Aprilia TERRA 250 Tertangkap Kamera, Bakal Masuk Indonesia?

JAKARTA, Motovaganza.com -- Begitu banyak manufaktur motor Eropa yang kini sudah menjajaki pasar motor Adventure bermesin 250-300 cc. Salah satunya adalah Aprilia. Merek asal Italia yang masuk dalam group Piaggio ini bukanlah pemain baru di segmen tersebut. Mereka sudah bermitra sejak 2016 dengan Zongshen, salah satu manufaktur motor terbesar di China. Kemitraan strategis itu bertujuan untuk menggarap pasar motor China yang sangat besar dan menjanjikan keuntungan luar biasa bagi keduanya. Motor bergaya Adventure pertama yang mereka rilis adalah TERRA berkapasitas mesin 125 cc pada tahun 2016, sebelum kembali merilis mesin 150 cc. Sayangnya, strategi harga yang tidak tepat membuat TERRA tenggelam di pasaran. Mereka kalah bersaing dengan merek-merek lain yang berani memasang harga lebih bersahabat. Kini, TERRA bermesin 250 cc sebentar lagi meluncur. Bocoran foto-fotonya pun telah muncul secara daring. Dari penampilannya, TERRA 250 telah mengalami beberapa perubahan, seperti posisi pipa knalpot, dan spesifikasi pelek depannya. Tetapi, perubahan paling signifikan adalah pada mesinnya.

Bermesin Aprilia GPR

Fakta menarik tentang TERRA 250 berasal dari penggunaan mesin yang sama dengan GPR250, motor sport Aprilia. Konfigurasinya memang sederhana, yakni hanya menggunakan satu silinder namun tenaganya mencapai 26,5 hp pada 9.000 rpm. Torsi maksimalnya pun mencapai 22 Nm pada 7.500 rpm. Di sektor kaki-kaki, TERRA 250 menggunakan garpu depan teleskopik dan monoshock di belakang. Sayang, belum ada informasi mengenai jarak main (travel) suspensi depan dan belakangnya, begitu pula dengan spesifikasi lengkapnya. Di sektor pengereman, TERRA 250 sudah menggunakan rem cakram di depan dan belakang. Selain itu, knalpot TERRA 250 juga diposisikan secara konvensional, tidak seperti TERRA 150 yang menggunakan knalpot trail.

Cocok untuk Indonesia

TERRA 250 tampaknya merupakan proposisi yang sangat menarik dan akan cocok dengan pasar motor di Indonesia. Akan ada dua varian yang ditawarkan, yakni Standard dan Adventure. Perbedaan utama antara kedua varian adalah aplikasi roda. Varian Standard memiliki roda depan 18 inci, sedangkan Adventure menggunakan roda 21 inci di depan. Menariknya, kolaborasi dengan Zongshen tentu dapat saja membuat harga jual TERRA 250 cukup kompetitif, bahkan untuk pasar Indonesia. Selain itu, segmen motor Adventure berkapasitas 250 cc di Indonesia pun masih kosong dan baru akan diisi oleh KTM dengan KTM 250 dan 390 Adventure. Jika Covid-19 mereda maka bukan tidak mungkin kita akan melihatnya akhir tahun ini di Indonesia. Sayang, hingga berita ini ditulis, Aprilia TERRA 250 masih ditujukan untuk pasar China guna melengkapi line-up TERRA. Sumber: newmotor.com.cn REZA ERLANGGA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Aprilia RSV4 X-GP Ludes Terjual, Jadi Motor Koleksi Bernilai Fantastis
    Aprilia RSV4 X-GP Ludes Terjual, Jadi Motor Koleksi Bernilai Fantastis
    Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
  • Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
    Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
    Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
  • Ducati Multistrada V4 Rally 2026: Petualangan Tanpa Batas dengan Teknologi Paling Canggih
    Ducati Multistrada V4 Rally 2026: Petualangan Tanpa Batas dengan Teknologi Paling Canggih
    Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
  • MotoGP Australia 2025: Raul Fernandez Raih Kemenangan Perdana di Phillip Island
    MotoGP Australia 2025: Raul Fernandez Raih Kemenangan Perdana di Phillip Island
    Zenuar Yoga . 20 Okt, 2025
  • Federal Oil Ungkap Peredaran Pelumas Tidak Sesuai Spesifikasi di Jambi, Konsumen Diimbau Lebih Waspada
    Federal Oil Ungkap Peredaran Pelumas Tidak Sesuai Spesifikasi di Jambi, Konsumen Diimbau Lebih Waspada
    Zenuar Yoga . 20 Okt, 2025
  • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025