Alasan Esemka Bermitra dengan Produsen Cina untuk Bima EV

esemka bima EV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Esemka Bima EV ternyata hasil rebadge dari X30LEV

    Tampilan, bentuk dan dimensi sama persis. Yang membedakan ialah bentuk logo saja
  • Di IIMS 2023, PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) membawa barang anyar bernama Bima EV. Kendaraan listrik murni ini mencuri perhatian khalayak. Banyak yang penasaran dengan mobil berbentuk van elektrik ini. Sejak kemunculan di industri otomotif nasional. Mereka terus menjadi buah bibir. Lantaran kemiripan logo, isu soal hubungannya bersama Hozon Auto ditepis. Dan mereka mengakui gandeng bareng produsen otomotif Cina, Shineray.

    Apa alasannya mereka bermitra bareng pabrikan Cina, bukan dari Korea atau Jepang?

    “Bicara bisnis, kami mencari rekan kerja, mencari satu calon mitra yang bisa diajak komitmen bersama. Apapun mitra yang diajak kerja sama, (produk) lokal brand kami adalah kolaborasi. Kami banyak bermitra dengan yang lain dan posisi kami terbuka dalam kondisi yang sama,” papar Presiden Direktur Solo Esemka Eddy Wirajaya, menanggapi rebadge Bima EV dari Tiongkok.

    Eddy juga menegaskan kenapa memilih jenis EV. Karena dinilai teknologi baru yang memiliki kesempatan dan potensi ke depan. Esemka, lanjut dia, butuh reshare dan transfer teknologi soal mobil listrik. Sehingga mereka turut menggunakan momen IIMS 2023 untuk tampil dan unjuk gigi dengan memamerkan Bima EV. Namun produk Cina hasil ganti logo itu, masih dirasa sangat mahal.

    Shineray

    “Untuk Bima EV masih prototipe. Nanti selanjutnya kami melakukan CKD di pabrik Boyolali. Harapannya kalau respons market bagus, kami produksi secepatnya. Karena saat ini masih CBU, kami menjual Bima EV passenger Rp540 juta dan model van Rp530 juta. Kami CBU dari Tiongkok dari Shineray. Kami sebagai lokal brand punya komitmen pakai part lokal (TKDN) kalau bisa (50 persen) lebih, tapi butuh waktu dan proses,” klaim dia usai peluncuran Esemka Bima EV di IIMS 2023.

    Saat ditelusuri di laman Shineray, Esemka Bima EV merupakan hasil rebadge dari X30LEV. Tampilan, bentuk dan dimensi sama persis. Yang membedakan ialah bentuk logo saja. Kisi-kisi depan gaya BMW masih diterapkan di kedua unit. Motor penggerak di tanam di roda belakang atau rear wheel drive.

    Mengenai dimensi, Esemka Bima EV punya panjang 4.495 mm, tinggi 1.680 mm, lebar 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Berat maksimal 2.350 kg. Baterai menggunakan tipe ternary lithium ion berkekuatan 49,1 kW. Dalam satu pengisian penuh, ia diklaim sanggup melesat sejauh 300 km. Metode pengisian baterai quick charge sekitar 1 jam dan slow charge 8 jam. Lontaran tenaga maksimal hanya 102 PS dan torsi puncak 165 Nm. Untuk detail dan kekurangan van EV ini, bakal tersaji di artikel lain. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Esemka Debut di IIMS 2023, Luncurkan Bima EV

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Toyota Eco Youth Ke-13 Diikuti 338 sekolah dengan 1.125 Proposal
      Toyota Eco Youth Ke-13 Diikuti 338 sekolah dengan 1.125 Proposal
      Eka Zulkarnain H . Hari ini
    • Setelah 18 Tahun, Unit Terakhir Nissan GT-R R35 Tandai Akhir Produksi
      Setelah 18 Tahun, Unit Terakhir Nissan GT-R R35 Tandai Akhir Produksi
      Setyo Adi . Hari ini
    • Resmi! Cadillac Debut Tahun Depan Bersama Bottas dan Perez
      Resmi! Cadillac Debut Tahun Depan Bersama Bottas dan Perez
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Pemerintah Stop Insentif Mobil Listrik Impor Akhir 2025, Cegah Kerugian Industri Berkelanjutan
      Pemerintah Stop Insentif Mobil Listrik Impor Akhir 2025, Cegah Kerugian Industri Berkelanjutan
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Lebih dari Sekadar Mesin V12, Ini Keunggulan Teknologi dan Fitur Ferrari 12Cilindri
      Lebih dari Sekadar Mesin V12, Ini Keunggulan Teknologi dan Fitur Ferrari 12Cilindri
      Muhammad Hafid . 26 Agu, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka, Tujuh Merek Baru Meriahkan Satu Dekade Pameran Otomotif di Kota Pahlawan
      GIIAS Surabaya 2025 Resmi Dibuka, Tujuh Merek Baru Meriahkan Satu Dekade Pameran Otomotif di Kota Pahlawan
      Ardiantomi . Hari ini
    • Sayonara! Nissan Resmi Stop Produksi GT-R R35
      Sayonara! Nissan Resmi Stop Produksi GT-R R35
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • 25 Tahun LKS Autoparts, Menjaga Standar Aftermarket Setara OEM
      25 Tahun LKS Autoparts, Menjaga Standar Aftermarket Setara OEM
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Insentif Impor Mobil Listrik: Berkah atau Malapetaka?
      Insentif Impor Mobil Listrik: Berkah atau Malapetaka?
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Menuju Dakar Rally 2026, Julian Johan Latihan di Gurun Sahara, Afrika
      Menuju Dakar Rally 2026, Julian Johan Latihan di Gurun Sahara, Afrika
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
      Road Trip Irit Jakarta-Surabaya Bersama Trio Hybrid Honda, Segini Konsumsi BBM-nya
      Bangkit Jaya Putra . Hari ini
    • Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Harga Masih Kompetitif, Ini Tawaran Model LCGC Terkini di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 20 Agu, 2025
    • Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
      Ada Hyundai Stargazer Cartenz, Ini Tawaran Low MPV Terbaru di Bulan Kemerdekaan
      Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2025
    • Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
      Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
      Zenuar Yoga . 15 Agu, 2025
    • Low SUV Terbaru Agustus 2025: Hyundai Cartenz X hingga Citroën C3 Aircross
      Low SUV Terbaru Agustus 2025: Hyundai Cartenz X hingga Citroën C3 Aircross
      Setyo Adi Nugroho . 14 Agu, 2025
    • Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Peran Vital Suspensi Mobil yang Sering Terlupakan, Kenali Bila Bermasalah
      Setyo Adi Nugroho . 21 Agu, 2025
    • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
      Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
    • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
      Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
    • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
      Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
    • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
      Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
    • Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Test Drive BYD Atto 1: Ringkas, Agile dan Bisa Dipakai Karaoke
      Anjar Leksana . Hari ini
    • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
      Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
    • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
      Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
    • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
      Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025