki meter cluster digital, serta Hill Start Assist Control supaya tak menggelundung. Bentuk lingkar kemudi, dasbor dan kenop transmisi sama (D,N,R). Kalau memang butuh kendaraan niaga elektrik. Ditimbang dari harga, DFSK Gelora E jauh lebih memikat. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: DFSK Gelora E Sudah CKD, Jauh Lebih Murah dari Esemka Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Hari Ke-2 Indonesia Autovaganza 2025, Kemeriahan Lomba Push Bike Sampai Kumpul Komunitas
      Hari Ke-2 Indonesia Autovaganza 2025, Kemeriahan Lomba Push Bike Sampai Kumpul Komunitas
      Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
    • Line Up Hybrid Toyota Meriahkan Indonesia Autovaganza 2025
      Line Up Hybrid Toyota Meriahkan Indonesia Autovaganza 2025
      Setyo Adi . 26 Okt, 2025
    • Volvo Sorot Dua Model SUV Elektrifikasi di Indonesia Autovaganza 2025
      Volvo Sorot Dua Model SUV Elektrifikasi di Indonesia Autovaganza 2025
      Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
    • Festival Test Drive di Indonesia Autovaganza 2025 Sediakan Lebih dari 30 Mobil
      Festival Test Drive di Indonesia Autovaganza 2025 Sediakan Lebih dari 30 Mobil
      Tomi Tomi . 26 Okt, 2025
    • Pajang J6 Jadi Andalan, Chery Gelar Promo Menarik di Indonesia Autovaganza 2025
      Pajang J6 Jadi Andalan, Chery Gelar Promo Menarik di Indonesia Autovaganza 2025
      Setyo Adi . 26 Okt, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Changan Lumin Siap Mengaspal di Indonesia Bulan Depan, Harga Dijanjikan Kompetitif
      Changan Lumin Siap Mengaspal di Indonesia Bulan Depan, Harga Dijanjikan Kompetitif
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Chery Serahkan 1.000 unit Tiggo Cross CSH Hybrid ke Konsumen
      Chery Serahkan 1.000 unit Tiggo Cross CSH Hybrid ke Konsumen
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Hari Ke-2 Indonesia Autovaganza 2025, Meriah dengan Lomba Push Bike hingga Kumpul Komunitas
      Hari Ke-2 Indonesia Autovaganza 2025, Meriah dengan Lomba Push Bike hingga Kumpul Komunitas
      Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
    • Volvo Pamerkan XC60 PHEV dan EX30 di Indonesia Autovaganza 2025
      Volvo Pamerkan XC60 PHEV dan EX30 di Indonesia Autovaganza 2025
      Wahyu Hariantono . 26 Okt, 2025
    • Mobil Hybrid Toyota Ramaikan Autovaganza 2025, Pengunjung Bisa Test Drive
      Mobil Hybrid Toyota Ramaikan Autovaganza 2025, Pengunjung Bisa Test Drive
      OTO . 26 Okt, 2025
    • Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
      Mengintip Interior Jaecoo J5 EV, SUV Listrik dengan Kenyamanan Kelas Premium
      Setyo Adi Nugroho . 21 Okt, 2025
    • Bedah Kelengkapan Mitsubishi Xpander GLS CVT, Tipe Matik Paling Murah
      Bedah Kelengkapan Mitsubishi Xpander GLS CVT, Tipe Matik Paling Murah
      Anjar Leksana . 19 Okt, 2025
    • Perbandingan Eksterior Jaecoo J5 EV vs Chery E5: SUV Listrik dengan Dua Karakter Berbeda
      Perbandingan Eksterior Jaecoo J5 EV vs Chery E5: SUV Listrik dengan Dua Karakter Berbeda
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Wuling Cortez Darion Siap Bermain di Segmen Medium MPV Sliding Door!
      Wuling Cortez Darion Siap Bermain di Segmen Medium MPV Sliding Door!
      Ardiantomi . 15 Okt, 2025
    • Fitur Chery Tiggo 9 CSH yang Menunjang Kenyamanan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga
      Fitur Chery Tiggo 9 CSH yang Menunjang Kenyamanan Perjalanan Jauh Bareng Keluarga
      Anjar Leksana . 10 Okt, 2025
    • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
    • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
    • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
    • Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Waspada Berburu Mobil Seken Murah, Ini Cara Cek Unit Bekas Tabrakan
      Anjar Leksana . 01 Okt, 2025
    • Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
      Road Test Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: SUV Keluarga Modern yang Siap Menjelajah Jarak Jauh
      Muhammad Hafid . 23 Okt, 2025
    • Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
      Road Test GWM Ora 03: EV Funky Cocok untuk Anak Muda
      Wahyu Hariantono . 22 Okt, 2025
    • First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
      First Drive GWM Tank 300 Diesel: Nyaman di Aspal, Galak di Medan Berat
      Muhammad Hafid . 17 Okt, 2025
    • First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
      First Drive Chery Tiggo 9 CSH AWD: SUV Keluarga Berjiwa Kencang!
      Anjar Leksana . 15 Okt, 2025
    • Test Drive Aletra L8 EV: Tuntaskan 538 Km Jakarta-Magelang Hanya Dua Kali Charge
      Test Drive Aletra L8 EV: Tuntaskan 538 Km Jakarta-Magelang Hanya Dua Kali Charge
      Zenuar Yoga . 13 Okt, 2025