Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

esemka bima EV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Esemka Bima EV ternyata hasil rebadge dari X30LEV

    Tampilan, bentuk dan dimensi sama persis. Yang membedakan ialah bentuk logo saja
  • Di IIMS 2023, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) membawa barang anyar bernama Bima EV. Kendaraan listrik murni ini mencuri perhatian khalayak. Banyak yang penasaran dengan mobil berbentuk van elektrik ini. Sejak kemunculan di industri otomotif nasional. Mereka terus menjadi buah bibir. Lantaran kemiripan logo, isu soal hubungannya bersama Hozon Auto ditepis. Dan mereka mengakui gandeng bareng produsen otomotif Cina, Shineray.

    Apa alasannya mereka bermitra bareng pabrikan Cina, bukan dari Korea atau Jepang?

    “Bicara bisnis, kami mencari rekan kerja, mencari satu calon mitra yang bisa diajak komitmen bersama. Apapun mitra yang diajak kerja sama, (produk) lokal brand kami adalah kolaborasi. Kami banyak bermitra dengan yang lain dan posisi kami terbuka dalam kondisi yang sama,” papar Presiden Direktur Solo Esemka Eddy Wirajaya, menanggapi rebadge Bima EV dari Tiongkok.

    Eddy juga menegaskan kenapa memilih jenis EV. Karena dinilai teknologi baru yang memiliki kesempatan dan potensi ke depan. Esemka, lanjut dia, butuh reshare dan transfer teknologi soal mobil listrik. Sehingga mereka turut menggunakan momen IIMS 2023 untuk tampil dan unjuk gigi dengan memamerkan Bima EV. Namun produk Cina hasil ganti logo itu, masih dirasa sangat mahal.

    Shineray

    “Untuk Bima EV masih prototipe. Nanti selanjutnya kami melakukan CKD di pabrik Boyolali. Harapannya kalau respons market bagus, kami produksi secepatnya. Karena saat ini masih CBU, kami menjual Bima EV passenger Rp540 juta dan model van Rp530 juta. Kami CBU dari Tiongkok dari Shineray. Kami sebagai lokal brand punya komitmen pakai part lokal (TKDN) kalau bisa (50 persen) lebih, tapi butuh waktu dan proses,” klaim dia usai peluncuran Esemka Bima EV di IIMS 2023.

    Saat ditelusuri di laman Shineray, Esemka Bima EV merupakan hasil rebadge dari X30LEV. Tampilan, bentuk dan dimensi sama persis. Yang membedakan ialah bentuk logo saja. Kisi-kisi depan gaya BMW masih diterapkan di kedua unit. Motor penggerak di tanam di roda belakang atau rear wheel drive.

    Mengenai dimensi, Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm. Untuk detail dan kekurangan van EV ini, bakal tersaji di artikel lain. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Esemka Debut di IIMS 2023, Luncurkan Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Jetour T2 Varian 1.5 Turbo 4x2 Terdaftar di Indonesia, Harga Berpotensi Lebih Murah
      Jetour T2 Varian 1.5 Turbo 4x2 Terdaftar di Indonesia, Harga Berpotensi Lebih Murah
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Suzuki Peduli Banjir Sumatera, Beri Diskon Servis hingga 25 Persen untuk Konsumen
      Suzuki Peduli Banjir Sumatera, Beri Diskon Servis hingga 25 Persen untuk Konsumen
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Xpeng Catat Kinerja Positif di Indonesia Selama 2025, Fokus Jaringan dan Produksi Lokal
      Xpeng Catat Kinerja Positif di Indonesia Selama 2025, Fokus Jaringan dan Produksi Lokal
      Setyo Adi . Hari ini
    • Lamborghini Temerario Meluncur di Indonesia Tahun Depan, Siap Lawan 296 GTB
      Lamborghini Temerario Meluncur di Indonesia Tahun Depan, Siap Lawan 296 GTB
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • NGK Musnahkan 11 Ribu Busi Palsu, Perangi Peredaran Produk Ilegal di Indonesia
      NGK Musnahkan 11 Ribu Busi Palsu, Perangi Peredaran Produk Ilegal di Indonesia
      Bangkit Jaya . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Lamborghini Temerario Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Depan, Penantang Serius Ferrari 296 GTB
      Lamborghini Temerario Dipastikan Masuk Indonesia Tahun Depan, Penantang Serius Ferrari 296 GTB
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Xpeng Petik Hasil Manis di 2025, Siap Sambut Tantangan Tahun Depan
      Xpeng Petik Hasil Manis di 2025, Siap Sambut Tantangan Tahun Depan
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Nissan Perkenalkan Gravite, Rival Suzuki Ertiga untuk Pasar India
      Nissan Perkenalkan Gravite, Rival Suzuki Ertiga untuk Pasar India
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Suzuki Peduli Banjir Sumatra, Kasih Diskon Servis Hingga 25 Persen
      Suzuki Peduli Banjir Sumatra, Kasih Diskon Servis Hingga 25 Persen
      Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
    • Perodua Luncurkan Traz, Kembaran Toyota Yaris Cross yang Dijual Rp300 Jutaan
      Perodua Luncurkan Traz, Kembaran Toyota Yaris Cross yang Dijual Rp300 Jutaan
      Anjar Leksana . 19 Des, 2025
    • 5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
      5 Merek Mobil Baru yang Ramaikan Pasar Indonesia Sepanjang 2025
      Anjar Leksana . Hari ini
    • 5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
      5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
      Anjar Leksana . 19 Des, 2025
    • Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
      Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
      Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
    • Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
      Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
      Ardiantomi . 17 Des, 2025
    • Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
      Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
      Ardiantomi . 17 Des, 2025
    • Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
      Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
      Setyo Adi Nugroho . 19 Des, 2025
    • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
      Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
    • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
      Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
    • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
      Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
    • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
      Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
    • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
      Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
      Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
    • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
      Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
      Ardiantomi . 20 Nov, 2025
    • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
      Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
      Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
    • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
      First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
      Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
    • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
      First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
      Anjar Leksana . 07 Nov, 2025