Aletra Siapkan MPV Listrik 7-Seater, Dijadwalkan Debut November 2024

Aletra

PT Aletra Mobil Nusantara dan Livan Auto, yang merupakan anak perusahaan Geely Group, resmi memulai pembangunan pusat penelitian dan pengembangan (R&D center) pertama mereka di Tangerang. Saat ini, mereka sedang mempersiapkan MPV listrik untuk bersaing dengan BYD M6. Unit-unit tersebut sering terlihat di jalan untuk uji coba, terbalut stiker kamuflase, dan akan segera diluncurkan.

Berdasarkan informasi yang ada, perusahaan akan meluncurkan merek dan produknya di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) pada November 2024.

“Konsep transisi energi merupakan upaya penting dan berkelanjutan yang harus dapat diakses oleh banyak orang. Karena membawa dampak signifikan bagi lingkungan. Peluncuran perdana kami (produk dan brand) yang bakal dilaksanakan pada November. Kami ingin terlibat dan mendengar pemikiran berharga Anda mengenai hal ini,” demikian pernyataan perusahaan di akun Instagram resmi mereka.

MPV Aletra didasarkan pada Livan Maple 80V. Di negara asalnya, model ini dilengkapi dengan motor listrik di bagian depan yang menghasilkan 136 PS (134 Hp atau 100 kW) dan torsi 230 Nm. Belum ada kepastian mengenai varian dan tipe yang akan ditawarkan di sini.

Ada beberapa pilihan kapasitas baterai lithium iron phosphate (LFP), seperti unit 50,4 kWh yang dapat menempuh hingga 407 km (versi jarak standar) dan paket 68,08 kWh yang menawarkan jarak tempuh 515 km (versi jarak jauh), berdasarkan klaim pabrikan dengan standar CLTC Cina.

Aletra MPV

Dari segi dimensi, MPV Aletra atau Livan Maple 80V memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dengan kapasitas 6 penumpang. Panjangnya 4.706 mm, lebar 1.909 mm, tinggi 1.699 mm, dan jarak sumbu roda 2.807 mm, yang membuat kabin menjadi lebih luas. Sebagai perbandingan, BYD M6 memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm, tinggi 1.690 mm, dan jarak sumbu roda 2.800 mm.

Fitur standar mobil tersebut meliputi dual front airbag, alarm tekanan ban, radar mundur, kamera mundur, parkir otomatis, bantuan tanjakan, sunroof panoramik, akses tanpa kunci, dan tombol start. Selanjutnya, kursi pengemudi dengan penyesuaian listrik, jaringan mobil, pembaruan OTA, lampu depan LED otomatis, wiper otomatis, AC otomatis, dan ventilasi udara belakang juga menjadi standar. Mungkin akan ada perubahan ketika Aletra mulai dijual di Indonesia. Di Cina, model termurah dijual seharga 162,800 yuan atau sekitar Rp359,25 juta.

Jika PT Aletra Mobil Nusantara merakit dengan komponen lokal, seperti baterai buatan dalam negeri, harga unit di Indonesia bisa menjadi kompetitif. Setidaknya, harga tersebut bisa mendekati harga on the road Jakarta untuk BYD M6 yang berkisar antara Rp379 juta hingga Rp429 juta.

Zhou Zongcheng, Chairman & CEO Livan Auto, menyatakan kegembiraannya atas proyek ini. “Kolaborasi ini merepresentasikan visi bersama untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman, nyaman dan berkualitas tinggi bagi konsumen di Indonesia. Kami yakin dengan kehadiran Aletra. Ekosistem kendaraan listrik di Indonesia akan semakin berkembang,” katanya dalam siaran pers. (Alx)

Baca Juga: Aletra Mulai Menjejakkan Langkah ke Pasar Otomotif Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Lamborghini Temerario Meluncur di Indonesia Tahun Depan, Siap Lawan 296 GTB
    Lamborghini Temerario Meluncur di Indonesia Tahun Depan, Siap Lawan 296 GTB
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • NGK Musnahkan 11 Ribu Busi Palsu, Perangi Peredaran Produk Ilegal di Indonesia
    NGK Musnahkan 11 Ribu Busi Palsu, Perangi Peredaran Produk Ilegal di Indonesia
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Geely Resmikan Dealer Terbesar di Bandung, Fokus Kendaraan Listrik dan Hybrid
    Geely Resmikan Dealer Terbesar di Bandung, Fokus Kendaraan Listrik dan Hybrid
    Setyo Adi . Hari ini
  • TEST DRIVE: Ini Jurus Andalan Jetour T2 Lahap Medan Off-road Berlumpur
    TEST DRIVE: Ini Jurus Andalan Jetour T2 Lahap Medan Off-road Berlumpur
    Bangkit Jaya . 21 Des, 2025
  • GAC Gempur Pasar Jepang Tahun Depan, Andalkan Aion V dan UT
    GAC Gempur Pasar Jepang Tahun Depan, Andalkan Aion V dan UT
    Anjar Leksana . 21 Des, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Xpeng Petik Hasil Manis di 2025, Siap Sambut Tantangan Tahun Depan
    Xpeng Petik Hasil Manis di 2025, Siap Sambut Tantangan Tahun Depan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Nissan Perkenalkan Gravite, Rival Suzuki Ertiga untuk Pasar India
    Nissan Perkenalkan Gravite, Rival Suzuki Ertiga untuk Pasar India
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Suzuki Peduli Banjir Sumatra, Kasih Diskon Servis Hingga 25 Persen
    Suzuki Peduli Banjir Sumatra, Kasih Diskon Servis Hingga 25 Persen
    Zenuar Yoga . 19 Des, 2025
  • Perodua Luncurkan Traz, Kembaran Toyota Yaris Cross yang Dijual Rp300 Jutaan
    Perodua Luncurkan Traz, Kembaran Toyota Yaris Cross yang Dijual Rp300 Jutaan
    Anjar Leksana . 19 Des, 2025
  • GAC Mau Masuk Pasar Otomotif Jepang, Sodorkan AION V dan UT
    GAC Mau Masuk Pasar Otomotif Jepang, Sodorkan AION V dan UT
    Anjar Leksana . 19 Des, 2025
  • 5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
    5 Hal yang Bikin Kijang Innova Reborn 2.4 Diesel Masih Laku di Indonesia
    Anjar Leksana . 19 Des, 2025
  • Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
    Mengenal Ford Everest Sport, Varian Paling Terjangkau dengan Karakter Premium
    Muhammad Hafid . 18 Des, 2025
  • Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
    Pertimbangan Pakai Mitsubishi New Pajero Sport Buat Trip Liburan Akhir Tahun
    Ardiantomi . 17 Des, 2025
  • Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
    Ingin Pinang Mitsubishi All-New Destinator? Pahami Keunggulan Mesin Turbo dan Cara Perawatannya
    Ardiantomi . 17 Des, 2025
  • Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
    Kupas Perbedaaan Fitur Canggih Jaecoo J5 EV Standard dan Premium, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 15 Des, 2025
  • Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
    Jelang Libur Akhir Tahun, Simak Tips Maksimalkan Bepergian dengan Mobil Hibrida
    Setyo Adi Nugroho . 19 Des, 2025
  • Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Beberapa Langkah Perawatan Aki di Kendaraan Elektrifikasi
    Setyo Adi Nugroho . 25 Okt, 2025
  • Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Memasuki Musim Hujan, Waspada Risiko Aquaplaning Saat Berkendara
    Setyo Adi Nugroho . 16 Okt, 2025
  • Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Benarkah Melihat Penyakit Mobil Bisa Dilihat dari Warna Asap Knalpot Saja?
    Anjar Leksana . 14 Okt, 2025
  • Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Bingung Servis Mobil Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh? Ini Penjelasannya
    Anjar Leksana . 08 Okt, 2025
  • Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Test Drive Bentley Continental GT PHEV: Grand Tourer Atletis Memasuki Era Elektrifikasi
    Wahyu Hariantono . 04 Des, 2025
  • Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Test Drive Wuling Darion PHEV: MPV Keluarga Irit, Bisa Tempuh 1.200 Km Tanpa Isi Ulang!
    Ardiantomi . 20 Nov, 2025
  • Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Test Drive Offroad Chery J6T: Traksi Brutal iWD Tembus Batu, Lumpur, dan Genangan Dalam
    Muhammad Hafid . 17 Nov, 2025
  • First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    First Drive All New Honda Prelude: Senyaman Civic Hybrid, Sestabil Type R!
    Bangkit Jaya Putra . 10 Nov, 2025
  • First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    First Drive Changan Lumin L DC: Proporsional untuk Mobilitas Harian di Kota
    Anjar Leksana . 07 Nov, 2025