Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

esemka bima EV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Esemka Bima EV ternyata hasil rebadge dari X30LEV

    Tampilan, bentuk dan dimensi sama persis. Yang membedakan ialah bentuk logo saja
  • Di IIMS 2023, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) membawa barang anyar bernama Bima EV. Kendaraan listrik murni ini mencuri perhatian khalayak. Banyak yang penasaran dengan mobil berbentuk van elektrik ini. Sejak kemunculan di industri otomotif nasional. Mereka terus menjadi buah bibir. Lantaran kemiripan logo, isu soal hubungannya bersama Hozon Auto ditepis. Dan mereka mengakui gandeng bareng produsen otomotif Cina, Shineray.

    Apa alasannya mereka bermitra bareng pabrikan Cina, bukan dari Korea atau Jepang?

    “Bicara bisnis, kami mencari rekan kerja, mencari satu calon mitra yang bisa diajak komitmen bersama. Apapun mitra yang diajak kerja sama, (produk) lokal brand kami adalah kolaborasi. Kami banyak bermitra dengan yang lain dan posisi kami terbuka dalam kondisi yang sama,” papar Presiden Direktur Solo Esemka Eddy Wirajaya, menanggapi rebadge Bima EV dari Tiongkok.

    Eddy juga menegaskan kenapa memilih jenis EV. Karena dinilai teknologi baru yang memiliki kesempatan dan potensi ke depan. Esemka, lanjut dia, butuh reshare dan transfer teknologi soal mobil listrik. Sehingga mereka turut menggunakan momen IIMS 2023 untuk tampil dan unjuk gigi dengan memamerkan Bima EV. Namun produk Cina hasil ganti logo itu, masih dirasa sangat mahal.

    Shineray

    “Untuk Bima EV masih prototipe. Nanti selanjutnya kami melakukan CKD di pabrik Boyolali. Harapannya kalau respons market bagus, kami produksi secepatnya. Karena saat ini masih CBU, kami menjual Bima EV passenger Rp540 juta dan model van Rp530 juta. Kami CBU dari Tiongkok dari Shineray. Kami sebagai lokal brand punya komitmen pakai part lokal (TKDN) kalau bisa (50 persen) lebih, tapi butuh waktu dan proses,” klaim dia usai peluncuran Esemka Bima EV di IIMS 2023.

    Saat ditelusuri di laman Shineray, Esemka Bima EV merupakan hasil rebadge dari X30LEV. Tampilan, bentuk dan dimensi sama persis. Yang membedakan ialah bentuk logo saja. Kisi-kisi depan gaya BMW masih diterapkan di kedua unit. Motor penggerak di tanam di roda belakang atau rear wheel drive.

    Mengenai dimensi, Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm. Untuk detail dan kekurangan van EV ini, bakal tersaji di artikel lain. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Esemka Debut di IIMS 2023, Luncurkan Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • KALEIDOSKOP 2025: Mobil-Mobil Cina Paling Dicari di Indonesia
      KALEIDOSKOP 2025: Mobil-Mobil Cina Paling Dicari di Indonesia
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • KALEIDOSKOP 2025: Deretan Mobil Listrik Baru Ramaikan Pasar Indonesia
      KALEIDOSKOP 2025: Deretan Mobil Listrik Baru Ramaikan Pasar Indonesia
      Setyo Adi . Hari ini
    • Hyundai Andalkan Stargazer Maksimalkan Segmen Fleet di Indonesia
      Hyundai Andalkan Stargazer Maksimalkan Segmen Fleet di Indonesia
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • GAC Group Siap Produksi Baterai Solid-State di 2027, Bikin EV Bisa Tempuh 1.000 Km Lebih
      GAC Group Siap Produksi Baterai Solid-State di 2027, Bikin EV Bisa Tempuh 1.000 Km Lebih
      Anjar Leksana . 24 Des, 2025
    • Mendekati Target 2025, Chery Resmikan Dealer ke-69 di Bintaro
      Mendekati Target 2025, Chery Resmikan Dealer ke-69 di Bintaro
      Bangkit Jaya . 24 Des, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Kaleidoskop 2025: Lima Merek Cina Paling Diminati di Indonesia
      Kaleidoskop 2025: Lima Merek Cina Paling Diminati di Indonesia
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Kaleidoskop 2025: Model EV Terus Datang, Dominasi Pasar Lewat Produk Beragam
      Kaleidoskop 2025: Model EV Terus Datang, Dominasi Pasar Lewat Produk Beragam
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Mitsubishi Sediakan Program Diler Siaga Natal & Tahun Baru 2026
      Mitsubishi Sediakan Program Diler Siaga Natal & Tahun Baru 2026
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Toyota Operasikan 3 Posko Siaga 24 Jam Selama Masa Mudik Nataru 2025/2026
      Toyota Operasikan 3 Posko Siaga 24 Jam Selama Masa Mudik Nataru 2025/2026
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Kaleidoskop 2025: Teknologi Hybrid Makin Merakyat, Tawaran Model Makin Beragam
      Kaleidoskop 2025: Teknologi Hybrid Makin Merakyat, Tawaran Model Makin Beragam
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Ford Everest XLT Next-Gen: Varian Tengah yang Serbaguna
      Ford Everest XLT Next-Gen: Varian Tengah yang Serbaguna
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Review Kabin Volkswagen ID.Buzz Bozz Edition: Definisi Kemewahan 'Silent Luxury' untuk Para Bos
      Review Kabin Volkswagen ID.Buzz Bozz Edition: Definisi Kemewahan 'Silent Luxury' untuk Para Bos
      Anindiyo Pradhono . 23 Des, 2025
    • Kijang Lovers, Pilih Toyota Innova Reborn 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
      Kijang Lovers, Pilih Toyota Innova Reborn 2.4 Diesel atau Zenix 2.0 G CVT?
      Anjar Leksana . 23 Des, 2025
    • 5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
      5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
      Anjar Leksana . 22 Des, 2025
    • 5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
      5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
      Anjar Leksana . 19 Des, 2025
    • Cara Mengoptimalkan EV untuk Perjalanan Keluarga
      Cara Mengoptimalkan EV untuk Perjalanan Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2025
    • Kondisi Ban Mobil Jadi Hal Penting saat Perjalanan Mudik Nataru Musim Hujan
      Kondisi Ban Mobil Jadi Hal Penting saat Perjalanan Mudik Nataru Musim Hujan
      Anjar Leksana . 24 Des, 2025
    • Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
      Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
      Setyo Adi Nugroho . 19 Des, 2025
    • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
    • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
      Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
      Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
    • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
      Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
      Ardiantomi . 20 Nov, 2025
    • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
      Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
      Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
    • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
      First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
      Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
    • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
      First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
      Anjar Leksana . 07 Nov, 2025